Kemenhub Sediakan Mudik Gratis, Pendaftarannya Dibuka Sampai 24 April

Syahrizal Sidik
17 April 2022, 13:19
Kemenhub Sediakan Mudik Gratis, Pendaftarannya Dibuka Sampai 24 April
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/tom.
Calon penumpang bersiap naik ke dalam bus untuk menuju kampung halamannya di Terminal Poris Plawad, Tangerang, Banten.

Minat masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan cukup tinggi setelah dua tahun pandemi Covid-19 melanda Tanah Air.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, berdasarkan hasil survei Kemenhub, masih ada 11 persen warga yang tetap ingin pulang kampung di tengah pandemi Covid-19. Angka tersebut menurutnya masih cukup tinggi meski turun jauh apabila tak ada larangan. Jika pemerintah tak melarang, maka ada 33 persen atau setara 81 juta warga yang memutuskan mudik.

“Ada 11 persen atau setara 27 juta, memang masih banyak,” kata Budi Karya usai menghadiri Sidang Kabinet dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/4).

Dari hasil survei itu, sebesar 37 persen atau 12 juta orang akan mudik ke wilayah Jawa Tengah. Sedangkan 23 persen atau 6 juta orang akan pulang kampung ke Jawa Barat saat Lebaran.

Oleh sebab itu, Kemenhub pada tahun ini kembali menyelenggarakan mudik gratis angkutan lebaran tahun 2022. Pendaftaran mudik gratis tersebut sudah dibuka sejak 10 April sampai dengan 24 April dan akan ditutup jika telah memenuhi kuota.

Pendaftaran mudik gratis tersebut dilakukan secara daring melalui situs web https://mudikgratishubdat.dephub.go.id/.

Calon pemudik harus mengisi sejumlah data peserta mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor ponsel aktif yang bisa dihubungi, status peserta sudah divaksin. Kemudian, jumlah penumpang yang mengikuti mudik gratis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...