CPNS Kemenhub 2021 Buka 2.149 Formasi Lulusan SMA, D3, D4, dan S1

CPNS Kemenhub 2021 sudah dibuka pada 30 Juni hingga 21 Juli 2021. Total ada 2.419 formasi dibuka pada tahun ini. Berikut daftar lengkapnya.
Image title
12 Juli 2021, 16:17
CPNS Kemenhub 2021 Buka 2.149 Formasi Untuk Lulusan SMA. D3, D4, & S1
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Seorang peserta menunjukkan nomor peserta saat antre untuk mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS.

Kementerian Perhubungan menjadi salah satu kementerian yang membuka lowongan dengan jumlah yang banyak. Bukan hanya untuk sarjana strata satu atau S1 saja, ada pula untuk lulusan sekolah menengah atas atau SMA.

CPNS Kemenhub 2021 sudah dibuka pada 30 juni hingga 21 Juli 2021. Total ada 2.419 formasi pada tahun ini. Penasaran apa saja formasi tersebut? Simak penjelasan di bawah ini.

Formasi CPNS Kemenhub 2021 Lulusan SMA

Untuk anda yang telah lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas atau sederajat dan ingin mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS. Kementerian Perhubungan kini membuka lowongan untuk lulusan SMA. Ada beberapa lowongan yang bisa anda pilih sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang anda miliki. Berikut ini daftar lengkap formasi CPNS dari Kementerian Perhubungan untuk lulusan SMA/sederajat.

1. Teknisi Sarana dan Prasarana

Formasi pertama CPNS Kemenhub 2021 untuk lulusan SMA/sederajat adalah Teknisi Sarana dan Prasarana. Formasi dibuka untuk satu orang dan akan ditempatkan pada wilayah kerja Sekretariat Jenderal Kemenhub. Untuk kualifikasi yang dibutuhkan adalah lulusan SMA/sederajat yang memiliki sertifikat Bahasa Inggris/Komputer.

Advertisement

2. Teknisi Sarana Prasaran

Untuk CPNS Kemenhub 2021 ini juga dibuka satu formasi yang akan ditempatkan pada Inspektorat Jenderal Kemenhub. Kualifikasi untuk formasi ini adalah lulusan dari SKM Listrik/Komputer/Informatika/Komputer Teknik Jaringan/Teknik Mesin Otomotif.

3. Pemula Penguji Kendaraan Bermotor

Formasi CPNS Kemenhub 2021 lulusan SMA ini dibuka sebanyak 62 formasi dan akan ditempatkan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub. Formasi ini dikhususkan untuk lulusan dari SMK Mesin atau Otomotif.

4. Formasi Petugas Aviation Security

Formasi Avsec ini dibuka cukup banyak yakni 132 formasi dan akan ditempatkan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub. Syarat pendidikan yang bisa mendaftar formasi CPNS Kemenhub 2021 ini adalah lulusan SMA/sederajat yang memiliki sertifikat komputer atau Bahasa Inggis atau basic avsec.

5. Formasi Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadaman Kebarakan (PKP-PK)

Untuk anda yang lulusan SMA/sederajat dan memiliki sertifikat komputer atau Bahasa Inggris atau PKP-PK, Anda bisa mendaftar formasi ini. Kebutuhan untuk formasi ini cukup banyak yakni 328 formasi. Peserta yang lolos seleksi akan ditempat di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub.

6. Teknisi Listrik dan Jarak

Formasi ini dibuka sebanyak 149 formasi dengan penemempatan di wilayah kerja Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub. Kualifikasi yang berlaku untuk posisi ini adalah Lulusan SMK Listrik yang mempunyai sertifikat komputer atau Bahasa Inggris.

7. Formasi Penerbang

Formasi CPNS Kemenhub 2021 berikutnya yakni formasi penerbangan untuk lulusan SMA/sederajat yang telah memiliki sertifikat CPL IR +GIC +FIC +ATP Frozen + dan memiliki minimal 500 jam terbang. Formasi ini dibuka sebanyak enam formasi dan akan ditempatkan pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenhub.

8. Teknisi Peralatan Listrik dan Elektronika

Kualifikasi untuk formasi ini yaitu lulus SMA/sederajat. Untuk formasi ini hanya dibuka satu formasi saja dan akan ditempatkan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenhub.

9. Teknisi Peralatan, Listrik dan Elektornika

Sama seperti formasi sebelumnya, pada formasi ini juga hanya dibuka satu formasi untuk lulusan SMK Listrik atau Elektro. Penempatan untuk formasi ini di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenhub.

10. Pemula Teknisi Penelitian dan Perekayasaan

Bagi Anda lulusan dari SMK Manajemen Logistik/Multimedia/Manajemen Perkantoran/Teknik Komputer bisa mendaftar CPNS Kemenhub 2021 dengan memilih formasi ini. Jumlah yang dibutuhkan hanya satu formasi dan akan ditempatkan pada Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub.

11. Pemula Teknisi Penelitian dan Perekayasaan

Yang sedang mencari formasi CPNS Perhubungan Laut 2021, formasi ini bisa menjadi pilihan karena kualifikasi yang dibutuhkan adalah lulusan SMK Pelayaran/Teknik Kapal/Perkapalan. Formasi ini dibuka untuk satu orang saja dan akan ditempatkan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub.

12. Pemula Teknisi Penelitian dan Perekayasaan

Formasi terakhir untuk lulusan SMA/sederajat ini dibuka hanya untuk satu formasi dan akan ditempatkan pada wilayah kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub. Kualifikasi pendidikan untuk formasi ini adalah lulusan SMK Teknik Mesin/Ketenagalistrikan/Konstruksi dan Properti.

Formasi CPNS Kemenhub 2021 untuk Lulusan D3, D4, dan S1

Selain untuk lulusan SMA, Kemenhub juga membuka formasi CPNS untuk lulusan D3, D4, dan S1. Berikut ini daftar penempatannya:

  • Sekretariat Jenderal
  • Inspektorat Jenderal
  • Direktorat Jenderal Perhubungan Darat
  • Direktorat Jenderal Perhubungan Laut
  • Direktorat Jenderal Perhubungan Udara
  • Direktorat Jenderal Perkeretaapian
  • Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan
  • Badan Penelitian Dan Pengembangan Perhubungan
  • Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek

Untuk rincian formasi beserta kualifikasi pendidikan yang disyaratkan anda bisa langsung cek pengumuman resmi di web CPNS.dephub.go.id.

Syarat CPNS Kemenhub 2021

Saat hendak mengikuti pendaftar CPNS Kemenhub 2021 sangat penting memperhatikan persyaratan yang berlaku. Berikut ini daftarnya:

  1. Pelamar merupakan WNI dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
  2. Tidak pernah dipidana.
  3. Tidak pernah diberhentikan secara hormat atas permintaan sendiri atau tidak hormat sebagai pegawai negeri sipil (PNS), prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Bukan merupakan bagian dari calon PNS, PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri.
  5. Bukan merupakan anggota atau pengurus partai politik dan tidak terlibat aktif dalam politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang dilamar.
  7. Sehat jasmani dan rohani.
  8. Bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.
  9. Tidak memiliki ketergantungan atau mengkonsumsi narkoba dan zat adiktif lainnya.
  10. Khusus wanita tidak boleh bertato atau ada bekas tato dan tidak bertindik atau bekas tindik di anggota badan selain telinga. Kecuali jika hal tersebut merupakan ketentuan adat. Khusus untuk laki-laki tidak boleh bertato atau ada bekas tato dan tidak bertindik atau bekas tindik di anggota badan, kecuali jika hal tersebut merupakan ketentuan adat,
  11. Khusus untuk pelamar formasi Avsec harus memiliki tinggi badan minimal 165 sentimeter (cm) untuk laki-laki dan 160 cm untuk perempuan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter.
  12. Untuk formasi PKP-PK, pelamar laki-laki harus memiliki tinggi badan 165 cm yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter.
  13. Untuk pelamar yang memilih kategori umum yang berasal dari lulusan luar negeri harus memiliki ijazah dan transkip nilai yang telah disetarakan oleh pemerintah di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi serta memiliki IPK minimal 3.00.
  14. Untuk pelamar yang memilih kategori umum yang merupakan lulusan dalam negeri hari memiliki ijazah dengan IPK minimal 3.00.
  15. Untuk pelamar yang memilih kategori umum lulusan SMA/sederajat dari sekolah luar negeri harus memiliki ijazah dan daftar nilai yang telah disetarakan oleh pemerintah di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi dengan nilai rata-rata 7,0 atau 3 untuk skala 1- 4.
  16. Untuk pelamar yang memilih kategori umum lulusan SMA/sederajat dari sekolah dalam negeri harus memiliki ijazah dengan nilai rata-rata 7,0 atau 3 untuk skala 1-4.
  17. Bagi pelamar yang memilih kategori lulusan terbaik S1 dari perguruan tinggi luar negeri harus memiliki ijazah dan surat keterangan predikat lulusan yang setara “dengan pujian/cumlaude” dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
  18. Bagi pelamar yang memilih kategori lulusan terbaik S1 harus berasal dari perguruan tinggi dalam negeri berakreditasi A dan harus memiliki ijazah dan surat keterangan predikan lulusan yang setara “dengan pujian/cumlaude” yang tertulis di transkip nilai atau iajzah.
  19. Bagi pelamar dengan kebutuhan khusus yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi dari luar negeri untuk jenjang pendidikan S1 dan D3 harus memiliki ijazah dan transkip nilai yang telah disetarakan dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi dengan IPK 3.00.
  20. Bagi pelamar dengan kebutuhan khusus yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi dari dalam negeri untuk jenjang pendidikan S1 dan D3 harus memiliki ijazah dan transkip nilai dengan IPK 3.00
  21. Bagi pelamar yang memilih kategori putra/putri Papua dan Papua Barat dan merupakan lulusan luar negeri dengan jenjang pendidikan D3 harus memiliki ijazah dan transkip nilai yang telah disetarakan dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi dengan IPK 2,75.
  22. Bagi pelamar yang memilih kategori putra/putri Papua dan Papua Barat dan merupakan lulusan dalam negeri dengan jenjang pendidikan D3 harus memiliki ijazah dan transkip nilai dengan IPK 2,75.
  23. Bagi pelamar yang memilih kategori putra/putri Papua dan Papua Barat dan merupakan lulusan luar negeri dengan jenjang pendidikan SMA/sederajat harus memiliki ijazah dan daftar nilai yang telah disetarakan dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi dengan nilai rata-rata 6,0 atau 2 untuk skala 1-4.
  24. Bagi pelamar yang memilih kategori putra/putri Papua dan Papua Barat dan merupakan lulusan dalam negeri dengan jenjang pendidikan SMA/sederajat harus memiliki ijazah dan daftar nilai dengan nilai rata-rata 6,0 atau 2 untuk skala 1- 4.
  25. Pelamar untuk formasi yang mensyaratkan pendidikan di bidang kesehatan harus memiliki surat tanda registrasi atau STR.
  26. Pelamar menyiapkan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK).
  27. Pelamar hanya dapat memilih satu instansi pemerintahan saja.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait