PGN Akan Bangun Interkoneksi Pipa Gas Sumatera Sampai Jawa Barat

Image title
18 Maret 2021, 17:51
pgn, pipa gas, sswj, migas, perusahaan gas negara
Arief Kamaludin|Katadata
Ilustrasi. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bakal membangun interkoneksi pipa gas yang menghubungkan transmisi South Sumatera West Java (SSWJ) dan West Java Area (WJA).

PT Perusahaan Gas Negara Tbk alias PGN bakal membangun interkoneksi pipa gas yang menghubungkan transmisi South Sumatera West Java (SSWJ) dan West Java Area (WJA). Panjang pipa SSWJ mencapai seribu kilometer, sedangkan WJA sekitar 525 kilometer. 

Melalui integrasi pipa transmisi ini, gas bumi dari lapangan gas Sumatera Bagian Tengah-Selatan (Sumbagtengsel) pada pipa SSJW I-Bojonegara-Cikande-Bitung akan terkoneksi dengan Stasiun Bitung pada pipa WJA dengan ukuran 24 inchi. 

Pengerjaan interkoneksi pipa sepanjang kurang lebih 1,4 kilometer tersebut akan mulai pada bulan ini. Target rampungnya pada triwulan empat 2021.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Redy Ferryanto mengatakan interkoneksi pipa SSWJ dan WJA akan meningkatkan kapasitas penyaluran gas. Stasiun Bitung rencananya mengalirkan gas dari SSWJ dengan kapasitas maksimal 165 miliar British Thermal Unit per hari (BBTUD). 

Bahan bakar itu akan memenuhi kebutuhan Pupuk Kujang Cikampek dan Kilang Balongan, Jawa Barat. Selain itu, kehadirannya untuk mengantisipasi penurunan alamiah atau natural decline pasokan gas di lapangan produksi Jawa Barat.

"Potensi efisiensi pemanfaatan energinya dapat memberi multiplier effect bagi perekonomian nasional," kata Redy berdasarkan keterangan tertulis, Kamis (18/3).

Integrasi infrastruktur ini harapannya dapat mendorong efisiensi biaya investasi dan operasi. Selain itu, kehadirannya dapat memperkuat keandalan infrastruktur gas bumi di Indonesia Bagian Barat. "Pemanfaatan gas domestik diharapkan semakin meningkat,” ucapnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...