Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Apa saja vitamin untuk daya tahan tubuh? Simak penjelasan berukut ini.
Image title
6 Juli 2021, 08:55
Strawberry salah satu sumber vitamin untuk daya tahan tubuh
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc.
Strawberry salah satu sumber vitamin untuk daya tahan tubuh

Kondisi saat ini semakin kurang menyenangkan. Tingginya kasus Covid-19 membuat kita mesti terus waspada. Mengkonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh menjadi keharusan. Beberapa vitamin dapat dikonsumsi setiap hari asalkan dalam jumlah yang wajar.

Vitamin yang cukup diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi akan membantu dalam mempertahankan daya tahan tubuh lebih bagus. Buah, sayur, dan beberapa multivitamin dapat menjadi pilihan tepat di masa pandemi corona.

Apa saja vitamin yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh? Simak penjelasan berukut ini.

Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berikut ini beberapa vitamin yang mudah dijumpai dan biasa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

1. Vitamin D

Jenis pertama vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh adalah vitamin D. Vitamin ini berasal dari nutrisi yang larut dalam lemak dan penting untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. Selain baik untuk menjaga imunitas, vitamin D memiliki beberapa kegunaan lain, seperti:

  • Baik untuk kesehatan gigi dan tulang.
  • Menjaga kesehatan otak dan sistem syaraf tubuh.
  • Membantu tubuh untuk menjaga kadar insulin dan membantu mengelola penyakit diabetes.
  • Membantu menjaga fungsi paru-paru dan organ kardiovaskular.

Sumber vitamin D bisa didapatkan dari kuning telur, ikan, susu sapi, dan jenis makanan lainnya.

2. Zinc

Multivitamin untuk daya tahan tubuh berikutnya adalah zinc atau seng. Zinc merupakan mineral yang umumnya ditambahkan dalam suplemen maupun produk kesehatan lain. Kebutuhan zinc setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia.

Untuk anak-anak usia 1 – 9 tahun biasanya membutuhkan asupan Zinc 3 – 5 miligram. Untuk anak laki-laki berusia 10 – 12 tahun membutuhkan zinc sebanyak 8 miligram per hari dan pada usia 13 tahun kebutuhannya meningkat menjadi 11 miligram per hari sama seperti laki-laki dewasa.

Pada anak perempuan yang berusia 10 tahun, zinc yang dibutuhkan tubuh sekitar 8 miligram per hari, dan untuk yang berusia 13 – 18 tahun jumlah zinc yang direkomendasikan sebanyak 9 miligram per hari. Ibu hamil dan menyusui kebutuhan zinc lebih tinggi, yakni 10 sampai 13 miligram per hari, dan bisa disesuaikan dengan usia kehamilan sesuai dengan anjuran dokter kandungan.

Walaupun kebutuhannya tidak sebesar protein atau karbohidrat, namun kehadiran zinc ternyata sangat dibutuhkan oleh tubuuh. Vitamin untuk daya tahan tubuh ini juga memiliki manfaat lain yang baik bagi tubuh, di antaranya:

  • Mengurangi peradangan. Hal ini berpengaruh pada penurunan risiko penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, dan penumonia.
  • Membantu mempercepat penyembuhan luka.
  • Membantu menyembuhkan jerawat.
  • Membantu pertumbuhan anak.

Beberapa makanan yang mengandung zinc di antaranya lobster, kepiting, udang, atau ikan laut lain. Selain itu, Anda juga mendapatkan zinc dari produk multivitamin daya tahan tubuh yang banyak dijual di apotek. Namun jika ingin membeli produk multivitamin alangkah baiknya untuk mencermati rekomendasi penggunaan dan bila perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

3. Vitamin C

Vitamin C banyak digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C yang paling dikenal di antaranya buah jeruk, lemon, atau buah-buahan lain yang rasanya masam. Selain baik untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin C ternyata memiliki manfaat lain, seperti:

  • Diyakini dapat mencegah penyakit demam berdarah.
  • Berfungsi sebagai anti oksidan.
  • Baik untuk kesehatan kulit karena mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga bisa mencegah penuaan dini, menjaga keremajaan kulit, dan mencerahkan kulit.
  • Membantu penyerapan zat besi yang bersumber dari makanan.
  • Vitamin C juga diyakini bisa membantu merawat kesehatan tulang, gigi, dan tulang rawan.
  • Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah yang bisa mencegah serangan jantung dan penyakit stroke.
  • Vitamin C juga mencegah terjadinya katarak pada mata dan penyakit empedu.

4. Vitamin E

Kita mungkin sering mendengar vitamin E baik untuk kecantikan atau kesehatan kulit. Namun lebih dari itu, vitamin E juga merupakan vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Kandungan vitamin E bisa dijumpai pada kacang-kacangan dan beberapa jenis sayur lainnya.

Manfaatnya, seperti:

  • Mengatasi gangguan pada saraf. Karena manfaat inilah vitamin E dipercaya bisa mengobati alzheimer dan mencegah kerusakan jaringan saraf yang disebabkan oleh efek samping dari obat tertentu.
  • Menjaga kesehatan mata. Rutin mengkonsumsi vitamin E dipercaya dapat menyehatkan mata khususnya menjaga kesehatan retina, kornea, dan uvea mata. Vitamin E juga bisa mencegah katarak dan mengobati kelainan mata pada bayi yang baru dilahirkan.
  • Mengatasi penyakit hati dan ginjal.
  • Membantu mengatasi penyakit hiperpigmentasi atau bercak hitam pada kulit.
  • Membantu untuk menghaluskan serta melembabkan bibir.

5. Vitamin B6

Vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh berikutnya yaitu vitamin B6. Jenis vitamin ini dipercaya membantu tubuh untuk memproduksi imun yang baik untuk menangkal patogen penyebab penyakit. Beberapa manfaat lain dari adanya Vitamin ini, yaitu:

  • Membantu menambah energi pada tubuh.
  • Membantu menguatkan fungsi dan kegunaan otak.
  • Mencegah penyakit jantung.
  • Membantu mengatasi gejala PMS pada wanita.
  • Mengatasi depresi.

Beberapa makanan yang biasa ditemui sehari-hari ternyata memiliki kandungan vitamin B6, seperti ikan, hati sapi, kentang, dan beberapa sumber makanan lainnya.

Sumber Vitamin C yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin C menjadi salah satu jenis vitamin yang paling dikenal. Bahkan banyak orang lebih sering mengkonsumsi vitamin ini dibandingkan dengan jenis vitamin lainnya. Vitamin C juga ternyata ada di beberapa makanan berikut ini:

1. Jambu Biji

Jamu biji merupakan buah tropis yang memiliki kandungan vitamin c yang bagus. Daging buah yang berwarna merah mudah juga banyak menarik perhatian anak-anak, terutama yang kurang menyukai buah. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus.

Kandungan vitamin C dalam jambu biji diketahui mencaai 126 miligram dan bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian sebesar 140 %.  Buah ini juga kaya akan antikosidan lycopene sehingga baik juga untuk kesehatan kulit. Tak heran jika jambu biji sering menjadi bahan tambahan dalam produk kecantikan.

Selain baik untuk daya tahan tubuh, jambu biji dipercaya bisa menurunkan tekanan kadar kolesterol dalam tubuh. Vitamin untuk daya tahan tubuh yang terkandung di dalamnya membuat buah ini cocok untuk dikonsumsi di masa pandemi.

2. Blackcurrants

Walaupun sudah banyak dijual di beberapa super market, namun buah yang satu ini memang kurang familiar. Padahal kandungan vitamin C nya sangat tinggi yakni sekitar 101 mg untuk sekitar 56 gram blackcurrants. Buah ini bisa mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh sebanyak 112 persen.

Tidak hanya mengandung vitamin C, blackcurrants juga memiliki kandungan flavonoid antioksidan yang juga baik bagi tubuh. Konsumsi buah ini secara rutin dan tidak berlebihan dipercaya bisa mencegah penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

3. Buah Kiwi

Buah dengan warna kulit cokelat dan daging buah berwarna hijau ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kiwi berukuran sedang diketahui memiliki kandungan vitamin C sebanyak 71 mg dan bisa memenuhi kebutuhan vitamin c harian sekitar 79 persen

Buah kiwi dipercaya dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke. Konsumsi kiwi setiap hari dalam jumlah yang tidak berlebihan juga bisa meningkatkan aktivitas sel darah putih mencapai 20 persen.

4. Lemon

Buah lemon sudah sejak lama diketahui memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Rasanya yang masam dan aromanya yang segar menandakan buah ini cukup banyak menyimpan vitamin c yang bagus untuk daya tahan tubuh. Sari lemon segar atau lemon mentah memiliki kandungan vitamin C sekitar 83 mg dan mampu mencukupi 92 persen vitamin C harian.

Bukan hanya daging buah atau airnya saja yang memiliki kandungan vitamin C, kulitnya juga memiliki kandungan vitamin C. Meskipun demikian, masih jarang orang yang memanfaatkan kulit buah lemon. Biasanya hanya digunakan sebagai campuran pada adonan kue untuk menambah aroma lemon.

5. Pepaya

Buah tropis yang satu ini juga menyimpan vitamin untuk daya tahan tubuh berupa vitamin C. Knadungan vitamin C dalam 145 gram pepaya berkisar 87 mg atau sekitar 97 persen dari kebutuhan vitamin C harian. Pepaya selain menjaga daya tahan tubuh, juga bisa melancarkan pencernaan.

6. Strawberry

Semua pasti setuju jika buah yang satu ini kaya akan vitamin C. Hal tersebut ditandai dengan rasanya yang masam dan segar. Kandungan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini berkisar 89 mg vitamin C untuk 152 gram buah strawberry. Mengkonsumsi strawberry sebanyak 152 gram berarti Anda sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 99 persen.

Zat gizi lainnya juga diketahui ada pada buah ini seperti mangan, flavonod, folat, serta antioksidan yang merupakan bagian dari vitamin untuk daya tahan tubuh. Konsumsi buah strawberry secara rutin dan tak berlebihan dipercaya bisa mencegah kanker, penyakit pada pembuluh darah, bahkan diabetes.

7. Jeruk

Selain lemon dan strawberry, buah yang rasanya masam lainnya dan mengandung banyak vitamin C adalah jeruk. Buah ini sangat mudah dijumpai di Indonesia. Pada musimnya, buah ini kadang dijual dengan harga yang sangat murah.

Walaupun tergolong buah yang merakyat, kandungan vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh ada di buah ini. Bahkan dalam satu buah jeruk sudah mengandung 70 mg vitamin C dan mampu mencukupi 78 persen kebutuhan harian.

8. Buah Kesemek

Buah dengan warna oranye yang mirip dengan tomat ini juga salah satu sumber vitamin C yang bagus bagi tubuh. Bahkan dalam satu buah kesemek diketahui memiliki kandungan vitamin c 16.5 mg dan bisa mencukupi sekitar 18 persen kebutuhan vitamin c harian. Meskipun tidak setinggi buah lainnya, namun kesemek bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda yang membutuhkan mulitivitamin untuk daya tahan tubuh dari buah-buahan.

9. Brokoli

Selain dari jenis buah-buahan, sayur juga memiliki kandungan vitamin untuk daya tahan tubuh yang cukup lengkap. Brokoli misalnya yang diketahui memiliki kandungan vitamin c sebesar 51 mg dan sanggup memenuhi kebutuhan vitamin c harian sebanyak 57 persen. Brokoli bisa diolah dengan berbagai jenis masakan. Mulai dari hanya direbus, di oseng, sampai di goreng pun rasanya masih enak.

10. Sayur Kale

Jenis sayur lain yang bisa menjadi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah kale. Hal tersebut dikarenakan dalam sayur tersebut terdapat 80 mg vitamin c dan bisa mencukupi kebutuhan vitamin c harian mencapai 89 persen. Bukan hanya kandungan vitamin c yang bagus, kale juga memiliki kandungan vitamin k, karotenoid lutein, dan zeaxanthin yang tak kalah tinggi.

Makanan Mengandung Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Selain sejumlah buah dan sayur yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis makanan yang mangndung vitamin untuk daya tahan tubuh lainnya yang bisa anda konsumsi setiap harinya. Beberapa jenis makanan tersebut, di antaranya:

1. Makanan Laut

Makanan laut sudah sejak lama diketahui memiliki beberapa kandungan gizi yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa nutrisi dan vitamin untuk daya tahan tubuh di antaranya protein, omega 3, asam lemak tak jenuh, mineral, dan juga vitamin. Beberapa pilihan makanan laut yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti kerang, ikan, dan tiram.

2. Yoghurt

Makanan hasil fermentasi susu ini juga ternyata bisa menjadi salah satu multivitamin untuk daya tahan tubuh. Kandungan yoghurt yang kaya akan probiotik dari bakteri baik ternyata bisa menjaga tubuh agar tetap sehat. Yoghurt juga dipercaya bisa mencegah beberapa penyakit lain seperti diare, infeksi pada saluran kemih, dan ISPA. Selain yoghurt, makanan hasil fermentasi lain yang bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya kimchi dan tempe.

3. Rempah-Rempah

Indonesia memang kaya akan rempah. Selain digunakan sebagai obat herbal, rempah juga seringkali digunakan sebagai campuran makanan. Tidak hanya memberikan cita rasa yang lezat, rempah seperti jahe dan kunyi juga dipercaya bisa menjadi salah satu vitamin untuk daya tahan tubuuh.

Kunyit memiliki kandungan kurkumin dan yang bersifat antioksidan dan berperan untuk menjaga sistem imun. Kunyit juga mengurangi risiko penyakit diabeter, demensia, ganggaun jantung, sampai penyakit tumor. Sementara itu jenis rempah lainnya yang tak kalah familiar yakni jahe memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan, mengurangi nyeri, menurunkan kolesterol, dan mengatasi mual. Jahe dan kunyit sering kali dikombinasikan untuk dijadikan minuman herbal bersama dengan rempah-rempah lainnya.

4. Daging Merah

Makanan selanjutnya yang dipercaya memiliki kemampuan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah daging merah. Hal tersebut lantaran dalam daging merah terdapat beberapa kandungan vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh seperti zinc, zat besi, vitamin B, dan keratin.

Kandungan zinc dalam daging merang cukup tinggi yakni berkisar 4.8 mg untuk 100 gram daging merah. Namun konsumsi daging merah yang terlalu sering juga kurang baik, sehingga anda harus mengatur porsi untuk mengkonsumsi makanan ini.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan sumber makanan yang memiliki banyak vitamin untuk daya tahan tubuh. Di dalam kacang-kacangan terdapat zin, protein, dan serat yang tinggi yang membantu tubuh untuk meningkatkan imunitas.

Mengkonsumsi kacang sangat dianjurkan untuk dimasak terlebih dahulu. Sebab, kacang-kacangan memiliki zat fitat yang jika langsung dikonsumsi dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap zinc. Beberapa kacang-kacangan yang baik untuk dikonsumsi seperti lentil dan buncis.

6. Kuning Telur

Rekomendasi makanan dengan sumber vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh adalah kuning telur. Kuning telur memiliki kandungan vitamin D yang tinggi.  Setidaknya ada 37 IU vitamin D dan bisa mncukupi kebutuhan harian sebesar 5 persen.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait