CPNS Kemenhub 2021 Buka 2.149 Formasi Lulusan SMA, D3, D4, dan S1

Siti Nur Aeni
12 Juli 2021, 16:17
CPNS Kemenhub 2021 Buka 2.149 Formasi Untuk Lulusan SMA. D3, D4, & S1
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Seorang peserta menunjukkan nomor peserta saat antre untuk mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS.

Kementerian Perhubungan menjadi salah satu kementerian yang membuka lowongan dengan jumlah yang banyak. Bukan hanya untuk sarjana strata satu atau S1 saja, ada pula untuk lulusan sekolah menengah atas atau SMA.

CPNS Kemenhub 2021 sudah dibuka pada 30 juni hingga 21 Juli 2021. Total ada 2.419 formasi pada tahun ini. Penasaran apa saja formasi tersebut? Simak penjelasan di bawah ini.

Advertisement

Formasi CPNS Kemenhub 2021 Lulusan SMA

Untuk anda yang telah lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas atau sederajat dan ingin mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS. Kementerian Perhubungan kini membuka lowongan untuk lulusan SMA. Ada beberapa lowongan yang bisa anda pilih sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang anda miliki. Berikut ini daftar lengkap formasi CPNS dari Kementerian Perhubungan untuk lulusan SMA/sederajat.

1. Teknisi Sarana dan Prasarana

Formasi pertama CPNS Kemenhub 2021 untuk lulusan SMA/sederajat adalah Teknisi Sarana dan Prasarana. Formasi dibuka untuk satu orang dan akan ditempatkan pada wilayah kerja Sekretariat Jenderal Kemenhub. Untuk kualifikasi yang dibutuhkan adalah lulusan SMA/sederajat yang memiliki sertifikat Bahasa Inggris/Komputer.

2. Teknisi Sarana Prasaran

Untuk CPNS Kemenhub 2021 ini juga dibuka satu formasi yang akan ditempatkan pada Inspektorat Jenderal Kemenhub. Kualifikasi untuk formasi ini adalah lulusan dari SKM Listrik/Komputer/Informatika/Komputer Teknik Jaringan/Teknik Mesin Otomotif.

3. Pemula Penguji Kendaraan Bermotor

Formasi CPNS Kemenhub 2021 lulusan SMA ini dibuka sebanyak 62 formasi dan akan ditempatkan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub. Formasi ini dikhususkan untuk lulusan dari SMK Mesin atau Otomotif.

4. Formasi Petugas Aviation Security

Formasi Avsec ini dibuka cukup banyak yakni 132 formasi dan akan ditempatkan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub. Syarat pendidikan yang bisa mendaftar formasi CPNS Kemenhub 2021 ini adalah lulusan SMA/sederajat yang memiliki sertifikat komputer atau Bahasa Inggis atau basic avsec.

5. Formasi Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadaman Kebarakan (PKP-PK)

Untuk anda yang lulusan SMA/sederajat dan memiliki sertifikat komputer atau Bahasa Inggris atau PKP-PK, Anda bisa mendaftar formasi ini. Kebutuhan untuk formasi ini cukup banyak yakni 328 formasi. Peserta yang lolos seleksi akan ditempat di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub.

6. Teknisi Listrik dan Jarak

Formasi ini dibuka sebanyak 149 formasi dengan penemempatan di wilayah kerja Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub. Kualifikasi yang berlaku untuk posisi ini adalah Lulusan SMK Listrik yang mempunyai sertifikat komputer atau Bahasa Inggris.

7. Formasi Penerbang

Formasi CPNS Kemenhub 2021 berikutnya yakni formasi penerbangan untuk lulusan SMA/sederajat yang telah memiliki sertifikat CPL IR +GIC +FIC +ATP Frozen + dan memiliki minimal 500 jam terbang. Formasi ini dibuka sebanyak enam formasi dan akan ditempatkan pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenhub.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement