Kunyit, Rempah-Rempah Ajaib Kaya Manfaat

Kunyit atau kunir adalah rempah-rempah yang biasanya dipakai untuk bumbu masakan. Berikut ini beberapa khasiat dana manfaat dari kunyit serta efek samping yang harus harus diketahui.
Image title
16 Juli 2021, 11:44
Produk olahan kunyit yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/aww.
Produk olahan kunyit yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak orang kembali memanfaatkan tanaman hebal untuk  meningkatkan imunitas tubuh. Kunyit menjadi salah satu bahan untuk membuat ramuan tradisional tersebut.

Dalam bahasa Jawa kunyit disebut juga kunir. Rempah-rempah ini sering dipakai dalam hidangan masakan Indonesia. Aroma dan warnanya yang khas, menjadikan rempah ini mudah dikenali.

Tanaman yang masih satu rumpun dengan jahe, lengkuas, dan kencur ini mengandung berbagai khasiatnya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Kandungan Kunyit

Sebelum menilik lebih jauh tentang khasiat kunyit, berikut ini daftar kandungan kunyit yang baik untuk kesehatan tubuh:

Advertisement
  1. Minyak asiri
  2. Sabonene
  3. Phellandrene
  4. Zingiberence
  5. Cineol
  6. Borneol
  7. Curcumene
  8. Camphor
  9. Turmeron
  10. Sesquiterpene
  11. Camphene
  12. Caprilic acid
  13. Tholymethi acid
  14. Methozinnamic acir
  15. Alkaloid curcumid pada zat warna kuning di kunyit

Selain 15 senyawa baik tersebut, kunyit memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam. Dalam 100 gram kunyit diketahui mengandung;

  1. Protein sebanyak 10 gram.
  2. Kalsium sebanyak 168 miligram.
  3. Magnesium sebanyak 208 miligram.
  4. Fosfor sebanyak 299 miligram.
  5. Kalium sebanyak 2 gram,
  6. Vitamin C sebanyak 1 miligram.
  7. Zat besi sebanyak 55 miligram.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Kandungan dalam kunyit cukup lengkap. Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh:

1. Dapat meredakan peradangan

Senyawa kurkumin yang ada di rempah ini baik untuk membantu meredakan peradangan. Kandungan inilah yang nantinya akan menutup kerja dari sitokin dan enzim yang menyebabkan inflamasi pada badan.

2. Obat maag

Manfaat lainnya dari kunyit yaitu obat maag. Penyakit ini menjadi merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena adanya luka pada lambung yang diakibatkan infeksi bakteri. Maag juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok dan mengonsumsi alkohol. Kunyit atau kunir memiliki kurkumin yang bisa mengobati iritasi pada lambung. Kurkumin juga dipercaya bisa mengendalikan produksi dari asam lambung yang berlebih.

3. Mengobati perut kembung

Perut kembung juga terkadang sering dikeluhkan banyak orang. Penyebab utama dari perut kembung yaitu terlalu banyak gas yang ada di dalam perut. Kondisi inilah yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

Salah satu cara untuk mengatasi perut kembung adalah dengan memanfaatkan kunyit. Kandungan kurkumin  bisa membuat pergerakan di dalam organ pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan demikian, tekanan gas yang ada di dalam perut dapat dikurangi.

4. Menyembuhkan gejala IBS

IBS atau irritabble bowel syndrome merupakan peradangan yang terjadi usus besar. Peradangan ini bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan. Apabila peradangan menyebabkan adanya kontraksi pada usus yang terlalu sering, maka bisa berakibat pada diare kronis. Sedangkan jika peradangan menyebabkan otot usus tidak berkontraksi akan menyebabkan sembelit kronis.

Berdasarkan penelitian, kunyit atau kunir bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh IBS. Senyawa aktif dalam kurkumin memiliki efek anti radang dan antioksidan sehingga kerja otot pada saluran pencernaan bisa kembali lancar. Kunir juga dapat membantu menyeimbangkan koloni dari bakteri baik yang ada di usus manusia. Bukan hanya kurkumin saja yang bisa menyembuhkan masalah IBS, namun kandungan magnesium dan kalium yang ada didalam kunyit juga bisa membantu mengatasi dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh saat diare.

5. Membantu mengurangi rasa mual

Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya yakni untuk mengurangi rasa mual. Jika merasakan mual dan membuat badan terasa tidak enak, maka Anda bisa memanfaatkan kunyit yang ditambah dengan bubuk lada hitam. Percampuran keduanya memberikan efek lebih untuk mengatasi mual.

6. Meredakan nyeri saat haid

Kunyit juga mampu meredakan nyeri saat haid. Biasanya para perempuan mengonsumsinya dalam bentuk jamu rebusan yang ditambah dengan asam jawa dan gula jawa. Fungsi kunyit dalam meredakan nyeri haid adalah untuk melemaskan kontraksi pada rahim. Kandungan kurkumin dalam kunyit juga dipercaya bisa mengurangi ion kalsium pada sel epitel rahim serta mengurangi porstaglandin yang merupakan hormom penyebab sakit dan peradangan saat haid.

7. Mengendalikan gula darah dalam tubuh

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Penyakit ini sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa. Diabetes terjadi ketika kandungan gula yang ada di dalam darah jumlahnya banyak atau berlebih. Untuk mengatasi penyakit ini salah satunya dengan menggunakan bahan alami seperti kunyit.

Kunir bisa menurunkan glukosa yang ada di darah. Tidak hanya itu, ekstrak dari kunir juga dapat meningkatkan fungsi dari insulin. Dengan begitu, diabates lebih mudah untuk disembuhkan dan risiko komplikasi akibat penyakit ini bisa diminimalisir.

Khasiat Kunyit Untuk Kecantikan

Selain baik untuk kesehatan, fungsi kunyit lainnya ternyata bisa untuk kecantikan. Sudah banyak produk kecantikan memanfaatkan rempah-rempah ini. Beberapa manfaanya sebagai berikut:

1. Mencerahkan kulit

Banyak produk kecantikan yang menjanjikan bisa mencerahkan kulit seketika. Namun, produk-produk tersebut bisa saja memiliki kandungan yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Solusinya adalah menggunakan produk alami, seperti kunyit. Anda bisa membuat masker alami dari kunyit yang dicampur bahan lain seperti yoghurt, kemudian oleskan pada wajah. Gunakan secara rutin dan lihat perubahannya.

2. Menghilangkan bekas jerawat

Selain untuk mencerahkan kulit, kunyit juga membantu menghilangkan bekas jerawat. Sifat anti inflamasinya dapat menenangkan kulit yang menagalami peradangan akibat jerawat. Menggunakan masker dari kunyit secara rutin dipercaya bisa menghilangkan noda bekas jerawat yang selama ini mengganggu penampilan wajah.

3. Mengurangi kerutan

Kulit cerah dan bebas jerawat saja ternyata masih kurang cukup untuk bisa tampil cantik seutuhnya. Banyak perempuan yang mengeluhkan wajahnya memiliki banyak kerutan sehingga tidak percaya diri. Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan mahal, tak ada salahnya mencoba perawatan alami menggunakan kunyit. Senyawa aktif yang ada di dalam kunyit dapat mengurangi garis halus dan kerutan di wajah. Kunyit juga dipercaya bisa meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit menjadi elastis dan kencang.

Kegunaan Kunyit Untuk Anak-Anak

Bukan hanya untuk orang dewasa saja, kebaikan kunyit juga berlaku pada anak-anak. Salah satu manfaatnya adalah meningkat nafsu makan. Kunyit diketahui memiliki kandungan kurkumin seperti yang ada di temulawak. Rasanya tidak terlalu pahit, dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan nafsu makan anak, tanpa perlu memberinya temulawak yang lebih pahit.

Akan tetapi konsumsi kunyit pada anak-anak tidak boleh sembarangan. Anak yang dapat mengonsumsinya hanya yang sudah berusia di atas 12 tahun. Jumlah yang dikonsumsi juga tidak boleh berlebihan. Anda bisa mencampurkan kunyit pada masakan sehingga nantinya jumlah yang masuk ke dalam tubuh tidak terlalu banyak.

Efek Samping Konsumsi Kunyit Berlebihan

Meskipun banyak kegunaan kunyit yang baik untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi secara berlebihan kunyit bisa memberikan efek samping yang kurang baik. Berikut beberapa efek negatifnya:

1. Memicu sakit kepala

Apabila anda mengkonsumi kunyit dalam satu hari lebih dari 450 miligram maka dapat menyebabkan sakit kepala.

2. Membentuk batu ginjal

Efek samping kunyit selanjutnya yakni dapat menyebabkan batu ginjal. Kunyit memiliki kandungan oksalat yang cukup tinggi. Senyawa ini jika terlalu banyak diserap tubuh dapat  menyebabkan munculnya batu ginjal.

3. Menyebabkan kanker

Hal ini bisa saja terjadi jika kunyit yang anda konsumsi bukanlah kunyit alami, namun bubuk kunyit. Tak jarang bubuk kunyit ini mengandung pewarna makanan seperti metanil yellow atau acid yellow 36, yang jika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan kanker.

4. Menyebabkan keguguran

Konsumsi kunyit yang berlebih tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Kunyit dapat memacu kontraksi pada rahim perempuan, sehingga risiko keguguran akan semakin tinggi. 

5. Menyebabkan anemia pada anak

Efek samping kunyit juga tidak hanya ada pada orang dewasa. Konsumsi kunyit berlebih pada anak juga menimbulkan efek samping yang kurang baik. Meskipun memiliki senyawa aktif yang bagus, namun dapat mencegah proses penyerapan zat besi di usus. Anak-anak yang mengkonsumsi kunyit terlalu banyak, memiliki risiko besar terkena anemia.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait