8 Aplikasi Screen Recorder Laptop Terbaik dan Gratis

Image title
27 Agustus 2021, 13:50
Ilustrasi penggunaan aplikasi screen recorder laptop
screencast-o-matic.com
Ilustrasi penggunaan aplikasi screen recorder laptop

Merekam layar atau screen recording tidak rumit dilakukan. Untuk merekam layar, Anda perlu teknologi khusus yang disebut screen recorder. Jika Anda ingin sekaligus merekam audio, Anda memerlukan screen recorder dengan kemampuan merekam audio. Aplikasi screen recorder laptop dapat merekam keseluruhan atau sebagian layar. Rekaman layar dapat mencakup semuanya, mulai dari gerakan kursor hingga pengetikan.

Ada banyak pilihan aplikasi screen recorder, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut merupakan rekomendasi aplikasi screen recorder laptop terbaik dan gratis yang bisa Anda pilih.

1. OBS Studio

OBS atau Open Broadcaster Software adalah aplikasi screen recorder laptop gratis yang menawarkan perekaman dan streaming dalam definisi tinggi tanpa batasan. Aplikasi ini dapat digunakan di laptop atau komputer dan memungkinkan Anda memilih bagian layar yang ingin ditangkap atau merekam seluruh layar.

Aplikasi screen recorder OBS Studio memiliki tombol pintas yang dapat disesuaikan untuk membantu mengontrol perekaman. Mixer audio juga tersedia untuk menghasilkan video dengan suara jernih dan lancar. OBS Studio mendukung streaming langsung ke Twitch atau YouTube, menyimpan proyek dan kembali lagi nanti, atau menyandikan rekaman Anda dalam format FLV dan menyimpannya dalam memori.

2. TinyTake

TinyTake merupakan aplikasi screen recorder laptop gratis, ringan dan mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki fitur untuk merekam layar, membuat anotasi, dan membagikannya di media sosial. TinyTake memiliki tampilan sederhana dan fitur yang lengkap. Anda juga dapat menambahkan grafik dari drive lokal untuk membuat anotasi file.

3. Screencast-O-Matic

Screencast-O-Matic adalah aplikasi screen recorder laptop secara online yang mendukung webcam dan perekaman layar. Meskipun aplikasi tidak memungkinkan untuk merekam dalam kualitas tinggi, aplikasi ini memiliki opsi merekam dalam ukuran 800x600, 640x480 dan definisi standar lainnya.

Ukuran video yang kecil membuat aplikasi screen recorder ini ideal untuk merekam dan mengunggah rekaman layar dengan cepat. Fitur Screencast-O-Matic juga membantu pengguna dalam memperbesar, menggambar, dan menambahkan overlay pada file video.

Setelah selesai merekam layar, Anda dapat membagikan rekaman ke YouTube tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Screencast-O-Matic juga memiliki fitur tambahan seperti fitur edit audio komputer dan sinkronisasi rekaman dengan cuplikan video.

4. Free Cam

Free Cam adalah aplikasi screen recorder laptop yang sangat sederhana dengan editor audio dan video bawaan. Tampilan antarmuka Free Cam menarik dan intuitif, sehingga dapat membuat rekaman layar dengan mudah.

Meskipun aplikasi screen recorder ini gratis, hasil rekaman video tidak ada watermark dan bebas iklan. Anda dapat pula merekam suara dan menghasilkan rekaman layar dengan resolusi tinggi. Pengguna dapat menyimpan video sebagai WMV atau mengunggahnya langsung ke YouTube.

Free Cam juga menawarkan fitur menghapus fragmen video yang tidak diinginkan dengan mudah, menghilangkan kebisingan latar belakang, dan berbagai pilihan efek audio untuk membuat rekaman layar menjadi lebih baik.

5. DVDVideoSoft Free Screen Video Recorder

DVDVideoSoft Free Screen Video Recorder adalah aplikasi screen recorder dengan fitur lengkap tetapi ringan. Aplikasi ini dirancang untuk merekam percakapan Skype tanpa batasan, sehingga berguna untuk wawancara Skype dan panggilan konferensi online.

Advertisement

Fitur lain dari aplikasi screen recorder laptop ini adalah editor gambar dasar yang mudah digunakan dan sangat membantu untuk mendapatkan rekaman layar yang baik. Ada beberapa mode berbeda untuk merekam layar dan video, sehingga dapat memberikan hasil rekaman terbaik.

Untuk pemula, DVDVideoSoft Free Screen Video Recorder menyediakan petunjuk dalam situs web, sehingga pengguna tidak kebingungan. Aplikasi screen recorder ini juga tersedia dalam 10 bahasa dan format output rekaman atau tangkapan layar dalam MP4, BMP, TGA, JPEG, PNG, dan GIF.

6. AceThinker

AceThinker adalah aplikasi screen recorder laptop berbasis web yang mudah diatur dan digunakan. Anda dapat menggunakannya untuk merekam bagian layar tertentu atau seluruh layar, membuat pengeditan secara real-time, dan merekam audio dari mikrofon secara bersamaan.

Aplikasi screen recorder ini memungkinkan pengguna untuk mengonversi dan menyimpan rekaman layar dalam semua format, termasuk MP4, MOV, dan API. Anda juga dapat menggunakan AceThinker untuk langsung mengunggah rekaman layar ke Dropbox, Google Drive, atau YouTube.

Semua fitur ini tersedia dalam versi gratis. AceThinker juga memiliki fitur untuk membuat jadwal dan merekam layar secara otomatis. Fitur tersebut berguna ketika Anda tidak memiliki internet.

7. ShareX

ShareX adalah aplikasi screen recorder laptop yang bebas iklan dengan open source yang menawarkan fitur kustom lengkap. ShareX sebagian besar ditargetkan untuk profesional, sehingga pemula mungkin kebingungan karena tampilan yang rumit serta alat dan editor canggih.

Aplikasi perekam layar ini mampu merekam layar penuh, window, monitor, region, freehand, dan scrolling. Pengguna dapat menggunakan hotkey sebagai tombol pintas untuk navigasi yang lebih mudah dan lebih cepat.

ShareX juga mendukung banyak media sosial untuk berbagi link rekaman layar. Anda dapat mengimpor video, musik, atau foto yang ada, serta menambahkan watermark khusus dan efek warna.

8. CamStudio 

CamStudio adalah pilihan aplikasi screen recorder laptop yang baik untuk pemula. Tampilan CamStudio sederhana dan fiturnya minimal. Aplikasi ini juga ringan dan dapat membuat video dalam format AVI yang nantinya dapat dikonversi ke SWF.

Bagi profesional, CamStudio bukan pilihan yang baik karena fiturnya terbatas dan tidak memiliki dukungan teknis. Namun, bagi pemula yang ingin membuat video screen-in-screen dalam file berukuran kecil, CamStudio dapat dipilih. Aplikasi screen recorder ini juga menyediakan opsi kualitas setelah merekam layar.

Itulah rekomendasi aplikasi screen recorder laptop yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait