Sudah Dibuka, Ketahui Syarat dan Cara Daftar CPNS 2021

Siti Nur Aeni
6 Juli 2021, 12:40
Cara daftar CPNS tidaklah sulit, semua bahkan di lakukan secara online. Berikut kami sampaikan panduan pendaftaran CPNS 2021.
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Sejumlah peserta mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil di Serang, Banten, Kamis (1/10/2020). Seleksi SKB CPNS formasi tahun 2019 tersebut diikuti 473 orang dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Pemerintah resmi membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru dan non-guru, pada akhir bulan lalu. Masyarakat menyambutnya dengan antusias dan banyak yang ingin tahu bagaimana cara mendaftarnya.

Cara daftar CPNS ini cukup panjang tapi tidak sulit, semua bahkan di lakukan secara daring atau online. Berikut kami berikan panduan pendaftaran CPNS 2021.

Panduan Pendaftaran CPNS 2021

Sebelum membahas pendaftarannya, berikut persyaratan utamanya.

Syarat Daftar CPNS 2021

  1. WNI atau warga negara Indonesia
  2. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 85 tahun saat mendaftarkan diri di laman CPNS.
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara selama dua tahun atau bahkan lebih.
  4. Tidak pernah di berhentikan dengan hormat, tidak atas permintaan sendiri maupun dengan hormat sebagai PNS atau prajurit TNI atau anggota Polri.
  5. Tidak pernah diberhentikan secara tidak dengan hormat sebagai pegawat atau karyawan swasta,
  6. Tidak memiliki kedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri.
  7. Tidak menjadi anggota maupun pengurus partai politik atau terlibat dalam politik praktis.
  8. Mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan dari jabatan yang akan dipilih.
  9. Sehat baik jasmani maupun rohani sesuai dengan syarat jabatan yang dipilih.
  10. Bersedia  ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau bahkan negara lain yang telah ditentukan instansi pemerintah.
  11. Dan persyaratan lainnya sesuai dengan jabatan dan instansi yang dilamar.

Selain syarat umum diatas, sebelum melakukan pendaftaran sebaiknya menyiapkan berkas-berkas untuk diunggah pada saat daftar CPNS 2021. Berikut ini beberapa dokumennya:

  1. Pindai atau scan foto dengan latar belakang warna merah dengan ukuran maksimal 200 kilobyte (kb) dan format file JPEG atau JPG.
  2. Scan swafoto atau foto selfie backgorund bebas, berpakaian bebas dan sopan dengan ukuran 200 kb dengan format JPEG atau JPG.
  3. Kartu keluarga atau KK
  4. Kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  5. Ijazah terakhir
  6. Transkip nilai
  7. Dan dokumen lainnya yang ditentukan oleh isntansi terkait.

Apabila seluruh syarat dan dokumen sudah terpenuhi, anda bisa langsung melanjutkan ke tahap berikutnya yakni melakukan pendaftaran CPNS.

Cara Daftar CPNS 2021

Berikut cara daftar CPNS online:

Proses Pembuatan Akun

  1. Buka laman resmi daftar sscasn.bkn.go.id untuk memulai melakukan pendaftaran CPNS.
  2. Sebelum melajutkan pendaftaran, pahami tata cara pendaftaran dengan teliti. Tata cara pendaftaran bisa dilihat pada menu yang ada di laman tersebut.
  3. Anda juga bisa melakukan pengecekan formasi terlebih dahulu pada laman tersebut dengan cara klik menu “Layanan Informasi” kemudian klik “Info Lowongan” dan Anda dapat langsung mencari informasi formasi CPNS yang sedang dibutuhkan.
  4. Untuk melakukan registrasi, Anda bisa langsung klik “Registrasi” kemudian akan muncul halaman “Pendaftaran Akun SSCASN 2021”.
  5. Isi formulir pembuatan akun dengan benar, kemudian klik “Lanjutkan”.
  6. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengunggah scan KTP dan swafoto atau foto selfie sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  7. Apabila sudah yakin, Anda bisa langung melanjutkan dengan klik “Proses Pendaftaran Akun”.
  8. Kemudian akan ada muncul konfirmasi dan klik “Iya”.
  9. Terakhir, Anda dapatlangsung cetak informasi pendaftaran dan simpan kartu pendaftaran dengan baik.

Masuk Ke Akun SSCASN

Setelah akun selesai dibuat, cara daftar CPNS online berikutnya login ke akun anda. Cara untuk login, sebagai berikut:

  1. Klik opsi “Login” yang ada di sudut kanan atas, Anda juga bisa langsung klik opsi “Lanjutkan Login Pendaftaran” setelah selesai mencetak kartu informasi akun.
  2. Login dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya kemudian klik “Masuk”. Jika berhasil, maka akan muncul tampilan yang berisi formulir biodata yang harus Anda lengkapi.
  3. Isi seluruh kolom formulir yang kosong seperti gelar depan dan belakang yang dimiliki. Jika tidak memilikinya, Anda bisa mengisi dengan tanda “ – “. Anda juga akan diminta untuk mengisi alamat sesuai dengan KTP dan keterangan apakah sedang mendapatkan atau mengikuti beasiswa. 
  4. Pada bagian tersebut, ada pilihan jenis disabilitas. Apabila  bukan penyandang disabilitas  bisa pilih “Nondisabilitas”, Namun apabila penyandang disabilitas, maka harus mengisi informasi jenisnya.
  5. Untuk pelamar yang bukan disabilitas kolom yang digunakan untuk input link video akan otomatis hilang. Pelamar disabilitas akan diminta untuk memasukkan link video yang berkaitan dengan disabilitas yang telah dipilih sebelumnya.
  6. Lengkapi juga alamat domisili mulai mulai dari kelurahan, kecamatan, kabupatan atau kota, dan provinsi.
  7. Anda juga akan diminta untuk mengisi nama akun sosial media Anda dengan contoh pengisian seperti, @joko (instagram), joko (facebook). Pisahkan dengan tanda koma “,” apabila memiliki akun sosial media lebih dari satu.
  8. Selain itu, Anda juga harus mengisi informasi tinggi badan, status perkawinan, agama, nomor telepon, dan nomor telepon selular (ponsel) yang masih aktif.
  9. Jika seluruh data telah diisi, maka Anda dapat mengecek terlebih dahulu informasi yang sudah diisi. Apabila sudah benar,  klik “Selanjutnya” untuk masuk ke tahap berikutnya.

Memilih Jenis Seleksi dan Formasi

Setelah seluruh data diri selesai diisi, Anda akan masuk ke tahap memilih jenis seleksi yang akan diikuti dan mendaftar formasi.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...