Cara Login WhatsApp Web Dengan Mudah dan Cepat

WhatsApp dapat diakses menggunakan berbagai perangkat melalui WhatsApp Web.
Image title
29 Juni 2021, 13:37
Whatsapp web, whatsapp adalah, media sosial, media sosial whatsapp, Cara Login WhatsApp Web di Laptop atau Komputer, Cara Login WhatsApp Web di HP, Cara Logout WhatsApp Web, web whatsapp com, whatsapp web scanner, login whatsapp web, whatsapp
PXHERE.COM
Ilustrasi media sosial WhatsApp

Di era digital saat ini, telepon selular alias ponsel menjadi gawai yang paling sering digunakan. Berkomunikasi melalui aplikasi pesan singkat pun menjadi kebiasaan hidup sehari-hari.

WhatsApp adalah salah satu pesan singkat yang paling sering digunakan. Grafik Databoks di bawah ini menyebutkan, WhatsApp menjadi media sosial terfavorit pengguna internet global pada April 2021. Sebanyak 24.1% responden menyatakan lebih senang menggunakannya dibandingkan media sosial lainnya.

Cara Login WhatsApp Web di Laptop atau Komputer

Bukan hanya fiturnya yang menyenangkan, WhatsApp  juga sangat fleksibel karena dapat diakses melalui berbagai perangkat. Dengan komputer atau laptop pun bisa, melalui WhatsApp Web. Berikut ini cara untuk login-nya:

Advertisement
  1. Buka browser yang terpasang di laptop atau komputer anda.
  2. Selanjutnya, masuk ke laman web.WhatsApp.com.
  3. Setelah itu, tampilan layar menunjukkan gambar kode QR. Anda dapat langsung memindainya, dengan cara buka aplikasi WhatsApp di ponsel. Lalu, klik titik tiga yang ada pada pojok kanan atas dan pilih WhatsApp Web.
  4. Pindai atau scan kode QR dan tunggu beberapa saat sampai tampilan WhatsApp di laptop atau komputer menunjukkan isi pesan masuk yang sama dengan dengan ponsel Anda.

Pastikan  kedua perangkat yang Anda gunakan, yakni ponsel dan laptop atau komputer, terhubung ke jaringan internet yang stabil. Apabila salah satunya dalam keadaan offline, maka proses login berujung gagal.

Cara Login WhatsApp Web di HP

Selain memakai laptop atau komputer, WhatsApp Web juga dapat diakses menggunakan ponsel atau handphone. Walaupun aplikasi resminya, WhatsApp Web dapat Anda manfaatkan apabila memiliki dua akun tapi hanya ingin mengakses menggunakan satu perangkat saja.

Cara login Whataspp Web di handphone tidak berbeda jauh langkah sebelumnya. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Buka browser yang ada di ponsel, sangat disarankan untuk menggunakan Google Chrome karena lebih cepat dan ringan.
  2. Klik titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas,
  3. Scroll ke bawah sampai menemukan “Dekstop Site” atau “Situs Dekstop” kemudian klik atau tandai kotak yang ada di samping bagian tersebut.
  4. Setelah tampilan Google Chrome berubah seperti di laptop atau komputer, Anda dapat langsung masuk ke situs web.WhatsApp.com.
  5. Ambil ponsel lain yang terdapat aplikasi WhatsApp dengan akun yang hendak Anda akses di WhatsApp web.
  6. Scan QR code atau kode QR menggunakan ponsel yang telah diatur untuk WhatsApp Web sebelumnya.
  7. Tunggu beberapa saat sampai proses login selesai.
  8. Dan kini Anda bisa menggunakan dua akun WhatsApp pada satu perangkat handphone yang sama.

Cara Logout WhatsApp Web

Ketika login pada WhatsApp Web memakai perangkat lain, masalah privasi menjadi kekhawatiran utama penggunanya. Apalagi, aplikasi ini  berisi seluruh aktivitas yang sifatnya pribadi. Banyak kontak, chat, sampai dokumen yang sifatnya sangat personal.

Anda dapat logout dari WhatsApp web setelah tidak dibutuhkan lagi. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp yang terpasang pada handphone .
  2. Pada bagian kanan ada titik tiga, kemudian klik simbol tersebut.
  3. Lanjutkan dengan klik “Log Out from All Device”.
  4. Kemudian, secara otomatis akun WhatsApp pada perangkat lain akan keluar dengan sendirinya.

Kelemahan WhatsApp Web

Walaupun sangat menguntungkan dan memudahkan, WhatsApp Web ternyata memiliki kelemahan juga, yaitu:

  • Harus terhubung dengan jaringan internet yang stabil dan lancar. Jika tidak, maka seluruh pesan tidak bisa masuk. Bukan hanya perangkat yang berisi WhatsApp Web saja, handphone yang terdapat akun WhatsApp juga harus terhubung ke internet.
  • Akun WhatsApp yang selalu terhubung ke WhatsApp Web ternyata bisa membuat ponsel yang anda gunakan cepat panas dan boros baterai.
  • Whatsapp Web tidak bisa melakukan backup atau cadangan data yang ada di akun WhatsApp tersebut.

Demikian beberapa ulasan seputar WhatsApp web, semoga dapat membantu menjawab pertanyaan Anda yang terkait fitur tersebut.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait