Cara Memblokir Nomor HP yang Hilang dengan Mudah dan Praktis

Apabila HP Anda hilang, maka hal yang harus Anda lakukan yaitu memblokir nomor telepon yang ada di HP tersebut. Adapun cara memblokir nomor HP yang hilang seperti berikut.
Image title
17 Januari 2022, 07:55
Cara Memblokir Nomor HP yang Hilang dengan Mudah dan Praktis
Pexels.com
Ilustrasi memblokir nomor HP yang hilang

Apabila handphone Anda hilang atau dicuri, maka salah satu hal yang harus Anda lakukan yaitu memblokir nomor tersebut. Cara memblokir nomor HP yang hilang disesuaikan dengan provider yang Anda gunakan.

Memblokir nomor telepon yang hilang bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan nomor telepon yang ada di HP tersebut. Sebab saat ini hampir seluruh administrasi menggunakan nomor HP untuk registasi. Baik administrasi publik, perbankan, dan urusan penting lainnya.

Adapun cara memblokir nomor HP yang hilang di berbagai provider, seperti berikut.

1. Nomor XL

Melansir dari xl.co.id, diterangkah bahwa untuk cara memblokir nomor HP yang hilang untuk provider XL, cukup hubungi customer service di beberapa kontak berikut:

Advertisement
  • Twitter: @myXLCare
  • Facebook Fanpage: @myXLCare
  • Email: customerservice@xl.co.id
  • Call Center: 817

Ajukan langsung keperluan Anda di kontak di atas, dan tunggu sampai mendapatkan respon untuk pertanyaan yang Anda ajukan.

2. Nomor Axis

Untuk pengguna Axis, jika Anda ingin memblokir nomor yang hilang juga sangat mudah. caranya cukup hubungi call center di nomor 817 dan pihak operator akan segera melakukan verifikasi dan memblokir kartu yang sudah hilang.

3. Nomor Telkomsel

Cara blokir nomor telepon yang hilang pada provider Telkomsel yaitu dengan menghubungi layanan pelanggan di nomor 188. Selain itu, Anda juga bisa langsung datang ke kantor Grapari terdekat. Dengan demikian, proses pemblokiran akan lebih cepat.

4. Nomor Indosat

Bagi pengguna Indosat, proses pemblokiran nomor yang hilang bisa dilakukan dengan cara mengirimkan pesan ke 4444. Format pesan yang bisa Anda kirimkan yaitu UNREG#NIK atau #UNPAIR#NomorHP#. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi customer service Indosat di nomor 02130003000.

5. Nomor Smartfren

Pemblokiran nomor yang hilang juga berlaku untuk pengguna Smartfren. Cara memblokir nomor HP yang hilang di provider ini cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.

  • Hubungi call center provider tersebut di nomor 021 – 50100000 atau 0881 122 3344.
  • Setelah terhubung, Anda bisa langsung mengutarakan keperluan untuk memblokir nomor Smartfren yang hilang.
  • Operator akan meminta data Anda untuk proses verifikasi.
  • Jika data sesuai, maka pihak operator akan langsung melakukan pemblokiran nomor telepon tersebut.

6. Nomor Tri (3)

Jika nomor tri yang Anda gunakan hilang, maka Anda harus segera memblokir nomor tersebut. Sebab tidak menutup kemungkinan jika nomor tersebut digunakan untuk hal-hal yang merugikan banyak orang. Adapun cara memblokir nomor Hp yang hilang pada provider tri (3), langkahnya seperti berikut:

  • Siapkan kartu identitas dan riwayat kontak.
  • Hubungi call center Tri pada nomor 123 atau
  • Setelah terhubung dengan call center, sampaikan bahwa Anda hendak melakukan pemblokiran kartu Tri.
  • Operator kemudian akan meminta data tertentu untuk keperluan verifikasi.
  • Setelah data terverifikasi, maka nomor Tri akan segera diblokir. Dengan demikian, nomor tersebut tidak bisa digunakan oleh pihak manapun.

Cara Memblokir Nomor WhatsApp yang Hilang

Selain memblokir nomor telepon, ketika HP hilang maka Anda juga harus memblokir akun WhatsApp yang terhubung dengan nomor tersebut. Sebab ketika nomor telepon sudah diblokir, namun WhatsApp belum dinonaktifkan, maka akun tersebut masih bisa diakses.

Untuk mengatasi nomor WhatsApp yang hilang ada dua langkah yang bisa Anda lakukan. Mengutip dari faq.whatsapp.com, berikut penjelasannya.

  • Blokir Nomor Telepon. Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat HP hilang yaitu memblokir nomor tersebut. Cara memblokir nomor HP yang hilang bisa dengan menghubungi provider masing-masing seperti yang sudah diterangkan di atas. Dengan memblokir nomor tersebut, maka pihak lain tidak dapat melakukan verifikasi akun yang ada di ponsel tersebut.
  • Setelah berhasil memblokir nomor telepon, Anda memiliki dua pilihan yang bisa dilakukan.
  1. Pilihan pertama yaitu membuat akun WhatsApp baru. Anda bisa membuat akun dengan kartu SIM baru namun nomor teleponnya masih sama. Dengan cara ini, maka Anda tidak perlu mengganti nomor telepon dan seluruh data yang ada di akun tersebut bisa Anda akses kembali.
  2. Pilihan kedua yaitu menonaktifkan akun WhatsApp pada nomor yang hilang. Jika Anda memilih cara ini, maka Anda bisa mengirimkan email ke pihak WhatsApp dengan menyertakan kalimat “Hilang/Dicuri: Mohon nonaktifkan Akun saya” pada body email dan sertakan juga nomor WhatsApp dala format internasional (menyertakan kode negara).

Itulah beberapa pilihan cara memblokir nomor HP yang hilang. Langkah ini sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kejahatan yang menggunakan nomor telepon tersebut.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait