Upaya Hilirisasi, PTBA Akan Ekspor Karbon Aktif Batu Bara ke Australia

Image title
12 Maret 2021, 18:40
Bukit Asam (www.ptba.co.id)
www.ptba.co.id
Ilustrasi. PT Bukit Asam Tbk alias PTBA berencana memproduksi karbon aktif dari bahan baku batu bara.

PT Bukit Asam Tbk alias PTBA berencana memproduksi karbon aktif dari bahan baku batu bara. Langkah ini sejalan dengan upaya hilirisasi dan peningkatan nilai tambah pertambangan.

Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin mengatakan pada tahun lalu perusahaan telah menandatangani kesepakatan awal (HoA) dengan Activated Carbon Technologies PTY, LTD (ACT). Dalam kesepakatan ini, perusahaan asal Australia tersebut telah menyatakan komitmennya sebagai pembeli produk karbon-aktif PTBA secara jangka panjang.

Advertisement

Pabrik karbon aktifnya akan dibuat di Kawasan Industri Tanjung Enim (Bukit Asam Coal Based Industrial Estate/BACBIE), Sumatera Selatan. Produksinya akan mencapai 12 ribu ton per tahun dengan mengolah 60 ribu ton batu bara per tahun. "Kajian tambahan, termasuk uji sampel batu bara, sedang dalam proses di 2021 ini," ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (12/3).

Produksi karbon aktif ini akan mengolah batu bara melalui proses aktivasi. Material di dalamnya akan berubah menjadi banyak pori-pori dan dapat menyerap zat lain di sekitarnya. 

Karbon aktif dapat dimanfaatkan untuk proses penjernihan dan pemurnian air, pemurnian gas dan udara serta filter industri makanan. Fungsi lainnya adalah penghilang warna untuk industri gula dan penyedap rasa (MSG). “Hingga di bidang farmasi sebagai penetral limbah obat-obatan agar tidak membahayakan lingkungan,” kata Arviyan.  

Perusahaan saat ini juga berupaya menyelesaikan pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Sumsel-8. Kapasitasnya dua kali 620 megawatt dan merupakan proyek strategis PTBA bernilai US$ 1,68 miliar (sekitar Rp 24,2 triliun).

PLTU itu merupakan bagian dari proyek 35 ribu megawatt yang dibangun oleh PT Huadian Bukit Asam Power. Produsen listrik swasta (IPP) ini merupakan konsorsium antara PTBA dengan China Huadian Hongkong Company Ltd.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement