Ketahui Efek Samping Vaksin Covid 19 Sebelum Mengikuti Vaksinasi

Siti Nur Aeni
1 Juli 2021, 18:57
efek samping vaksin covid, efek samping vaksin sinovac, efek samping vaksin corona, efek samping vaksin astrazeneca, efek samping vaksin sinovac dan astrazeneca, vaksin, vaksin covid-19, sinovac, astrazeneca
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Kegiatan Vaksinasi Covid-19

Vaksin menjadi harapan untuk menurunkan jumlah kasus Covid-19. Pemerintah melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyetujuai penggunaannya untuk memunculkan kekebalan komunitas atau herd immunity. Meskipun vaksinasi sudah dilakukan sejak awal tahun tapi masih banyak masyarakat yang  mengkhawatirkan efek samping vaksin covid.

 Mereka yang pro atau setuju umumnya berpendapat vaksin bagian dari upaya untuk menuntaskan pandemi. Mereka juga meyakini vaksin aman karena sudah melewati serangkaian pengujian sebelum akhirnya diedarkan.

Advertisement

Sedangkan pihak yang tidak setuju atau kontra umumnya meragukan keamanannya. Telebih banyak orang yang mengeluhkan efek samping vaksin covid setelah mengikuti vaksinasi.

Efek Samping Vaksin Corona

Usai vaksinasi Covid-19 memang akan ada efek sampingnya. Namun, efek itu umumnya muncul tidak membahayakan dan berjangka panjang. Berdasarkan penelusuran di laman kesmas.kemkes.go.id,  setelah mengikuti vaksinasi setidaknya akan muncul kejadian ikutan pasca imunisasi atau KIPI. Beberapa reaksi yang akan muncul terbagi menjadi tiga macam, yaitu:

1. Reaksi Lokal

Efek samping vaksin corona pertama adalah reaksi lokal. Rekasi ini terdiri atas nyeri, kemerahan, bengkak pada area yang telah di suntik, dan jenis reaksi lokal lainnya seperti selulitis (infeksi bakteri di kulit dan lapisan yang ada di bawahnya). Jangan panik apabila Anda merasakan tersebut. Rasa nyeri, bengkak, dan kemerahan  dapat diatasi dengan melakukan kompres dingin pada area yang disuntik dan meminum obat parasetamol. Apabila efeknya tidak kunjung menghilang, Anda dapat langsung menghubungi petugas kesehatan terdekat.

2. Reaksi Sistemik

Efek berikutnya yang biasanya dirasakan setelah vaksinasi Covid-19 adalah reaksi sitemik. Reaksi ini meliputi demam, nyeri otot seluruh tubuh atau myalgia, nyeri sendi atau atralgia, badan lemah, dan sakit kepala. Walaupun terdengar menyeramkan, tapi efek samping ini masih dapat teratasi dengan penangangan yang tepat.

Situs kesmas.kemkes.go.id menuliskan, petugas kesehatan dapat menganjurkan penerima vaksin dengan reaksi ringan sistemik agar mengenakan pakaian yang nyaman, kompres atau mandi menggunakan air hangat, dan minum obat paracetamol sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Untuk mengantisipasi adanya reaksi tersebut, pejugas kesehatan juga biasanya akan meminta penerima vaksin untuk tinggal sejenak di tempat vaksinasi minimal 30 menit atau setengah jam untuk mengetahui perkembangannya. Petugas juga tetep berada di tempat vaksinasi 30 menit setelah penerima vaksin terakhir, untuk memastikan semua yang telah vaksin tidak ada efek samping yang membahayakan.

3. Reaksi Lainnya

Efek samping vaksin Covid-19 lainnya adalah alergi seperi urtikaria, oedem, reaksi anafilaksis, dan syncope (pingsan). Reaksi ini terbilang jarang ditemui pada mereka yang telah menerima vaksin virus corona.

Secara umum reaksi vaksin corona tergolong ringan dan dapat diatasi dengan mengonsumsi parasetamol. Namun, banyak yang masih mempertanyakan apakah reaksi tersebut berlaku semua jenis vaksin? 

Ternyata jawabannya tidak. Efek samping vaksin Sinovac dan AstraZenca ternyata berbeda. Apa saja efek samping dari kedua vaksin tersebut? Ini dia penjelasannya.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement