Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Siti Nur Aeni
6 Juli 2021, 08:55
Strawberry salah satu sumber vitamin untuk daya tahan tubuh
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc.
Strawberry salah satu sumber vitamin untuk daya tahan tubuh

Kondisi saat ini semakin kurang menyenangkan. Tingginya kasus Covid-19 membuat kita mesti terus waspada. Mengkonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh menjadi keharusan. Beberapa vitamin dapat dikonsumsi setiap hari asalkan dalam jumlah yang wajar.

Vitamin yang cukup diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi akan membantu dalam mempertahankan daya tahan tubuh lebih bagus. Buah, sayur, dan beberapa multivitamin dapat menjadi pilihan tepat di masa pandemi corona.

Advertisement

Apa saja vitamin yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh? Simak penjelasan berukut ini.

Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berikut ini beberapa vitamin yang mudah dijumpai dan biasa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

1. Vitamin D

Jenis pertama vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh adalah vitamin D. Vitamin ini berasal dari nutrisi yang larut dalam lemak dan penting untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. Selain baik untuk menjaga imunitas, vitamin D memiliki beberapa kegunaan lain, seperti:

  • Baik untuk kesehatan gigi dan tulang.
  • Menjaga kesehatan otak dan sistem syaraf tubuh.
  • Membantu tubuh untuk menjaga kadar insulin dan membantu mengelola penyakit diabetes.
  • Membantu menjaga fungsi paru-paru dan organ kardiovaskular.

Sumber vitamin D bisa didapatkan dari kuning telur, ikan, susu sapi, dan jenis makanan lainnya.

2. Zinc

Multivitamin untuk daya tahan tubuh berikutnya adalah zinc atau seng. Zinc merupakan mineral yang umumnya ditambahkan dalam suplemen maupun produk kesehatan lain. Kebutuhan zinc setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia.

Untuk anak-anak usia 1 – 9 tahun biasanya membutuhkan asupan Zinc 3 – 5 miligram. Untuk anak laki-laki berusia 10 – 12 tahun membutuhkan zinc sebanyak 8 miligram per hari dan pada usia 13 tahun kebutuhannya meningkat menjadi 11 miligram per hari sama seperti laki-laki dewasa.

Pada anak perempuan yang berusia 10 tahun, zinc yang dibutuhkan tubuh sekitar 8 miligram per hari, dan untuk yang berusia 13 – 18 tahun jumlah zinc yang direkomendasikan sebanyak 9 miligram per hari. Ibu hamil dan menyusui kebutuhan zinc lebih tinggi, yakni 10 sampai 13 miligram per hari, dan bisa disesuaikan dengan usia kehamilan sesuai dengan anjuran dokter kandungan.

Walaupun kebutuhannya tidak sebesar protein atau karbohidrat, namun kehadiran zinc ternyata sangat dibutuhkan oleh tubuuh. Vitamin untuk daya tahan tubuh ini juga memiliki manfaat lain yang baik bagi tubuh, di antaranya:

  • Mengurangi peradangan. Hal ini berpengaruh pada penurunan risiko penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, dan penumonia.
  • Membantu mempercepat penyembuhan luka.
  • Membantu menyembuhkan jerawat.
  • Membantu pertumbuhan anak.

Beberapa makanan yang mengandung zinc di antaranya lobster, kepiting, udang, atau ikan laut lain. Selain itu, Anda juga mendapatkan zinc dari produk multivitamin daya tahan tubuh yang banyak dijual di apotek. Namun jika ingin membeli produk multivitamin alangkah baiknya untuk mencermati rekomendasi penggunaan dan bila perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

3. Vitamin C

Vitamin C banyak digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C yang paling dikenal di antaranya buah jeruk, lemon, atau buah-buahan lain yang rasanya masam. Selain baik untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin C ternyata memiliki manfaat lain, seperti:

  • Diyakini dapat mencegah penyakit demam berdarah.
  • Berfungsi sebagai anti oksidan.
  • Baik untuk kesehatan kulit karena mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga bisa mencegah penuaan dini, menjaga keremajaan kulit, dan mencerahkan kulit.
  • Membantu penyerapan zat besi yang bersumber dari makanan.
  • Vitamin C juga diyakini bisa membantu merawat kesehatan tulang, gigi, dan tulang rawan.
  • Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah yang bisa mencegah serangan jantung dan penyakit stroke.
  • Vitamin C juga mencegah terjadinya katarak pada mata dan penyakit empedu.

4. Vitamin E

Kita mungkin sering mendengar vitamin E baik untuk kecantikan atau kesehatan kulit. Namun lebih dari itu, vitamin E juga merupakan vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Kandungan vitamin E bisa dijumpai pada kacang-kacangan dan beberapa jenis sayur lainnya.

Manfaatnya, seperti:

  • Mengatasi gangguan pada saraf. Karena manfaat inilah vitamin E dipercaya bisa mengobati alzheimer dan mencegah kerusakan jaringan saraf yang disebabkan oleh efek samping dari obat tertentu.
  • Menjaga kesehatan mata. Rutin mengkonsumsi vitamin E dipercaya dapat menyehatkan mata khususnya menjaga kesehatan retina, kornea, dan uvea mata. Vitamin E juga bisa mencegah katarak dan mengobati kelainan mata pada bayi yang baru dilahirkan.
  • Mengatasi penyakit hati dan ginjal.
  • Membantu mengatasi penyakit hiperpigmentasi atau bercak hitam pada kulit.
  • Membantu untuk menghaluskan serta melembabkan bibir.

5. Vitamin B6

Vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh berikutnya yaitu vitamin B6. Jenis vitamin ini dipercaya membantu tubuh untuk memproduksi imun yang baik untuk menangkal patogen penyebab penyakit. Beberapa manfaat lain dari adanya Vitamin ini, yaitu:

  • Membantu menambah energi pada tubuh.
  • Membantu menguatkan fungsi dan kegunaan otak.
  • Mencegah penyakit jantung.
  • Membantu mengatasi gejala PMS pada wanita.
  • Mengatasi depresi.

Beberapa makanan yang biasa ditemui sehari-hari ternyata memiliki kandungan vitamin B6, seperti ikan, hati sapi, kentang, dan beberapa sumber makanan lainnya.

Sumber Vitamin C yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin C menjadi salah satu jenis vitamin yang paling dikenal. Bahkan banyak orang lebih sering mengkonsumsi vitamin ini dibandingkan dengan jenis vitamin lainnya. Vitamin C juga ternyata ada di beberapa makanan berikut ini:

1. Jambu Biji

Jamu biji merupakan buah tropis yang memiliki kandungan vitamin c yang bagus. Daging buah yang berwarna merah mudah juga banyak menarik perhatian anak-anak, terutama yang kurang menyukai buah. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus.

Kandungan vitamin C dalam jambu biji diketahui mencaai 126 miligram dan bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian sebesar 140 %.  Buah ini juga kaya akan antikosidan lycopene sehingga baik juga untuk kesehatan kulit. Tak heran jika jambu biji sering menjadi bahan tambahan dalam produk kecantikan.

Selain baik untuk daya tahan tubuh, jambu biji dipercaya bisa menurunkan tekanan kadar kolesterol dalam tubuh. Vitamin untuk daya tahan tubuh yang terkandung di dalamnya membuat buah ini cocok untuk dikonsumsi di masa pandemi.

2. Blackcurrants

Walaupun sudah banyak dijual di beberapa super market, namun buah yang satu ini memang kurang familiar. Padahal kandungan vitamin C nya sangat tinggi yakni sekitar 101 mg untuk sekitar 56 gram blackcurrants. Buah ini bisa mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh sebanyak 112 persen.

Tidak hanya mengandung vitamin C, blackcurrants juga memiliki kandungan flavonoid antioksidan yang juga baik bagi tubuh. Konsumsi buah ini secara rutin dan tidak berlebihan dipercaya bisa mencegah penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement