Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 pada 2021

Penulis: Pingit Aria

24/10/2019, 14.51 WIB

Ada 10 stadion yang disiapkan untuk menyelenggarakan Piala Dunia U20 pada 2021.

Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/1) malam. GBK yang baru direnovasi menjelang Asian Games 2018 kini disiapkan sebagai salah satu venue Piala Dunia U20.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/1) malam. GBK yang baru direnovasi menjelang Asian Games 2018 kini disiapkan sebagai salah satu venue Piala Dunia U20.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini mengumumkan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola Piala Dunia U20 tahun 2021. Hal itu diputuskan dalam Council Meeting Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) yang berlangsung di Shanghai, Tiongkok.

Jokowi menyatakan, dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia U20, Indonesia bersaing dengan Brasil dan Peru. “Selamat untuk Indonesia,” kata Jokowi mengutip Presiden FIFA, Gianni Infantino melalui akun Facebook-nya, Kamis (24/10).

Menyambut ajang besar ini, Indonesia menyiapkan sepuluh stadion sepak bola. Di antaranya adalah Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), dan Mandala Krida (Yogyakarta). Kemudian, ada Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung) dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

(Baca: Para Pengusaha Indonesia yang Miliki Saham Klub Bola di Luar Negeri)

Bagi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah merupakan bagian dari rencana jangka panjang dengan misi menjadi host Piala Dunia senior pada 2034 atau 2038.

Piala Dunia U20 adalah ajang unjuk gigi bagi para atlet muda sepak bola dari berbagai negara. Dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah, maka Timnas U19 atau Garuda Muda dipastikan lolos untuk mengikuti Piala Dunia U20.

Piala Dunia U20 adalah kejuaraan sepak bola resmi yang diadakan FIFA setiap dua tahun sekali. Kejuaraan ini diikuti oleh negara-negara yang lolos babak penyisihan dengan mengirimkan tim nasional sepak bola pada kelompok umur di bawah 20 tahun. Sejak digelar pada 1977 Piala Dunia U20 telah diikuti oleh 76 negara. 

(Baca: Jokowi Pangkas Cabang Olahraga PON Papua 2020 )

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan