Kunyit, Rempah-Rempah Ajaib Kaya Manfaat

Siti Nur Aeni
16 Juli 2021, 11:44
Produk olahan kunyit yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/aww.
Produk olahan kunyit yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak orang kembali memanfaatkan tanaman hebal untuk  meningkatkan imunitas tubuh. Kunyit menjadi salah satu bahan untuk membuat ramuan tradisional tersebut.

Dalam bahasa Jawa kunyit disebut juga kunir. Rempah-rempah ini sering dipakai dalam hidangan masakan Indonesia. Aroma dan warnanya yang khas, menjadikan rempah ini mudah dikenali.

Advertisement

Tanaman yang masih satu rumpun dengan jahe, lengkuas, dan kencur ini mengandung berbagai khasiatnya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Kandungan Kunyit

Sebelum menilik lebih jauh tentang khasiat kunyit, berikut ini daftar kandungan kunyit yang baik untuk kesehatan tubuh:

  1. Minyak asiri
  2. Sabonene
  3. Phellandrene
  4. Zingiberence
  5. Cineol
  6. Borneol
  7. Curcumene
  8. Camphor
  9. Turmeron
  10. Sesquiterpene
  11. Camphene
  12. Caprilic acid
  13. Tholymethi acid
  14. Methozinnamic acir
  15. Alkaloid curcumid pada zat warna kuning di kunyit

Selain 15 senyawa baik tersebut, kunyit memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam. Dalam 100 gram kunyit diketahui mengandung;

  1. Protein sebanyak 10 gram.
  2. Kalsium sebanyak 168 miligram.
  3. Magnesium sebanyak 208 miligram.
  4. Fosfor sebanyak 299 miligram.
  5. Kalium sebanyak 2 gram,
  6. Vitamin C sebanyak 1 miligram.
  7. Zat besi sebanyak 55 miligram.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Kandungan dalam kunyit cukup lengkap. Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh:

1. Dapat meredakan peradangan

Senyawa kurkumin yang ada di rempah ini baik untuk membantu meredakan peradangan. Kandungan inilah yang nantinya akan menutup kerja dari sitokin dan enzim yang menyebabkan inflamasi pada badan.

2. Obat maag

Manfaat lainnya dari kunyit yaitu obat maag. Penyakit ini menjadi merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena adanya luka pada lambung yang diakibatkan infeksi bakteri. Maag juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok dan mengonsumsi alkohol. Kunyit atau kunir memiliki kurkumin yang bisa mengobati iritasi pada lambung. Kurkumin juga dipercaya bisa mengendalikan produksi dari asam lambung yang berlebih.

3. Mengobati perut kembung

Perut kembung juga terkadang sering dikeluhkan banyak orang. Penyebab utama dari perut kembung yaitu terlalu banyak gas yang ada di dalam perut. Kondisi inilah yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

Salah satu cara untuk mengatasi perut kembung adalah dengan memanfaatkan kunyit. Kandungan kurkumin  bisa membuat pergerakan di dalam organ pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan demikian, tekanan gas yang ada di dalam perut dapat dikurangi.

4. Menyembuhkan gejala IBS

IBS atau irritabble bowel syndrome merupakan peradangan yang terjadi usus besar. Peradangan ini bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan. Apabila peradangan menyebabkan adanya kontraksi pada usus yang terlalu sering, maka bisa berakibat pada diare kronis. Sedangkan jika peradangan menyebabkan otot usus tidak berkontraksi akan menyebabkan sembelit kronis.

Berdasarkan penelitian, kunyit atau kunir bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh IBS. Senyawa aktif dalam kurkumin memiliki efek anti radang dan antioksidan sehingga kerja otot pada saluran pencernaan bisa kembali lancar. Kunir juga dapat membantu menyeimbangkan koloni dari bakteri baik yang ada di usus manusia. Bukan hanya kurkumin saja yang bisa menyembuhkan masalah IBS, namun kandungan magnesium dan kalium yang ada didalam kunyit juga bisa membantu mengatasi dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh saat diare.

5. Membantu mengurangi rasa mual

Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya yakni untuk mengurangi rasa mual. Jika merasakan mual dan membuat badan terasa tidak enak, maka Anda bisa memanfaatkan kunyit yang ditambah dengan bubuk lada hitam. Percampuran keduanya memberikan efek lebih untuk mengatasi mual.

6. Meredakan nyeri saat haid

Kunyit juga mampu meredakan nyeri saat haid. Biasanya para perempuan mengonsumsinya dalam bentuk jamu rebusan yang ditambah dengan asam jawa dan gula jawa. Fungsi kunyit dalam meredakan nyeri haid adalah untuk melemaskan kontraksi pada rahim. Kandungan kurkumin dalam kunyit juga dipercaya bisa mengurangi ion kalsium pada sel epitel rahim serta mengurangi porstaglandin yang merupakan hormom penyebab sakit dan peradangan saat haid.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement