Kasus Kematian Akibat Covid-19 di India Tembus Lagi 4 Ribu Jiwa

Sorta Tobing
13 Mei 2021, 17:28
india, covid-19, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui/FOC/sa.
Seorang pasien Covid-19 menerima perawatan di bangsal rumah sakit di distrik Bijnor, Uttar Pradesh, India, Selasa (11/5).

Kasus kematian karena Covid-19 di India kembali tembus 4 ribu jiwa pada Kamis (14/5), setelah sehari sebelumnya angka serupa juga terjadi. Jumlah kasus infeksinya berada di bawah 400 ribu pasien. 

Para ahli menyebut angkanya kemungkinan besar lebih dari itu karena pengujian di daerah pedesaan yang minim. Situasi yang sangat buruk, melansir dari Reuters, terjadi di daerah pedesaan Uttar Pradesh. Negara bagian terpadat di India ini memiliki populasi lebih dari 230 juta jiwa.

Gambar-gambar di televisi menunjukkan banyak orang yang menangisi anggota keluarganya yang meninggal di rumah sakit. Mayat-mayat terdampar di Sungai Gangga, sungai yang mengalir melalui negara bagian tersebut.

Fasilitas krematorium sudah kewalahan menangani banyaknya jenazah, sedangkan kayu untuk pembakaran terbatas jumlahnya. "Statistik resmi tidak memberi gambaran nyata tentang pandemi dahsyat yang mengamuk di pedesaan Uttar Prades," tulis aktivis terkenal dan politisi oposisi Yogendra Yadav pada media The Print.

Data Kementerian Kesehatan India mencatat, jumlah kasus virus corona baru dalam 24 jam terakhir mencapai 362.727. Untuk jumlah kematian sebanyak 4.120 kasus. 

Lonjakan infeksi ini disertai pula dengan perlambatan program vaksinasi. Perdana Menteri Narendra Nodi mengumumkan vaksinasi akan terbuka untuk semua warga dewasa mulai 1 Mei 2021. 

Namun, dua negara bagian, yaitu Karnataka dan Maharashtra, mengumumkan akan menghentikan sementara vaksinasi untuk warga usia 18 hingga 44 tahun. Mereka memprioritaskan masyarakat berusia di atas 45 tahun yang membutuhkan dosis kedua. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...