3 Juta Dosis Vaksin Moderna dari AS Tiba di Indonesia

Sorta Tobing
11 Juli 2021, 14:00
vaksin moderna, amerika serikat, covid-19, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Eduardo Munoz/Pool/foc/cf
Ilustrasi vaksin Covid-19 merek Moderna buatan Amerika Serikat.

Indonesia menerima 3 juta dosis vaksin virus corona merek Moderna dari Amerika Serikat. Bantuan ini merupakan bagian dari kerja sama multilateral untuk akses setara terhadap vaksin di semua negara, yang kerap disebut mekanisme Covax. 

Dalam siaran langsung yang ditampilkan pada akun Youtube Sekretariat Presiden, paket vaksin itu telah tiba di Bandara Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, pada hari ini, Minggu (11/7), sekitar pukul 12.30 WIB dengan pesawat Qatar Airways.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah AS untuk bantuan berbagi dosis vaksin tersebut. “Ini pengiriman tahap pertama vaksin Moderna,” katanya dalam konferensi pers.

Vaksin tersebut telah mendapatkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 2 Juli 2021. “AS berkomtimen memberikan 4,5 juta dosis vaksin kepada Indonesia,” ujar Retno. 

Dalam Catatan Kementerian Luar Negeri, kini RI telah mengamankan lebih 122.735.260 dosis vaksin dari berbagai negara. Yang terbanyak adalah Sinovac buatan Tiongkok, yaitu 108,5 juta dosis vaksin curah. Lalu, AstraZeneca dari jalur Covax 8,236 juta, dan Sinopharm sebanyak 2 juta dosis vaksin (500 ribu merupakan bantuan dari Uni Emirat Arab).

Kemudian, dukungan dari Jepang berupa vaksin AstraZeneca sebanyak 998.400 dosis vaksin. Dan hari ini, Moderna melalui Covax 3.000.060 dosis vaksin.

Indonesia juga menerima tawaran vaksin tahap kedua dari Jepang. Lalu, Belanda, Inggris, Australia dan Uni Emirat Arab juga menawarkan hal serupa.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga mengucapkan terima kasih atas bantuan pemerintah AS tersebut. Vaksin Moderna akan menjadi suntikan penguat atau booster bagi para tenaga kesehatan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...