Ini Profil Emma Sri Martini, Direktur Keuangan Pertamina yang Baru

Sorta Tobing
26 November 2019, 13:46
emma sri martini profil, direktur keuangan pertamina, erick thohir, kementerian bumn
ANTARA FOTO/Trisno Ardi
Wakil Menteri BUMN Kartiko Wiryoatmojo (tengah) berfoto dengan jajaran komisaris baru PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (kedua kanan), Komjen (Pol) Condro Kirono (paling kanan), dan Budi G Sadikin (paling kiri), serta Direktur Keuangan Pertamina yang baru Emma Sri Martini (kedua kiri) di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, menunjuk Emma Sri Martini sebagai Direktur Keuangan Pertamina kemarin, Senin (25/11). Emma menggantikan Pahala N Mansyuri yang sekarang menjadi Direktur Utama BTN.

Sebelumnya, Emma menjabat sebagai Direktur Utama Telkomsel, posisi yang baru saja ia pegang pada Mei 2019. Perempuan kelahiran Majalengka, 22 Maret 1970, ini merupakan lulusan Sarjana Teknik Informatika dari Institut Teknologi Bandung pada 1993.

Ia lalu melanjutkan pendidikan magisternya di Harvard Kennedy School Executive Education, Amerika Serikat, pada 2011 dengan konsentrasi bidang infrastruktur dan ekonomi pasar.

Emma bukanlah orang baru di BUMN. Ia sudah kaya pengalaman bekerja di bidang keuangan. Pada 1993 hingga 1998, ia berkarier di PT Kustodian Depositori Efek Indonesia. Saat krisis ekonomi 1998 terjadi, ia menjadi group head Badan Penyehatan Perbankan Indonesia.

(Baca: Alasan Kementerian BUMN Tunjuk Rudiantara Jadi Dirut PLN)

Lalu, pada 2002 sampai 2004 ia naik jabatan menjadi senior vice president di BPPN. Saat lembaga itu dibubarkan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 2004, Emma kemudian ditunjuk menjadi Direktur Keuangan dan Support PT Perusahaan Pengelola Aset.

Dalam waktu yang sama, Emma juga dilantik menjadi komisaris PT Trans Pacific Petrochemical Indotama. Kedua jabatan itu ia embang hingga 2009.

Ketika PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dibentuk tahun 2009, Emma terpilih menjadi orang nomor satu di sana alias direktur utama. Ia bekerja di bawah koordinasi Kementrian Keuangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...