Lockdown di India yang Berujung Krisis Kemanusiaan

Sorta Tobing
30 Maret 2020, 17:48
lockdown di india, kekacauan lockdown di india, virus corona, virus korona, pandemi corona, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Anushree Fadnavis/pras/dj
Pekerja migran memadati terminal bus untuk kembali ke kampung halaman mereka saat diberlakukan penguncian (lockdown) 21 hari secara nasional untuk menekan penyebaran virus corona (COVID-19), di Ghaziabad, pinggiran New Delhi, India, Sabtu (28/3/2020).

Keputusan melakukan isolasi penuh atau lockdown di India menimbulkan kekacauan baru. Alih-alih mencegah penyebaran virus corona, jutaan orang yang mengandalkan pendapatan harian di sektor informal menjadi korban. Krisis kemanusiaan terjadi di negara tersebut.

Para pekerja migran tak lagi mendapatkan uang. Kebanyakan dari mereka memilih kembali ke kampung halaman. Tanpa dana, mereka berjalan ratusan kilometer untuk mudik.

Advertisement

Himpitan ekonomi membuat mereka tak bisa melaksanakan aturan physical distancing atau menjaga jarak. Banyak dari mereka tetap harus tinggal dalam ruangan sempit dengan yang lain. Tanpa akses kesehatan memadai, kelaparan juga melanda kaum migran di sana.

Di tengah masalah itu, polisi justru bertindak represif kepada mereka. AlJazeera melaporkan satu orang dilaporkan meninggal di negara bagian Benggala Barat. Polisi memukuli korban hingga tewas hanya karena berkeliaran membeli susu selama isolasi diberlakukan.

(Baca: Melihat Praktik Lockdown Corona di Tegal dan Wilayah Lain di Dunia)

Perdana Menteri Narendra Modi memohon maaf kepada warga miskin di negaranya. Ia mengakui keputusannya melakukan isolasi penuh selama 21 hari tidak melalui perencanaan matang. Jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat. Per hari ini, Senin (30/3), melansir dari Worldometers kasus positif virus corona di India mencapai 1.071 orang dan korban meninggal 29 orang.

“Saya minta maaf karena mengambil langkah-langkah keras yang telah menyebabkan kesulitan dalam hidup Anda, terutama orang-orang miskin,” katanya, mengutip dari AlJazeera, kemarin. Namun, menurut dia, tindakan ini diperlukan untuk memenangkan pertempuran melawan Covid-19.

HEALTH-CORONAVIRUS/SOUTHASIA
Pekerja migran di India bersiap kembali ke kampung halaman setelah pemerintah negara itu menerapkan kebijakan lockdown selama tiga minggu. (ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi/foc/cf)

Apa yang Salah dengan Lockdown India?

Aturan lockdown berlaku di India sejak Selasa lalu. Semua penduduk dilarang meninggalkan rumah selama tiga minggu. Semua bisnis yang tidak penting ditutup dan dilarang melakukan pertemuan publik.

Keputusan mendadak ini memicu eksodus besar di kota besar, termasuk Delhi. BBC melaporkan ribuan pekerja migran langsung angkat kaki untuk kembali ke desa asal mereka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement