Wisata Alam Orchid Forest Cikole

Siti Nur Aeni
9 Juni 2021, 14:29
Orchid Forest Cikole, Orchid Florest Cikole Lembangm Tiket masuk, hutan musik
/home/ubuntu/Pictures/antarafoto/cropping/production/original/ANT20190928085.jpg
Musisi Once Mekel dan Erwin Gutawa Orchestra tampil pada konser musik Forest Orchestra (Forestra) 2019 di Orchid Forest Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/9/2019). Forestra 2019 yang merupakan kolaborasi antara Erwin Gutawa dan Jay Subiakto menampilkan sejumlah musisi diantaranya Isyana Sarasvati, Once Mekel serta grup band Kelompok Penerbang Roket dan Maliq & DÕEssentials.

Kenalan Lebih Dekat Dengan Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole merupakan destinasi wisata di kawasan hutan lindung Lembang. Tempat ini memiliki luas sekitar 12 hektare. Area ini dipenuhi beberapa wahana wisata yang menarik untuk dicoba. Objek wisata di sini didominasi dengan wisata luar ruangan yang dekat dengan alam. Udara sejuk Lembang membuat aktivitas semakin menyenangkan.

Perjalanan menuju tempat lokasi ini di pehuni dengan tanjakan dan juga kelokan. Di sebelah kanan dan kiri jalan kamu juga akan menjumpai beberapa tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Advertisement

Jika kamu berkunjung ke Orchid Forest Cikola, rasanya kamu tak mungkin sanggup menyusuri semua tempat di lokasi ini. Areanya yang luas, entu saja akan sangat melelahkan mengeksplorasi tempat wisata ini hanya dalam waktu satu hari saja.

Lokasi dan Akses Menuju Orchid Forest Cikole Lembang

Tempat wisata alam ini sering juga disebut sebagai wisata hutan pinus Lembang berada tepat di Genteng, Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Lembang yang merupakan pusat pariwisata, membuat akses menuju lokasi ini diperhatikan dengan baik oleh pemerintah setempat.

Jika kamu menuju kesana kamu dapat melewati rute yang cukup mudah. Kamu dapat menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau roda empat. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena jika menggunakan mode transportasi umum, maka kamu harus naik turun dan berganti kendaraan untuk sampai di tempat tersebut.

Untuk sampai di tempat wisata ini, kamu dapat menggunakan jalan yang sama seperti saat kamu hendak menuju ke tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu. Lokasi Orchid Forest Cikole Lembang ini tepat berada sebelum wisata Gunung Tangkuban Perahu. Sehingga ketika mengunjungi tempat ini, kamu juga bisa mampir ke Gunung Tangkuban Perahu.

Jarak yang akan kamu tempuh hingga lokasi 22 kilometer (km) dari alun-alun atau pusat Kota Bandung. Jarak ini dapat di tempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam, jika tidak macet. Sangat disarankan datang di hari biasa (weekdays). Biasanya di hari libur dan akhir pekan, tempat ini sangat ramai dan jalanan menuju lokasi wisata Orchid Florest Cikole sangat padat, sehingga perjalanan menuju ke sana semakin lama.

Jam Operasional Dan Harga Tiket Masuk Ke Wisata Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole Lembang beroperasi sejak pukul 09.00 pagi sampai pukul 18.00 sore setiap harinya. Untuk kamu yang ingin bermalam di tempat ini, tempat wisata Orchid Forest ini juga membuka tempat camping yang beroperasi 24 jam. Jam operasional tersebut tentu dapat berubah kapan saja. Di tengah pandemi seperti ini, jam operasional dari tempat wisata tersebut mengikuti kebijakan dari pemerintah dan harus sesuai dengan penerapan protokol kesehatan yang berlaku.

Harga tiket masuk yang harus dibayarkan ketika hendak berwisata di tempat ini adalah Rp 45.000 per orang. Walaupun terdengar mahal, namun sebenarnya harga tiket tersebut sudah termasuk beberapa fasilitas yang akan kamu dapatkan. Beberapa fasilitas yang akan kamu dapatkan dengan biaya tiket tersebut adalah biaya asuransi Rp 7.500, biaya vocer makan sebesar Rp 10.000 yang dapat kamu tukarkan di food court. Untuk beberapa wahana, kamu akan dikenakan biaya tiket lanjutan yang harus kamu bayarkan.

Wahana Menarik di Hutan Pinus Cikole Lembang

Wahana di tempat wisata ini sangatlah banyak dan dapat diakses untuk semua usia. Beberapa wahana dan tempat bermain yang ada di Orchid Forest Cikole, antara lain:

Taman Anggrek

Letaknya di tengah hutan lindung, membuat wahana di Orchid Forest Cikole didominasi wahana yang berhubungan dengan alam sekitar. Di tempat ini ada taman anggrek yang disebut-sebut sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia. Taman anggrek yang terdapat di Orchid Forest Cikole memiliki koleksi 157 spesies atau jenis bunga anggrek. Tentu saja hal tersebut menjadikan tempat ini memiliki daya tarik tersendiri.

Jenis anggrek yang tumbuh di taman anggrek ini berasal dari beberapa negara. Taman anggrek ini menjadi salah satu tempat penangkaran dan pelestarian bunga anggrek, yang termasuk dalam kelompok taman langka. Tak hanya indah, bunga anggrek yang ada di taman ini juga sangat sehat dan dapat dijadikan sebagai benih atau bibit untuk mengembang biakan bunga anggrek di tempat lain.

Jembatan Kayu

Wahana menarik berikutnya yang ada di wisata hutan pinus ini adalah jembatan kayu atau disebut juga dengan nama wooden bridge. Jembatan kayu ini menjadi salah satu spot foto instagramable yang banyak diburu oleh para pengunjung. Banyak pengunjung yang menjadikan jembatan kayu ini sebagai latar belakang foto. Tenang saja, jembatan ini cukup kuat sehingga ketika kamu mencoba untuk melewati jembatan ini.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement