Cara Cek Resi J&T Express Terbaru, Cepat, dan Mudah

Perusahaan ekspedisi J&T Express merupakan salah satu penyedia jasa pengiriman barang. Pelanggan dapat cek resi J&T Express melalui berbagai cara.
Image title
8 Juli 2021, 11:35
Cara Cek Resi J&T Express
J&T Express
Armada J&T Express saat menggelar konvoi di Jakarta pada 10 September 2017 lalu.

Jasa pengiriman barang semakin melesat seiring berkembangnya industri e-commerce di Indonesia. Di tengah pandemi Covid-19, industri tersebut menjadi salah satu ujung tombak perekonomian Indonesia untuk bangkit kembali. Dengan menghubungkan penjual dan pembeli secara jarak jauh, kedua pihak dapat melakukan transaksi secara aman di tempat masing-masing.

Pembeli tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli barang kebutuhan, cukup menggunakan aplikasi kemudian ekspedisi akan mengirimkan barang hingga sampai di rumah. Penjual juga tidak perlu mengantarkan barang untuk dikirim, pihak ekspedisi memberikan fasilitas untuk mengambil barang tersebut di tempat penjual melalui kurir.

Hal tersebut membuat sektor jasa logistik semakin berkembang dan menjadi salah satu sektor kritikal selama PPKM Darurat berlangsung. PT Global Jet Express atau J&T Express merupakan salah satu jasa ekspedisi yang banyak digunakan saat ini. Berbagai e-commerce menggunakan jasa J&T untuk pengiriman barang. Saat barang dikirimkan, pihak pengiriman akan menerbitkan nomor resi.

Apa Itu Nomor Resi?

Nomor resi adalah nomor yang diberikan jasa ekspedisi sebagai identitas dari paket barang yang dipesan. Dengan adanya nomor resi, penjual dapat bertanggung jawab dan membuktikan bahwa paket telah dikirimkan.

Advertisement

Pembeli juga dapat melakukan cek resi secara berkala untuk melacak keberadaan paket barang yang dipesan. Ketika cek resi J&T, informasi yang ditampilkan cukup lengkap, mulai dari lokasi paket, waktu pengiriman, hingga nama kurir yang bertugas untuk mengirimkan paket. Dengan begitu, pengirim dan penerima dapat memantau posisi paket setelah dikirim.

Bagaimana cara cek resi J&T? Caranya mudah sekali. Simak pembahasan berikut ini!

Cara Cek Resi J&T

Untuk melakukan cek resi J&T, pastikan bahwa nomor resi benar sebelum dimasukkan. Nomor resi resmi dari J&T berjumlah 12 karakter. Variasinya beragam, ada yang berbentuk 12 digit angka, ada pula yang gabungan antara angka dan huruf yaitu berupa 2 huruf dan 10 angka. Cek resi J&T dapat dilakukan oleh pengirim maupun penerima dapat melalui 3 cara ini.

  1. Cek resi J&T melalui situs
    - Buka situs jet.co.id/track.
    - Masukkan nomor resi.
    - Klik "Cari".
    - Muncul proses dan detail pengiriman 
  2. Cek resi J&T melalui aplikasi
    - Unduh aplikasi J&T Express.
    - Masuk ke aplikasinya.
    - Pada halaman utama, klik menu "Tracking".
    - Pada kolom resi, masukkan nomor resi J&T.
    - Klik tombol "Cari".
    - Informasi pengiriman akan muncul di layar.
  3. Cek resi J&T melalui Google
    - Buka situs Google.
    - Ketik "Cek Resi J&T" pada kolom pencarian.
    - Google akan menampilkan fitur "Lacak Paket Anda" dengan data dari J&T.
    - Ketika nomor resi pada kolom "Masukkan nomor pelacakan".
    - Klik "Lacak Paket".
    - Muncul proses pengiriman dan lokasi paket. 
  4. Cek resi melalui aplikasi e-commerce
    Masing-masing e-commerce akan memberikan fitur lacak pesanan dalam aplikasinya. Pengguna dapat memantua pergerakan paket yang dibeli secara berkala. 

Apabila terjadi kendala saat melakukan cek resi, pelanggan dapat menghubungi J&T melalui telepon 021-8066-1888, alama email jntcallcenter@jet.co.id, nomor WhatsApp 0811-8466-188, Facebook J&T Express Indonesia, dan Twitter: @jntexpressid.

Istilah dalam Pengiriman Paket J&T

Ketika melacak paket menggunakan nomor resi, akan muncul istilah seperti Drop Point dan Transit Center. Apa arti istilah tersebut? Berikut penjelasannya.

  1. Drop Point
    Drop Point adalah kantor cabang J&T terdekat atau agen pengirimannya. Pengirim akan memberikan paket ke tempat tersebut. Lalu, petugas memproses dan menimbang paket sebelum dikirim. Untuk mengetahui ongkosnya, J&T menyediakan cek ongkos kirim melalui situs resmi perusahaan. Untuk pengiriman skala besar, J&T memberikan fasilitas jemput paket atau pick-up. Kurir akan menjemput paket di alamt penjual dan barang diantar ke Drop Point. 
  2. Transit Center
    Transit Center adalah tempat persinggahan paket yang dikumpulkan dari seluruh Drop Point. Secara sederhana, tempat ini berfungsi sebagai pusat penyimpanan barang sementara untuk kemudian dikirim ke kota selanjutnya.

Layanan J&T Express

Terdapat 3 jenis layanan yang ditawarkan, yaitu:

  1. Express
    Layanan reguler ini mengirimkan barang atau paket ke seluruh wilayah indonesia dalam waktu dua hingga tujuh hari kerja, tergantung tujuan. Ongkos kirimnya mulai dari Rp 10 ribu per kilogram dengan berat barang maksimal 50 kilogram.
  2. Economy
    Pengiriman ini memiliki ongkos kirim lebih murah untuk pengiriman ke luar Jawa. Waktu antarnya sekitar dua hingga 14 hari kerja. Ongkosnya mulai dari Rp 14 ribu per kilogram dengan berat barang maksimal 50 kilogram.  
  3. Jemari
    Layanan ini untuk pengiriman barang maksimal tiga kilogram. Waktu antarnya dua hingga tujuh hari kerja dengan ongkos kirim Rp 9 ribu per kilogram.

Demikian cara cek resi J&T dengan mudah dan cepat. Pelanggan dapat memilih salah satu dari cara-cara tersebut.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait