Efek Kemenangan Joe Biden, Harga Minyak Dunia Melonjak Lebih 2%

Sorta Tobing
9 November 2020, 11:48
harga minyak, joe biden, amerika serikat, donald trump
KATADATA
Ilustrasi. Harga minyak mentah dunia naik lebih 2% pada pembukaan perdagangan hari ini, Senin (9/11).

Harga minyak mentah dunia naik lebih 2% pada pembukaan perdagangan hari ini, Senin (9/11). Bahkan, untuk kontrak berjangka minyak Brent melesat melewati US$ 40 per barel.

Pasar menyambut positif terpilihnya Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat. Kondisi ini mengimbangi kekhawatiran penurunan permintaan bahan bakar di tengah peningkatan kasus Covid-19 secara global.

Advertisement

Melansir dari Bloomberg, minyak Brent naik 2,64% ke US$ 40,49 per barel. Lalu, minyak West Texas Intermediate alias WTI melonjak 2,8% ke US$ 38,18 per barel pada pukul 11.11 WIB.

Kenaikan ini memulihkan harga minyak setelah pada Jumat lalu turun 4%. “Perdagangan pagi ini mencerminkan keyakinan Joe Biden akan menduduki Gedung Putih tapi Partai Republik tetap mengendalikan Senat AS,” kata kepala strategi pasar CMC Markets Michael McCarthy, dikutip dari Reuters.

Hasil pemilihan umum tersebut tampak ideal bagi pasar. Tidak ada lagi pihak yang mengontrol penuh Kongres AS. Perang dagang dengan Tiongkok dan pengenaan pajak yang lebih tinggi kemungkinan besar tidak masuk dalam agenda pemerintahan Biden yang berasal dari Partai Demokrat.

Kini pasar menanti arah kebijakan Biden dalam mengendalikan pandemi virus corona. AS merupakan negara pertama dunia yang melampaui angka 10 juta infeksi Covid-19 pada pekan lalu.

Halaman:
Reporter: Febrina Ratna Iskana, Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement