Cara Membuat Proposal Pengajuan Dana Secara Baik dan Benar

Image title
15 Desember 2021, 16:23
Ilustrasi seseorang sedang membaca proposal pengajuan dana. Cara membuat proposal pengajuan dana dimulai dengan halam judul dan diakhiri dengan kesimpulan. Ringkasan rencana, deskripsi masalah, proyek, anggaran, dan informasi organisasi juga dicantumkan.
Pexels/Oleg Magni
Ilustrasi seseorang sedang membaca proposal pengajuan dana

Proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu. Proposal dibuat dengan struktur agar mudah dipahami dan sistematis. Penggunaan proposal antara lain untuk agenda kerja sama bisnis antar lembaga, organisasi, perusahaan atau individu.

Isi proposal terdiri dari usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah. Proposal dapat dibuat untuk permohonan dana atau sponsorship melalui kerja sama dengan pihak lain. Menurut buku Panduan Lengkap Menyusun Proposal, proposal pengajuan dana (fund rising) merupakan salah satu jenis proposal yang sering dibuat.

Advertisement

Proposal pengajuan dana dibuat terutama oleh lembaga yang memiliki dana terbatas, sehingga membutuhkan dana dari pihak lain untuk biaya sejumlah program atau kegiatan yang akan dilakukan.

Cara Membuat Proposal Pengajuan Dana

Merangkum buku Panduan Lengkap Menyusun Proposal, proposal pengajuan dana terdiri dari berbagai bagian penting. Cara membuat proposal pengajuan dana dijelaskan melalui bagian-bagian sebagai berikut.

1. Halaman Judul

Pada halaman judul dicantumkan judul usulan proyek, alamat dan lokasi proyek, serta nama organisasi dan rangkuman singkat dari proposal. Rangkuman terdiri dari dua hingga tiga kalimat saja. Tujuannya adalah memudahkan pembaca dalam mengikuti alur proposal.

2. Ringkasan Bisnis Plan

Ringkasan bisnis plan atau executive summary berisi rangkuman dari seluruh informasi tentang proyek yang akan dilakukan. Penulisan ringkasan harus dibuat dengan padat, jelas, dan persuasif. Informasi dalam ringkasan bisnis plan meliputi:

  • Solusi, yaitu gambaran singkat tentang kegiatan yang akan dikerjakan dan berhubungan dengan masalah yang diangkat. Sebutkan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan proyek serta bagaimana dan di mana proyek akan dilakukan.
  • Rancangan Biaya, berisi penjelasan tentang dana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek.
  • Profil organisasi, diuraikan secara singkat mulai dari nama, sejarah, visi dan misi, serta aktivitas yang relevan. Fungsinya menginformasikan kapasitas organisasi untuk mendapatkan kepercayaan.

3. Deskripsi Masalah

Setelah menyinggung secara singkat permasalahan dalam ringkasan bisnis plan, uraikan permasalahan secara jelas pada bagian deskripsi masalah. Dalam penulisannya, deskripsi masalah dalam proposal pengajuan dana harus dibuat dengan sebaik mungkin karena ini berperan signifikan dalam pengambilan keputusan.

Uraikan seberapa jauh kemampuan organisasi dalam pembuatan proyek serta permasalahannya. Bagian ini menjadi tolak ukur kredibilitas organisasi dalam menyelesaikan masalah.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun deskripsi masalah mencakup:

  • Fakta dan data statistik yang relevan, akurat, dan spesifik.
  • Tunjukkan keseriusan dan kesungguhan dalam menangani proyek.
  • Jelaskan urgensi permasalah yang diangkat dan penyelesaiannya.
  • Tidak mengandung tulisan yang merendahkan organisasi lain.

4. Deskripsi Proyek

Berdasarkan buku Kiat Membuat Proposal, bagian deskripsi proyek dalam proposal pengajuan dana memuat lima hal sebagai berikut.

a. Tujuan

Tujuan merupakan hasil yang akan dicapai dalam suatu proyek. Tingkat keberhasilannya harus diukur dengan jelas. Oleh sebab itu, jelaskan tujuan yang nyata, spesifik, dapat diukur dan dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement