Minat Konversi Motor BBM Jadi Motor Listrik? Siapkan Dana Rp 15 Juta

Muhamad Fajar Riyandanu
19 September 2022, 21:21
Minat Konversi Motor BBM Jadi Motor Listrik? Siapkan Dana Rp 15 Juta
PLN
Ilustrasi, sepeda motor listrik milik PLN

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut biaya konversi sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi sepeda motor listrik memakan biaya Rp 15 juta per unit. Menurunya, harga ini akan turun seiring dengan kebijakan pemerintah yang terus mendukung elekterifikasi kendaraan bermotor.

Arifin mengatakan, pemerintah telah menargetkan 1.000 konversi sepeda motor hingga akhir tahun 2023. Motor hasil konversi itu akan jadi milik PLN dan Pertamina yang digunakan di lingkup kementerian dan lembaga. Hingga saat ini, pemerintah baru menyelesaikan 120 motor konversi.

"Motor-motor ini sedang diuji coba jalan 10 ribu kilometer," kata Arifin saat ditemui wartawan di Ruang Sarula Kementerian ESDM pada Senin (19/9).

Suku cadang dan mesin yang digunakan dalam perakitan motor konversi ini berasal dari luar dan dalam negeri. Umumnya motor yang dikonversi adalah motor jenis bebek. Arifin menjelaskan, sampai saat ini ada empat bengkel yang sudah menjalani pelatihan konversi motor. Keempat bengkel tersebut yakni Politeknik Astra Jawa Barat Cikarang, Global Mandiri Semesta Bogor, Yamaha Depok Panprisa Motor dan Katalis Bekasi.

"Ada 40 bengkel yang mengajukan pelatihan. Ini bisa menumbuhkan kegiatan ekonomi dan membuka lapangan kerja baru di sektor perakitan dan servis," sambungnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...