Lokasi dan Cara Daftar Vaksin Covid-19 Berbayar di Klinik Kimia Farma

Mulai Senin, delapan klinik Kimia Farma siap memberikan layanan vaksinasi gotong royong untuk individu. Peserta harus melakukan pendaftaran terlebih dulu untuk mendapatkan vaksin berbayar tersebut.
Image title
11 Juli 2021, 08:56
kimia farma, vaksin gotong royong, vaksin berbayar, covid-19, vaksin virus corona
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Ilustrasi vaksinasi Covid-19.

PT Kimia Farma Tbk akan memberikan layanan vaksinasi gotong royong (VGR) individu tahap pertama kepada masyarakat. Untuk tahap awal, program ini hanya tersedia di delapan klinik pada enam kota, di Jawa dan Bali.

Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo mengatakan, saat ini waktu yang tepat untuk melakukan vaksinasi individu, karena pertambahan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia. “Kami memberikan pilihan baru bagi masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi sendiri,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (11/7). 

Sebelumnya, perusahaan juga melakukan vaksinasi gotong royong untuk perusahaan yang dilakukan cucu usahanya, PT Kimia Farma Diagnostika. Hal serupa juga akan dilakukan pada vaksinasi individu. 

Perusahaan tersebut kini mengelola 422 klinik dan 73 laboratorium di seluruh Indonesia. Pelaksana Tugas Direktur Utama Kimia Farma Diagnostika Agus Chandra mengatakan, lokasi awal vaksinasi individu berada di dua tempat, yaitu Klinik KFD Pulo Gadung, Jakarta Timur, dan KFD Senen, Jakarta Pusat.

Advertisement

“Mulai Senin, klinik lainnya siap memberi pelayanan vakinasi individu. Total kapasitasnya sebanyak 1.700 peserta per hari,” ujar Agus. 

Perusahaan berencana memperluas layanannya, termasuk ke pusat perbelanjaan di kota besar. Daftar delapan klinik vaksinasi individu untuk tahap pertama adalah:

  1. Kimia Farma Senen, Jakarta Pusat, dengan kapasitas 200 orang per hari.
  2. Kimia Farma Pulo Gadung, Jakarta Timur, dengan kapasitas 200 orang per hari.
  3. Kimia Farma Blok M, Jakarta Selatan, dengan kapasitas 100 sampai 200 orang per hari.
  4. Kimia Farma Supratman (Drive Thru), Bandung, Jawa Barat, dengan kapasitas 200 orang per hari.
  5. Kimia Farma Citarum, Semarang, Jawa Tengah, dengan kapasitas 100 orang per hari.
  6. Kimia Farma Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah, dengan kapasitas 500 orang per hari.
  7. Kimia Farma Sedati, Surabaya, Jawa Timur, dengan kapasitas 200 orang per hari.
  8. Kimia Farma Batubulan, Bali, dengan kapasitas 100 orang per hari.

Cara Daftar Vaksinasi Individu Kimia Farma

Masyarakat yang ingin mengikuti program vaksinasi berbayar ini harus melakukan pendaftaran terlebih dulu. Ada tiga cara melakukannya. Pertama, melalui kontak telepon atau call center Kimia Farma di nomor 1-500-255.

Kedua, melalui situs www.kimiafarmaapotek.co.id. Dari sini, peserta akan diarahkan ke koneksi nomor WhatsApp Kimia Farma. 

Ketiga, melalui aplikasi Kimia Farma Mobile yang tersedia di Google PlayStore dan Apple AppStore. Namun, pendaftaran melalui aplikasi ini baru dibuka pada 15 Juli 2021 karena masih dalam proses penyempurnaan.

Pada saat pendaftaran, peserta program dapat menentukan waktu dan lokasi vaksinasinya. "Paling ideal, calon peserta mendaftar melalui KF Mobile untuk menghindari antrean panjang," kata Agus.

Harga Vaksinasi Gotong Royong Kimia Farma

Harga vaksinasi gotong royong ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/Menkes/4643/2021. Aturan ini menyebut harga pembelian vaksin virus corona produksi Sinopharm sebesar Rp 321.660 per dosis.

Tarif maksimal pelayanan vaksinasinya sebesar Rp 117.910 per dosis. Artinya, harga vaksinnya per individu adalah Rp 879.140 untuk dua dosis vaksin.

Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait