Cara Membuat Email Baru Lewat HP dan Komputer

Berkirim pesan jarak jauh kini semakin mudah dengan beragam cara membuat email baru yang dapat dipilih.
Image title
16 Juli 2021, 15:45
Cara Membuat Email Baru Lewat HP dan Komputer
pixabay.com
Ilustrasi cara membuat email baru lewat HP dan komputer

Mungkin Anda sudah sering mendengar email atau bahkan menggunakan email dalam keseharian. Email adalah singkatan dari electronic mail, yaitu pesan yang didistribusikan melalui sarana pos elektronik atau pos-el yang berfungsi untuk pertukaran pesan secara instan dari satu sistem ke sistem lain dengan bantuan internet. Surat ini dapat berisi teks, dokumen, gambar, atau lampiran lain yang dikirim melalui jaringan internet ke orang atau kelompok tertentu.

Sebelum mengirim email, Anda memerlukan alamat email sebagai identitas diri. Untuk membuatnya, Anda harus membuat akun baru menggunakan jasa penyedia email. Ada banyak jasanya untuk membuat akun email baru. Beberapa yang sering digunakan adalah Gmail, Yahoo dan Outlook. Berikut ini adalah cara membuat email baru melalui ketiga penyedia layanan email tersebut yang dapat diakses melalui telepon selular (ponsel) atau komputer.

Cara Membuat Email Baru di Gmail

Google Mail atau biasa disebut Gmail adalah layanan email dari Google. Akun ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti berkirim pesan, sebagai identitas diri, pemasaran, bisnis, dan masih banyak lagi. Berikut ini cara membuat email baru menggunakan Gmail:

  • Buka accounts.google.com
  • Pilih Sign Up untuk mendaftar akun baru.
  • Masukkan nama depan dan nama belakang.
  • Buat alamat email yang diinginkan. Alamat email dapat berupa huruf, angka, dan tanda titik.
  • Buat dan konfirmasi kata sandi. Kata sandi minimal delapan karakter, terdiri dari huruf, angka, dan simbol. Klik "Berikutnya".
  • Isi nomor telepon (opsional).
  • Isi alamat email pemulihan (opsional).
  • Isi tanggal lahir dan gender. Klik "Berikutnya".
  • Pada halaman privasi dan persyaratan, klik “Saya setuju” untuk menyelesaikan pendaftaran akun.

Cara Membuat Email Baru di Yahoo

Untuk daftar email Yahoo, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah. Dengan email ini, Anda bisa mengakses Yahoo Mail, Yahoo Finance, Yahoo Sports, dan lain sebagainya. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka login.yahoo.com
  2. Pilih “Buat akun”
  3. Isi nama depan dan belakang.
  4. Buat alamat email yang diinginkan.
  5. Buat kata sandi yang kuat dan unik untuk melindungi akun Anda.
  6. Masukkan nomor telepon seluler yang aktif untuk proses verifikasi dan pemulihan akun.
  7. Masukkan tanggal lahir sebagai indikator untuk persyaratan usia membuat akun Yahoo.
  8. Klik “Lanjutkan” dan ikuti petunjuk di layar untuk memverifikasi nomor telepon seluler Anda.
  9. Selesai, email Yahoo Anda sudah aktif.

Cara Membuat Email Baru di Outlook

Outlook adalah layanan email yang merupakan bagian dari Microsoft. Layanana ini pada dasarnya berfungsi untuk mengirim email, tapi juga menyertakan fungsi seperti kalender, pengelolaan tugas, pengelolaan kontak, pembuatan catatan, pencatatan jurnal, dan penelusuran web. Cara membuat email Outlook adalah:

  1. Buka outlook.com
  2. Pilih “Create free account”
  3. Buat alamat email yang diinginkan, pilih akhiran email antara outlook.co.id, outlook.com, atau hotmail.com
  4. Buat kata sandi yang ingin digunakan dengan akun Anda.
  5. Masukkan nama depan dan belakang.
  6. Masukkan negara dan tanggal lahir.
  7. Terakhir, pecahkan teka-teki untuk menyatakan Anda bukan robot.
  8. Selesai, email Outlook Anda sudah aktif.

Cara Membuat Email Baru di HP

Untuk membuat email baru di posenl atau HP dapat menggunakan cara di atas yang dapat diakses melalui browser atau menggunakan aplikasi yang sudah tersedia. Cara membuat email baru gawai Anda adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Email atau Gmail.
  2. Pilih penyedia email Anda, misalnya, Hotmail, Gmail, Yahoo, dll.
  3. Masukkan informasi Anda, alamat email, dan kata sandi.
  4. Pilih nama untuk akun Anda.
  5. Selesai, Anda sekarang dapat mengirim dan menerima pesan dari ponsel Anda.

Manfaat email

Setelah sukses membuat email baru, Anda dapat menggunakan email tersebut untuk mengirim dan menerima pesan jarak jauh. Menggunakan email dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Berikut keuntungannya.

  • Berkirim pesan dengan gratis. Jika dibandingkan dengan pengiriman surat secara tradisional, email memiliki keunggulan dari segi biaya karena tidak perlu membeli kertas, alat tulis, perangko, lem, dan sebagainya untuk mengirim pesan.
  • Jangkauan luas. Email dapat diakses di mana saja di seluruh dunia. Artinya, jika pengguna mengirim pesan dari lokasi berjarak yang jauh dengan penerimanya, pesan tersebut masih dapat diterima dan diakses dengan mudah.
  • Pengiriman instan. Pengiriman surat tradisional menggunakan pos membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu hingga pesan sampai ke tujuannya. Namun, email dapat dikirim secara real time dan diterima oleh penerimanya dalam hitungan menit bahkan detik. Hal tersebut mempermudah akses informasi.
  • Melampirkan dokumen. Pengiriman email memiliki jangkauan luas yang tidak dipungut biaya dan cepat. Ini berarti pengiriman dokumen file, seperti gambar, dokumen, video, dan suara, dapat dilakukan dengan mudah tanpa menjadi masalah.
  • Penyimpanan jangka panjang. Menggunakan email berarti Anda dapat melihat pesan yang sudah diterima dari tahun-tahun sebelumnya. Pesan tersebut disimpan secara digital sehingga mudah diakses dan tidak mudah rusak. Berbeda dengan pesan tradisional yang menggunakan kertas yang rapuh.
  • Ramah lingkungan. Email tidak menggunakan kertas sehingga dapat menjaga kelestarian lingkungan. Bayangkan jika tidak ada email, berapa banyak pohon yang harus ditebang untuk membuat kertas, amplop, dan bahan lainnya.

 

Demikian cara membuat email yang dapat Anda coba. Dengan memiliki surat elektonik, Anda dapat menikmati beragam manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait