Eropa Lakukan Lockdown, Harga Minyak Lanjutkan Penurunan

Sorta Tobing
22 Maret 2021, 10:50
harga minyak, brent, wti, vaksin Covid-19, eropa
Katadata
Ilustrasi. Harga minyak melanjutkan penurunannya pada perdagangan pekan ini, Senin (22/3).

Harga minyak melanjutkan penurunannya pada perdagangan pekan ini, Senin (22/3). Pelaku pasar khawatir permintaan energi turun karena Eropa kembali melakukan pembatasan gerak sosial atau lockdown

Data Bloomberg menunjukkan harga minyak jenis Brent turun 0,14% menjadi US$ 64,44 per barel. Lalu, harga West Texas Intermediate (WTI) berkurang 0,75% menjadi US$ 60,96 per barel pada pukul 10.11 WIB. 

Sepanjang pekan lalu harga minyak Brent telah turun lebih dari 7%. “Kenyataannya adalah kita masih jauh dari pemulihan permintaan (minyak),” kata kepala strategi pasar global Axi Stephen Innes, dikutip dari Reuters.

Melansir dari BBC, lonjakan kasus Covid-19 sedang terjadi di Eropa. Pemerintah beberapa negara, seperti Prancis dan Polandia, memutuskan untuk melakukan penerapan karantina dan membatasi kegiatan bisnis.

Jerman berencana memperpanjang lockdown untuk menahan laju infeksi Covid-19. Peningkatan kasusnya diperkirakan akan menyebabkan rumah sakit di negara itu kewalahan.

Di saat yang sama, program vaksinasi virus corona di Benua Biru juga tertunda. Meskipun ada jaminan vaksin AstraZeneca aman dan efektif dari regulator obat-obatan Eropa, beberapa negara tetap enggan memakainya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...