Tak Hanya Direksi, Karyawan BUMN Diminta Beralih ke Kendaraan Listrik

Syahrizal Sidik
14 September 2022, 16:41
Tak Hanya Direksi, Karyawan BUMN Diminta Beralih ke Kendaraan Listrik
ANTARA FOTO/Agha Yuninda/wsj/tom.
Seorang pengemudi mengisi daya baterai mobil listriknya di SPKLU Gedung PLN Gambir, Jakarta. Menteri BUMN juga mendorong program kepemilikan kendaraan karyawan beralih ke kendaraan listrik.

 

Menteri Badan Usaha Milik Negata (BUMN) Erick Thohir menerbitkan surat edaran yang mengajak agar perusahaan pelat merah mempercepat program kendaraan bermotor listrik baik kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Dalam edaran itu, Erick meminta BUMN agar menyiapkan sumber daya dalam mendorong peningkatan penggunaan berbagai kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas direksi dan pimpinan perusahaan, termasuk kendaraan operasional roda dua dan roda empat.

Bahkan, program kepemilikan kendaraan bagi karyawan, didorong untuk beralih ke kendaraan listrik. Namun, dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan azas manfaat dan kemampuan keuangan perusahaan.

“BUMN sebagai salah satu pilar ekonomi nasional memiliki peran dan tanggung jawab dalam mengimplementasikan komitmen Pemerintah,” kata Erick Thohir dalam surat yang ditujukan ke seluruh lingkungan BUMN di Indonesia, dikutip Rabu (14/9).

Erick beralasan, saat ini pemerintah juga terus berusaha mengatasi dampak kenaikan harga BBM secara global. Penyesuaian harga BBM bahkan harus diambil untuk melindungi daya beli masyarakat, menjaga keseimbangan keuangan negara, sekaligus mempercepat upaya mengurangi konsumsi BBM di sektor transportasi.

“Kementerian BUMN mendorong penuh percepatan, karena saat inilah momentum yang tepat. Harga BBM dunia naik tidak terkendali," bebernya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...