Daftar Lokasi Isi Ulang Tabung Oksigen di Daerah Jabodetabek

Siti Nur Aeni
8 Juli 2021, 19:01
Daftar Lokasi Isi Ulang Tabung Oksigen di Daerah Jabodetabek
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Petugas Sudin Sumber Daya Air DKI Jakarta memasukkan tabung oksigen ke bak truk di salah satu pabrik pengisian oksigen kawasan Cakung, Jakarta, Kamis (1/7/2021). Pemprov DKI Jakarta mengerahkan kendaraan dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk membantu mempercepat proses pendistribusian tabung oksigen ke sejumlah rumah sakit seiring meningkatnya kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah Jakarta. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.\

Banyak masyarakat saat ini mencari lokasi isi ulang tabung oksigen. Hal tersebut dipicu kenaikan kasus Covid-19 yang tinggi dalam dua pekan terakhir. Per 6 Juli 2021,  Indonesia menduduki peringkat ke-2 negara yang memiliki kasus baru Covid-19 tertinggi setelah India.

Tingginya kasus Covid-19 memberikan dampak pada berbagai hal. Salah satunya adalah ketersediaan tabung oksigen. Banyak rumah sakit atau layanan kesehatan yang mengeluhkan kekurangan oksigen. Padahal di waktu seperti saat ini, tabung oksigen menjadi salah satu kebutuhan yang esensial bagi pasien virus corona yang mengalami gangguan pernapasan.

Pada 1 Juli 2021, sudah ada peningkatan kebutuhan tabung oksigen harian sebanyak 306,6 ribu ton atau meningkat sekitar 48% dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Kelangkaan terjadi karena kebutuhan yang tinggi tidak diimbangi jumlah produksinya. Saat ini produksi oksigen di Indonesia selama satu tahun hanya 639,9 ribu ton atau 74% dari kapasitas maksimal.

Pulau Jawa dan Bali menjadi daerah yang banyak membutuhkan tabung oksigen karena jumlah kasusnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lain. Daerah mengalami kelangkaan tabung oksigen terutama di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi alias Jabodetabek.

Kelangkaan tabung oksigen di Jabodetabek membuat banyak tempat isi ulang tabung oksigen diburu masyarakat maupun rumah sakit. Untuk Anda yang sedang mencari tempat tersebut, berikut kami berikan daftar lengkapnya.

Lokasi Isi Ulang Oksigen di Jakarta

Ibu kota Jakarta menjadi salah satu kota yang mengalami peningkatan kasus Covid-19 tertinggi. Hal tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap permintaan tabung oksigen di kota tersebut. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan,  pasokan oksigen yang dimiliki distributor sebenarnya cukup. Hanya saja terjadi kendala distribusi.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...