Dampak Erupsi Semeru, Warga Mengungsi ke Balai Desa Sumberwuluh

Image title
Oleh Antara
5 Desember 2021, 09:08
Gunung Semeru, erupsi gunung, bencana alam, jawa timur
ANTARA/Fiqih Arfani
Puluhan warga saat mengungsi di Balai Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12/2021) dini hari.

Erupsi Gunung Semeru yang terjadi kemarin sore, Sabtu (4/12), menyebabkan warga terdampak terpaksa mengungsi. Salah satunya di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sebagian warga mengungsi di Balai Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. “Warga telah kami minta untuk meninggalkan rumah,” ujar Sekretaris Desa Samsul Arifin, ketika ditemui Antara dini hari tadi.

Aparat desa juga telah menyiapkan sejumlah tempat pengungsian lainnya. Masjid dan beberapa gedung sekolah dasar negeri menjadi pilihan. 

Para pengungsi itu terdiri dari 80 orang laki-laki dan 75 perempuan dewasa, 35 warga lanjut usia, serta 30 anak. Sebagian perempuan dan anak beristirahat di pendopo dan beberapa ruangan balai desa. Sedangkan warga laki-laki beserta para relawan tampak berjaga.

Samsul mengatakan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. Aktivitas gunung setinggi 3.676 meter dari permukaan laut tersebut masih terus terjadi. 

Perangkat desa dibantu relawan tetap melakukan kesiapsiagaan. Salah satunya melakukan patroli di sekitar pemukiman untuk mengantisipasi adanya warga membutuhkan bantuan. Di Desa Sumberwuluh, total terdapat 10.724 orang yang tinggal di 10 dusun. 

Ia menyebut, terdapat 10 orang warga yang belum ditemukan. “Tapi kami juga selalu mengecek, siapa tahu mereka sudah mengungsi ke tempat aman. Semoga semuanya selamat," ujarnya. 

Jumlah Korban Erupsi Gunung Semeru

Kementerian Kesehatan melaporkan jumlah korban luka bakar akibat terkena awan panas dan material abu vulkanik berjumlah 45 orang. "Yang berat dan dirujuk ke rumah sakit umum daerah (RSUD) dan RS Bhayangkara 17 orang," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, kemarin.

Mayoritas korban luka bakar diperkirakan tertimbun material letusan Gunung Semeru yang melanda empat wilayah rukun tetangga (RT) di satu rukun warga (RW).

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...