NFT Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp1,3 Triliun

NFT merupakan aset digital di jaringan blockchain. Teknologi yang satu ini mulai populer di kalangan masyarakat umum. Wajar jika akhirnya ada beberapa NFT termahal di dunia yang laku dipasaran.
Image title
7 Februari 2022, 09:42
NFT Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp1,3 Triliun
123RF
Ilustrasi karya digital yang dijual dalam bentuk NFT

Popularitas NFT atau Non Fungible Token semakin hari semakin meningkat. Bahkan ada beberapa NFT termahal yang pernah diperjualbelikan. Berpakah harga NFT tersebut? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu NFT?

Sebelum membahas lebih jauh tentang kelompok NFT termahal di dunia, tak ada salahnya jika kita memahami terlebih dahulu definisi dari NFT. Berdasarkan penjelasan dalam buku “NFT & Metaverse: Blockchain, Dunia Virtual, & Regulasi”, NFT adalah aset digital pada jaringan blockchain yang memiliki kode indentifikasi serta metadata unik dan berbeda satu sama lain (one of the kind).

NFT juga dapat dimaknai sebagai aset computerized yang menggambarkan beragam barang berwujud maupaun tak berwujud yang unik. Sama seperti instrumen investasi atau aset, NTF juga mempunyai nilai melalui mekanisme pasar.

Tingkat permintaan dan penawaran NFT turut mempengaruhi perubahan harga aset digital tersebut. Teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak 2012 lalu, namun baru terkenal semenjak adanya NFT Cryptopunks dan permainan Cryptokitties. Keterlibatan seniman digital juga turut membuat NFT semakin populer di kalangan masyarakat umum.

Advertisement

NFT Termahal yang Pernah Terjual

Di dunia ini ternyata ada beberapa NFT yang termasuk dalam kelompok NFT yang harganya paling mahal. Tak tanggung-tanggung, aset digital tersebut bahkan sukses terjual hingga triliunan rupiah. Mengutip dari Business Insider, berikut daftar NFT termahal yang pernah terjual.

1. The Merge

Di posisi pertama ada The Merger yang merupakan NFT termahal di dunia. NFT tersebut laku dijual dengan harga US$91,8 juta atau sekitar Rp1,3 triliun. NFT ini dibuat oleh seniman anonim dan sukses terjual dalam waktu yang relatif singkat.

The Merge merupakan seni digital yang unik dan sering disebut sebagai seni yang terfragmentasi. Diketahui karya seni digital ini dipegang oleh 28.983 kolektor. Hal tersebut bisa terjadi karena karya ini dijual dalam satuan atau mass.

Jadi, kolektor secara bersama membeli 266.445 massa di penjualan terakhirnya. Perlu diketahui bahwa setiap massa harganya US$575 saat penjualan dimulai. Harga token NFT ini juga mengalami kenaikan US$25 per enam jam.

2. Everydays

NFT termahal selanjutnya yaitu karya seni yang berjudul Everydays: The First 5000 yang berhasil terjual dengan nilai US$69 juta atau setara dengan Rp985,35 miliar. Pemilih NFT ini yaitu artis digital bernama Mike Winklemann atau Beeple.

Beeple membuat karya seni single piece yang terjual di lelang Christie pada 11 Maret 2021 lalu. Mahalanya karya ini karena Everydays merupakan kolasi dari 5000 gambar individu yang dibuat setiap hari dari 2007 hingga 2020.

Everydays: The First 5000 disebut-sebut sebagai kara seni murni berbasis NFT pertama yang ditawarkan dalam rumah lelang besar.

3. Human One

Selain karya digital yang berjudul Everydays: The First 5000, Beeple juga melakukan penjualan atas karyanya yang lain. Kali ini karya berjudul Human One terjual dengan harga US$28,9 juta atau Rp412,7 miliar.

Karya tersebut dibeli oleh pengusaha asal Swiss dan pemodal ventura Ryan Zurrer. Jika Everydays: The First 5000 merupakan harya seni digital dan fisik hibrida, namun Humon One berbeda karena karya ini tidak tersedia secara fisik.

Sang pencipta membuat patung mirip manusia futuristik dengan tinggi tujuh kaki dan nampak terus berjalan melewati lanskap yang berubah-ubah. Gerakan 3F dihadirkan dalam karya ini lewat empat layar video dengan resolusi 16k yang menyatu membentuk kotak ukuran 4x4 kaki.

Humon One terjual saat lelang yang diselenggarakan oleh Christie’s. Sebagai penyelenggara, Christie’s menyebutkan bahwa patung video kinetik ini datang menggunakan server media ganda dan mempunyai bingkai kayu mahoni logam aluminium yang sudah dipoles.

4. Cryptopunk #7523

NFT termahal selanjutnya yang juga pernah terjual yaitu Cryptopunk #7523. Karya seni digital ini diluncurkan pada 2017. Cryptopunks merupakan karya dari Larva Labs, sebuah studio terkenal yang dirikan oleh pengembang Matt Hall dan John Watkinson.

Cryptopunks adalah kumpulan 10.000 token yang disebut punk oleh pencipta dan koletornya. Karya ini sering disebut sebagai koleksi original NFT. Dalam karya ini setiap karakter bisa dikoleksi selayaknya kartu perdagangan. Cryptopunk juga termasuk karya eksklusif karena tidak ada punk yang sama.

Pada 10 Juni 2021, Cryptopunk #7523 laku terjual dengan harga US$11,75 juta atau sekitar Rp167,8 miliar di lelang Sotheby.

5. Cryptopunk #3100

Cryptopunk #3100 adalah salah satu dari sembilan “punk” Alien. Karakter ini memiliki kulit berwarna hijau kebiruan dan memiliki atribut ikat kepala putih – biru. Karya seni digital ini berhasil terjual dengan harga US$7,85 juta atau sekitar Rp107,25 miliar.

Itulah lima NFT termahal yang pernah terjual. Di kemudian hari, tidak menutup kemungkinan akan muncul NFT lain yang bisa terjual dengan harga yang lebih fantastis.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait