Ragam Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh

Image title
21 Juli 2021, 18:04
Ketahui jenis dan ragam manfaat minyak zaitun yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi minyak zaitun.

Minyak zaitun adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak buah zaitun. Tanaman ini nama ilmiahnya adalah Olea europaea. Minyak zaitun sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk bahan masakan, perawatan rambut, suplemen, dan masih banyak lagi.

Sebuah jurnal oleh Wendy J. Dahl dari Universitas Florida menyebutkan, ada tiga jenis minyak zaitun. Ketiganya adalah minyak zaitun murni (virgin olive oil), minyak zaitun olahan (refined olive oil), dan minyak zaitun pomace (pomace olive oil). Masing-masing memiliki metode pengolahan, karakteristik rasa, dan komposisi berbeda.

Minyak zaitun murni diproduksi dengan menghancurkan buah zaitun segar, diikuti dengan ekstraksi pengolahan secara first-press, cold-pressed, atau cold-extracted. Proses ini tidak menggunakan panas atau bahan kimia lain. Jenis minyak zaitun murni memiliki aroma terbaik dan berpotensi baik untuk kesehatan. Minyak zaitun murni cocok digunakan untuk menggoreng makanan, sebagai penggantian margarin atau mentega. 

Minyak zaitun olahan dihasilkan dari buah zaitun berkualitas rendah yang mengalami proses pemurnian untuk menghilangkan sebagian besar kandungan dan manfaat. Minyak yang dihasilkan tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak berbau, mirip dengan minyak nabati olahan yang biasa dikonsumsi.

Sementara minyak zaitun pomace diproduksi dengan menggunakan pelarut dan panas. Tujuannya, untuk mengekstrak minyak yang tersisa dalam setelah produksi minyak zaitun murni.

Apa saja manfaat minyak zaitun? Simak pembahasan berikut ini.

Menjaga kesehatan jantung

Menurut studi dalam Journal of American College of Cardiology, pasien yang mengonsumsi setidaknya 7 gram minyak zaitun per hari memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung koroner dan kardiovaskular dibandingkan dengan  yang tidak mengonsumsinya. 

Mengutip dari The American Journal of Clinical Nutrition, minyak zaitun murni terbukti memiliki sifat antioksidan untuk menurunkan tekanan darah pada pasien tersebut dan memperbaiki kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol rendah dalam darah dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, mengonsumsi suplemen minyak zaitun sekitar 2 sendok makan per hari juga dapat memenuhi asupan minyak zaitun untuk menurunkan kolestrol.

Mencegah depresi

Pada 2013, sebuah studi oleh International Scholarly Research Notices menemukan, bahan-bahan dalam minyak zaitun murni dapat membantu melindungi sistem saraf dan berguna untuk mengobati depresi dan kecemasan. Para ilmuwan menemukan bukti, orang yang mengonsumsi lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun lebih terhindar dari depresi daripada mereka yang mengonsumsi lemak jenuh. Jenis lemak jenuh  merupakan lemak tidak sehat yang terdapat dalam makanan cepat saji dan makanan yang dipanggang.

Melancarkan buang air besar

Menurut British Journal of Nutrition, lemak dalam minyak zaitun dapat membantu menghaluskan bagian dalam usus, sehingga memudahkan untuk buang air besar. Ini juga dapat membantu untuk membuat kotoran lebih banyak mengandung air sehingga lancar ketika dikeluarkan. Satu sendok makan minyak zaitun diminum saat perut kosong di pagi hari dapat meredakan sembelit terutama bagi orang yang menjalani dialisis.

Melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer

Para ilmuwan di Lewis Katz School of Medicine at Temple University (LKSOM) di AS mengidentifikasi  bahwa minyak zaitun extra virgin dapat melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer yaitu penyakit progresif yang menghancurkan memori dan sel otak. Manfaat minyak zaitun dalam mencegah penyakit Alzheimer:

  • Mengurangi peradangan otak.
  • Meningkatkan memori kerja.
  • Meningkatkan memori spasial.
  • Meningkatkan kemampuan belajar.

Membantu mencegah kanker

Sebuah penelitian dari Hunter College yang diterbitkan di jurnal PLOS One menunjukkan manfaat minyak zaitun murni dapat membunuh sel kanker. Pada studi sebelum ini menyebut minyak zaitun mengandung komponen oleocanthal yang memiliki kekuatan membunuh sel kanker.

Selain komponen tersebut, minyak zaitun murni yang berkualitas tinggi mengandung senyawa antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi yang turut berperan untuk menurunkan risiko kanker melanoma, payudara, hati, dan usus besar. Para peneliti menyarankan untuk meminum satu sampai dua sendok makan minyak zaitun murni setiap harinya.

Menurunkan risiko diabetes

Minyak zaitun murni dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 yaitu kondisi tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tubuh menolak insulin. Senyawa fenolik yang ada dalam minyak zaitun murni dapat membantu metabolisme glukosa serta meningkatkan sensitivitas dan efektivitas insulin.

Sebuah analisis oleh Schwingshack dalam jurnal Nutrition & Diabetes pada 10 April 2017 menemukan, mengonsumsi minyak zaitun sehari-hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe dua sebesar 13% dibandingkan dengan diet rendah lemak. Diet tinggi minyak zaitun juga ditemukan membantu menormalkan glukosa darah pada orang yang sudah menderita diabetes tipe 2. 

Demikian ragam manfaat minyak zaitun bagi kesehatan. Konsumsi minyak zaitun secara rutin dan tidak berlebihan dapat berguna untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...