Ketahui 9 Langkah Mudah Buat Akun Gmail Baru

Ingin mengirim email dengan mudah dan praktis? Gunakan Gmail. Simak cara buat akun Gmail baru berikut ini.
Image title
12 Juli 2021, 14:50
Ketahui 9 Langkah Mudah Buat Akun Gmail Baru
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Dua orang membuka laman Google dan aplikasi Facebook melalui gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Mengirim surat elektronik atau surel merupakan bentuk telekomunikasi yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Surel atau disebut juga email adalah sarana berkirim surat melalui jalur jaringan komputer.

Melalui surel, orang-orang dapat saling menulis pesan, mengirim dokumen, dan masih banyak lagi hal lainnya. Surel berperan penting dalam berbagai sektor. Mayoritas perangkat digital yang terhubung ke internet membutuhkan alamat surel.

Saat pandemi seperti sekarang, komunikasi jarak jauh melalui surel merupakan cara yang efektif dan efisien untuk berkirim pesan. Para pekerja yang sedang work from home dapat menggunakannya untuk mengirim kebutuhan pekerjaan kepada rekan-rekan lain.

Ada banyak penyedia layanan surel, salah satunya yaitu Google. Layanan surel Google bernama Gmail. Melalui Gmail, pengguna dapat mencoba berbagai fitur. Gmail juga dapat digunakan untuk mengakses fitur lain yang mungkin dibutuhkan seperti melakukan chat dan memulai online meeting.

Advertisement

Sejarah Gmail

Pada 2004, Google merilis fitur Gmail. Saat pertama kali diluncurkan, kapasitas Gmail hanya 1 miliar bits atau setara dengan 1 gigabyte, yang dapat menampung 500 ribu halaman surel untuk satu pengguna. Kapasitasnya terus diperbesar menjadi 15 gigabytes, dan kini sampai 30 gigabytes.

Inspirasi pembuatan Gmail datang dari pengguna Google yang mengeluh kepada Larry Page, salah satu pencipta Google. Pengguna tersebut mengeluh mengenai layanan surel lain yang ia gunakan hanya memiliki kapasitas terbatas sehingga ia harus rajin menghapus ribuan surel, sekaligus menyortir mana yang penting untuk disimpan.

Salah satu tokoh penting di balik Gmail adalah Paul Buchheit. Ia merupakan pencipta Gmail sekaligus karyawan Google yang ke-23. Dikutip dari buku "Founders at Work" oleh Jessica Livingston, Paul Buchheit mulai menggagas ide membuat layanan email pada 1996.

Ide tersebut hanya sebuah proyek kecil sebelum Paul bekerja di Google. Singkat cerita, ketika Paul bergabung dengan Google, ide tersebut terus dikembangkan dan kemudian lahirlah Gmail.

Membuat Akun Gmail

Membuat akun Gmail tidak dipungut biaya apapun, cukup menyediakan ponsel atau komputer yang tersambung ke internet. Cara membuat akun Gmail sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka accounts.google.com
  2. Pilih Sign Up untuk mendaftar akun baru.
  3. Masukkan nama depan dan nama belakang.
  4. Buat alamat email yang diinginkan. Alamat email dapat berupa huruf, angka, dan tanda titik.
  5. Buat dan konfirmasi kata sandi. Kata sandi minimal 8 karakter terdiri dari huruf, angka, dan simbol. Klik Berikutnya.
  6. Isi nomor telepon (opsional).
  7. Isi alamat email pemulihan (opsional).
  8. Isi tanggal lahir dan gender. Klik Berikutnya
  9. Pada halaman Privasi dan Persyaratan, klik “Saya setuju” untuk menyelesaikan pendaftaran akun

Pendaftaran akun telah selesai, Gmail sudah dapat digunakan untuk berkirim pesan. Bagi pengguna yang baru pertama kali membuat akun Gmail dan bingung untuk mengirim pesan, simak cara buat akun Gmail baru dibawah ini.

Membuat dan Mengirim Email

Pengguna baru yang ingin membuat dan mengirim email dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Gmail.
  2. Di sebelah kiri, klik Tulis
  3. Tambahkan penerima dan subjek.
  4. Masukkan pesan. Email yang Anda tulis tetapi tidak dikirim akan otomatis disimpan dalam Draf di sebelah kiri.
  5. Tambahkan lampiran, seperti dokumen dan foto.
  6. Klik Kirim.

Fitur yang Ditawarkan Gmail

Selain untuk mengirim surel, Gmail juga menawarkan fitur lainnya untuk menunjang aktivitas berkirim pesan, antara lain:

Mengarsipkan atau Menghapus Email 

Jika pengguna Gmail ingin mengarsipkan email penting seperti bukti pembayaran transaksi online atau menghapus email yang sudah lama dan tidak terpakai, caranya mudah. Untuk mengarsipkan email, buka Gmail. Arahkan ke pesan dan pada bagian sebelah kanan, klik Arsipkan. Email yang diarsipkan akan dipindahkan dari inbox sehingga tidak akan muncul pada inbox. Untuk melihat email, klik Semua Email, maka email yang diarsipkan akan muncul.

Untuk menghapus email pilih satu atau beberapa email. Di bagian atas, klik Hapus, atau arahkan kursor ke satu email, lalu klik Hapus.

Mencari Email

Untuk mencari email, masukkan kata kunci pada kolom penelusuran. Email yang mengandung kata kunci akan muncul. Jika pengguna ingin mencari kriteria penelusuran yang lebih spesifik, pada kolom penelusuran, klik “Tampilkan opsi pencarian”lalu tambahkan kriteria penelusuran yang spesifik. Misalnya, menambahkan alamat pengirim atau subjek tertentu.

Melakukan Obrolan di Gmail

Selain fitur untuk mengirim surel, Gmail juga memiliki fitur obrolan yang dapat diakses melalui halaman utama Gmail. Fitur obrolan tersebut bernama Hangouts dan terletak pada bagian kiri bawah pada tampilan browser Gmail.

Pengguna dapat memilih kontak dengan memasukkan nama, alamat email, dan nomor telepon untuk memulai obrolan. Namun, percakapan hanya dapat dilakukan jika kedua pihak telah menggunakan fitur Hangouts.

Demikian cara buat akun Gmail dengan mudah. Dengan membuat akun Gmail, pengguna dapat menggunakan fitu-fitur Gmail untuk menunjang aktivitas berkirim surel.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait