Pengertian Proposal, Tujuan, Fungsi, dan Unsur yang Ada Didalamnya

Siti Nur Aeni
31 Mei 2022, 18:34
Pengertian Proposal, Tujuan, Fungsi, dan Unsur yang Ada DidalamnyaIlustrasi mengetik menggunakan laptop
Startup Stock Photos/Pexels
Ilustrasi mengetik proposal menggunakan laptop

Lazimnya, sebelum membuat acara kita akan menyusun proposal terlebih dahulu. Pengertian proposal bisa dimaknai sebagai rencana kegiatan yang dibuat secara tertulis. Dalam proposal biasanya terdapat rincian kegiatan hingga rencana anggaran. Namun, apa sebenarnya proposal itu? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Proposal

Berdasarkan penjelasan di Kamus Besar Bhasa Indonesia, pengertian proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan. Sementara itu dalam “e-Modul Bahasa Indonesia Kelas XI”, secara umum proposal diartikan sebagai rencana kerja yang dibuat secara sistematis dan rinci untuk sebuah kegiatan yang sifatnya formal.

Selain pengertian proposal secara umum, ada juga definisi proposal secara khusus. Misalnya proposal karya ilmiah yang dibuat dalam dunia pendidikan. Dalam dunia ilmiah atau pendidikan, pengertian proposal adalah sebuah rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang hendak dilakukan peneliti terkait bahan penelitian.

Proposal penelitian atau ilmiah ini biasanya dibuat oleh peneliti atau mahasiswa yang akan melakukan penelitian. Bentuk proposal ilmiah umumnya mempunyai bentuk dengan standar tertentu mulai dari penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan, dan lain sebagainya.

Tujuan dan Fungsi Pembuatan Proposal

Saat seseorang membuat proposal, pasti memiliki tujuan tersendiri. Melansir dari gramedia.com berikut ini beberapa tujuan dari pembatan proposal.

  1. Memperoleh persetujuan dari pihak yang bersangkutan agar bisa melaksanakan kegiatan tertentu.
  2. Jika berkaitan denga pengajuan dana, maka proposal dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan bantuan dana dari sponsor.
  3. Mendapatkan dukungan dari pihak yang berkaitan dengan kegiatan.
  4. Jika proposal yang dibuat berhubungan dengan proyek pemerintah, maka proposal tersebut dibuat untuk tujuan melakukan tender atau lelang atas proyek-proyek tersebut.
  5. Memperoleh penawaran kerja sama bisnis, jika proposal yang dibuat berupa proposal usaha.

Sementara itu, untuk fungsi dari proposal antara lain:

  • Berguna untuk mengajukan kerja sama bisnis.
  • Berguna untuk mengadaka acara tertentu, seperti pelatihan, perlombaan, seminar, dan lain sebagainya.
  • Dapat digunakan untuk pedoman pelaksanaan penelitian ilmiah.
  • Bisa digunakan untuk mengajukan pendirian usaha.
  • Dapat dimanfaatkan untuk lelang proyek atau barang.

Unsur-unsur Proposal Umum

Proposal umum merupakan proposal yang bisanya digunakan sebagai usulan atau rancangan kegiatan. Bentuk dari proposal ini sebenarnya mirip dengan proposal karya ilmiah. Namun seperti namanya, proposal umum ini bersifat sangat umum sehingga biasanya menggunakan bahasa yang lebih lentur dan tidak menggunakan aturan penulisan secara baku.

Meskipun demikian, proposal ini tetap memiliki kaidan dan sistematika tertentu. Berdasarkan penjelasan di “e-Modul Bahasa Indonesia Kelas XI”, berikut komponen atau unsur dalam proposal umum yang perlu dipahami.

1. Nama Kegiatan (Judul)

Unsur proposal umum yang pertama yaitu nama kegiatan atau judul. Nama kegiatan ini berisi cerminan kegiatan yang akan dilaksanakan. Misalnya, Anda hendak membuat proporsal perayaan hari kemerdekaan. Maka, judul proposal yang bisa Anda pilih yaitu; “Proposal Kegiatan Perayaan Hari Kemerdekaan RI”.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...