Cara Edit Background Foto Online Mudah dan Praktis

Menngubah latar belakang dapat dilakukan tanpa aplikasi dengan memahami cara edit background foto online berikut ini.
Image title
31 Agustus 2021, 18:31
edit background foto online, digital, teknologi
Oleg Magni/Pexels
Ilustrasi cara mengedit background foto secara online

Mengubah latar belakang foto atau edit background foto adalah salah satu hal yang umum dilakukan saat ini. Pengubahan ini diperlukan untuk berbagai hal, seperti ganti latar polos untuk pas foto, menghapus objek yang tidak diinginkan, dan masih banyak lagi.

Teknologi saat ini memudahkan pengguna untuk melakukan pengeditan tersebut. Anda dapat menggunakan situs dan aplikasi khusus. Simak pembahasan cara edit background foto online berikut ini.

Cara Edit Background Foto Online

Menggunakan situs untuk mengubah background foto sangat mudah dilakukan. Simak pilihan situsnya berikut ini:

Removebg

Cara edit latar belakang foto secara daring atau online dapat dilakukan dengan langkah berikut.

Advertisement
  1. Akses situs remove.bg/t/change-background.
  2. Klik “Upload Image” dan pilih foto yang akan diedit.
  3. Untuk edit background, klik “Select File” pada bagian "Background Image".
  4. Pilih gambar yang diinginkan untuk latar belakang.
  5. Untuk  warna polos, pilih warna pada bagian "Background Color".
  6. Foto secara otomatis akan diedit sesuai background yang diinginkan.
  7. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan foto.

Photoscissors

Simak cara edit background foto online berikut ini.

  1. Buka photoscissors.com
  2. Klik tombol “Upload” lalu pilih foto.
  3. Background foto akan dihapus otomatis.
  4. Beralih ke tab "Background" di sisi kanan dan pilih jenis latar belakang.
  5. Untuk  warna polos, pilih "Solid Color" lalu pilih warna.
  6. Untuk edit latar belakang dengan gambar, pilih "Image", lalu klik tombol "Select Image" dan klik gambar yang ingin Anda gunakan sebagai background baru.
  7. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan foto.

Clippingmagic

Ikuti tahapan berikut untuk pengubahan latar belakang foto:

  1. Buka clippingmagic.com
  2. Pilih foto dengan klik tombol “Upload Image”.
  3. Untuk edit latar belakang foto, klik “Background” pada pojok kiri bawah.
  4. Setelah selesai, simpan foto dengan klik tombol “Download”.
  5. Pilih opsi “Download Small Preview”.
  6. Foto akan disimpan dalam penyimpanan Anda.

Cara Edit Background Foto di HP

Jika ingin mengubaha latar belakang foto melalui telpon selular atau ponsel (HP), Anda tidak perlu komputer dan perangkat lunak yang rumit. Cukup gunakan aplikasi edit background foto. Ada begitu banyak pilihan sehingga mungkin sulit untuk membuat keputusan.

Pilihan Anda tergantung selera. Tetapi, ada beberapa fitur penting yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih aplikasi, yaitu:

  • Keakuratan dan kelancaran.
  • Opsi untuk menambahkan latar belakang.
  • Fitur lain yang penting bagi Anda, seperti penyesuaian warna atau blur.

Berikut rekomendasi aplikasi untuk edit background foto.

Simple Background Changer

Simple Background Changer memiliki lebih dari 40 ribu ulasan positif. Seperti namanya, aplikasi ini digunakan untuk edit background foto. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di PlayStore dan AppStore. Setelah menghapus latar belakang, Anda dapat menggantinya dengan salah satu foto sesuai keinginan  atau menggunakan warna untuk pas foto.

Background Eraser – Remove Image Background

Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan. Anda dapat edit background foto menggunakan artificial intelligence cutout yang secara otomatis menghapus latar belakang. Anda dapat menyimpan gambar sebagai PNG transparan untuk digunakan sebagai stiker untuk WhatsApp.

Anda juga dapat menambahkan latar belakang baru berupa warna solid, foto yang diunggah, atau salah satu gambar dan foto yang tersedia di aplikasi.

Superimpose

Superimpose adalah aplikasi yang memiliki banyak fitur. Aplikasi edit background foto ini dapat membantu Anda membuat latar belakang sederhana, seperti warna polos. Setelah melakukannya, Anda dapat menyesuaikan eksposur, saturasi, dan lainnya.

Tidak seperti aplikasi lain, Superimpose menawarkan alat canggih. Terdapat fitur mode blending yang berbeda dan fitur eksposur ganda. Anda bahkan dapat membuat bayangan untuk membuat hasil terlihat senyata mungkin.

Background Eraser: superimpose

Aplikasi Background Eraser: superimpose berbeda dengan Superimpose. Aplikasi ini memiliki beberapa alat bagi Anda untuk mengubah latar belakang foto. Anda dapat melakukannya secara manual atau menggunakan alat otomatis untuk menargetkan berdasarkan area atau warna.

Anda dapat mengontrol kehalusan tepi foto untuk mendapatkan hasil maksimal saat memadukannya dengan latar belakang lain. Anda juga dapat melakukan beberapa pengeditan dasar di aplikasi. Misalnya, memperbaiki kecerahan, saturasi, pencahayaan, dll.

Foto yang telah diubah dapat disimpan dalam format JPEG atau PNG. Aplikasi ini sangat ringan, hanya 19,2 megabyte (MB), dan gratis.

PhotoLayers

Anda dapat dengan mudah membuat montase dan kolase yang menyenangkan dan realistis menggunakan aplikasi ini. Meskipun tidak terlalu lengkap, beberapa fitur dalam PhotoLayers tersedia untuk membantu Anda mengedit background foto.

Mulailah dengan memilih gambar latar belakang, lalu tambahkan yang lain untuk mulai membuat komposisi. Ada beberapa alat manual dan otomatis untuk membantu Anda mengisolasi subjek dan menghapus latar belakang. Kemudian, Anda dapat mengontrol kehalusan tepi dan bayangan untuk integrasi yang lebih baik.

PhotoLayers juga memiliki fitur untuk menyesuaikan warna, saturasi, kecerahan, dan lainnya. Jika  hanya ingin meninggalkan latar belakang transparan, Anda dapat menyimpan foto dalam format PNG. Aplikasi ini sangat ringan, sehingga cocok untuk sebagian besar ponsel, dan dinilai tinggi oleh pengguna Apple dan Android.

Itulah cara edit background foto yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait