RI Akan Beri Booster Vaksin Covid-19, Sikap Negara-negara Lain Beragam

Sorta Tobing
11 Juli 2021, 12:00
booster, vaksin ketiga, virus corona, covid-19, vaksin virus corona, vaksin covid-19
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Sejumlah warga mengikuti vaksinasi massal di Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (9/6).

Pemerintah Indonesia akan memberikan dosis ketiga atau booster vaksin virus corona kepada tenaga kesehatan (nakes). Vaksin yang digunakan bermerek Moderna dan tiba siang ini, Minggu (11/7), di Jakarta.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut keputusan untuk menggunakan Moderna setelah melalui diskusi dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Vaksinasi ketiga tersebut akan dilaksanakan pada pekan ketiga Juli 2021. Pemerintah memprioritaskan tenaga kesehatan karena kelompok ini rentan terinfeksi Covid-19. “Mereka harus dilindungi mati-matian agar dapat konsentrasi bekerja,” ucap Budi pada Jumat lalu. 

Pemberian booster pada vaksinasi biasanya dapat berbentuk suntikan kedua dengan jenis vaksin berbeda. Selain itu, dapat pula suntikan ketiga setelah dosis yang lengkap. Fungsi utamanya adalah menambah kekebalan atau imunitas tubuh. 

Wacana penambahan dosis vaksin berkembang karena temuan kasus infeksi Covid-19 terjadi pada penerima vaksin dua kali atau lengkap. Berdasarkan data yang dihimpun Tim Mitigasi Ikatadan Dokter Indonesia (IDI) ada 949 tenaga kesehatan meninggal karena terinfeksi virus corona.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...