Menjelang Piala Dunia U-20, Ini Persiapan Tiga Kota di Indonesia

Sorta Tobing
12 November 2019, 18:13
Foto udara Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (25/10/2019). Stadion Si Jalak Harupat menjadi salah satu dari 10 stadion yang diajukan PSSI pada FIFA sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Foto udara Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (25/10/2019). Stadion ini menjadi salah satu dari 10 stadion yang diajukan PSSI kepada FIFA sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 pada 2021.

Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021. Pesta olahraga ini memang kalah pamor dibandingkan level seniornya, tapi bisa menjadi momen memperbaiki citra sepakbola dalam negeri.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengeluarkan keputusan itu pada saat Council Meeting di Shanghai, Tiongkok, pada 24 Oktober lalu. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan menyiapkan 10 stadion yang tersebar di seluruh Indonesia.

Advertisement

FIFA akan memilih enam stadion yang memenuhi syarat. Salah satu syaratnya adalah minimal lima lapangan latihan di sekitar stadion memiliki kualitas rumput setara stadion utama.

Kesepuluh stadion yang sedang disiapkan adalah Gelora Bung Karno di Jakarta, Wibawa Mukti di Cikarang, Pakansari di Bogor, Patriot Candrabhaga di Bekasi, dan Mandala Krida di Yogyakarta. Lalu, Manahan di Solo, Jakabaring di Palembang, Si Jalak Harupat di Bandung, Gelora Bung Tomo di Surabaya, dan I Wayan Dipta di Bali.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia dan pemerintah akan bekerja sama membentuk dua tim terpisah untuk menyambut acara ini. PSSI juga melibatkan negara lain yang berkomitmen membantu Indonesia, seperti Myanmar, Qatar, Bahrain, Jepang, dan Vietnam.

Sampai sekarang belum jelas berapa kebutuhan dana untuk ajang pertandingan sepak bola yang berlangsung setiap dua tahun sekali tersebut. “Bunyi rupiahnya bisa muncul awal tahun depan,” kata Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto kepada awak media beberapa waktu lalu.

(Baca: Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 pada 2021)

Sejauh ini tiga kota sedang bersiap dengan stadionnya. Pertama, Surabaya. Pemerintah kota di Jawa Timur sudah mempersiapkan dana sebesar Rp 100 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2020.

Dari dana itu, sebanyak Rp 25 miliar untuk memperbaiki tempat latihan para atlet, yaitu Stadion Gelora 10 November dan Lapangan Karanggayam. Lalu, Rp 40 miliar untuk memperbaiki akses jalan ke Stadion Gelora Bung Tomo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement