Sempat Ramai Google Terus Berhenti, Apa Penyebabnya?

Masalah Google terus berhenti ternyata berlangsung secara global. Pemicunya disinyalir ditimbulkan dari pembaruan terkini aplikasinya.
Image title
23 Juni 2021, 12:41
Google Terus Berhenti, Google keeps stopping, Google Error, Google Down
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Ilustrasi Google terus berhenti atau error.

Nama perusahaan teknologi Google bertengger di trending topic Twitter Indonesia pada kemarin, Selasa (22/6). Sejumlah pengguna ponsel Android mengeluhkan Google yang terus bermasalah alias error.

Pengguna bertanya-tanya mengapa Google tidak bisa diakses. Pada layar telepon seluler atau ponsel muncul notifikasi bertuliskan “Google telah berhenti”. Pengguna diminta mencoba buka aplikasi kembali atau menutupnya. 

Notifikasi tersebut muncul tanpa henti. Meski pengguna sudah menutup bahkan menghentikan paksa aplikasi Google-nya. 

Layanan lainnya, seperti Gmail juga dikeluhkan pengguna. Gmail tidak dapat berfungsi. Tak hanya dialami satu dua orang, banyak pengguna android di Indonesia mengeluhkan hal serupa. 

Advertisement

Dari siang hingga semalam, sekitar 807 ribu cuitan di Twitter menyebut kata kunci “Google”. Sebagian besar menyinggung masalah Google terus berhenti. 

Masalah ini ternyata berlangsung secara global. Pemicunya disinyalir ditimbulkan dari pembaruan terkini aplikasi Google.

Berdasarkan catatan situs pemantau Down Detector, layanan Google eror di Indonesia per 11.13 WIB. Sedangkan di seluruh dunia mulai mulai melonjak per 11.11 WIB.

Google Talks
Google. (Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA)

Apa Tanggapan Google?

Pihak Google, melalui akun Twitter perusahaan, membenarkan layanannya memang mengalami gangguan. Namun, penyebab pasti belum dikemukakan.

“Kami telah menerima laporan Google App di Android tidak berfungsi seperti yang diharapkan untuk beberapa pengguna. Kami sedang menyelidiki masalah ini,” kata perwakilan Google Indonesia dikutip kumparanTECH.

Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, berpendapat pembaruan terkini Google mungkin menjadi penyebabnya. “Sepertinya ada bug yang baru muncul hari ini. Tim sedang menyelidikinya. Sementara itu, jika Anda melihat pembaruan untuk aplikasi Google di PlayStore, harap menundanya,” cuitnya lewa akun Twitter-nya @atytse.

Bagaimana Cara Atasi Google Error?

Google telah memberikan tips untuk mengatasi masalah ini. Dalam salah satu cuitan balasan kepada pengguna di Twitter, perusahaan menyarankan soft reboot pada ponsel. Caranya dengan menahan tombol power selama 30 detik.

Beberapa pengguna mengatakan berhasil memperbaikinya dengan cara ini. Namun, ternyata tak berlaku bagi semua pengguna. Sejumlah pengguna lainnya mengatakan soft reboot tidak membantu menyelesaikan masalah.

Sedangkan, laman Android Authority juga turut memberikan tips. Caranya dengan mencoba menghapus aplikasi lalu mengunduhnya kembali. Langkahnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu pengaturan, lalu menuju ke aplikasi yang dituju.
  2. Setelah itu, pilih aplikasi Google. 
  3. Masuk ke menu tiga titik dan terakhir klik uninstall update.
  4. Lalu, unduh kembali aplikasi Google melalui PlayStore.

Android Authority menyebut masalah tersebut muncul pada sejumlah ponsel. Contohnya,  LG Wing yang menjalankan Android 10 dan Huawei Mate 20 Pro. “Serta sebagian besar ponsel dengan dukungan Android termasuk Sony, Samsung hingga Google Pixel,” tulisnya. 

Perusahaan yang membuat sistem Android itu mengatakan masalah Google yang terus berhenti kemungkinan karena pembaruan terbaru. Versi yang dimaksud adalah 2.23.16.23.arm64 dan 12.22.8.23 dari aplikasi Google. 

Selain itu, ada juga yang melaporkan kerusakan dari versi 12.24.7.29.arm64. Android Authority menyebut kemungkinan masalahnya bukan dari web view sehingga solusi yang ditawarkan sifatnya sementara. Perbaikan lebih lanjut kemungkinan harus menunggu Google untuk menambal bug

Kasus error Android WebView beberapa waktu lalu pada Maret lalu juga serupa kejadiannya. Sejumlah aplikasi Android mengalami crash, setidaknya selama tujuh jam.

Penyebab terjadinya masalah itu adalah Android System WebView. Tugasnya adalah membuat aplikasi Android bisa menampilkan konten dari situs.

Masalah tersebut kini tentu sudah diperbaiki oleh Google. Yakni dengan pembaruan Android System WebView versi 89.0.4389 dan juga pembaruan di Chrome versi terbaru.

Penyumbang bahan: Alfida Febrianna (magang)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait