Harga Minyak Naik Lagi Usai OPEC Pangkas Produksi 2 Juta Barel Sehari

Syahrizal Sidik
6 Oktober 2022, 07:10
Harga Minyak Naik Lagi Usai OPEC Setujui Pangkas 2 Juta Barel per Hari
Katadata
Ilustrasi. Keputusan OPEC memangkas kuota produksi minyak 2 juta barel mengerek harga Brent dan WTI.

 

Harga minyak dunia kembali bergerak naik usai Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak beserta sekutunya (OPEC+) menyetujui pemangkasan kuota produksi sebanyak 2 juta barel per hari mulai November mendatang.

Pada Kamis ini (6/10), terpantau harga minyak mentah acuan global, Brent naik 1,71% ke leel US$ 93,37 per barel. Sedangkan, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) juga meningkat tipis 0,38% ke level US$ 88,09 per barel.

CNBC International menuliskan, dalam pertemuan Rabu kemarin (5/10), negara OPEC dan mitra non-OPEC sepakat untuk memberlakukan pengurangan produksi dalam jumlah besar. Nilai ini juga lebih tinggi dari proyeksi pemangkasan sebelumnya yang ditaksir pada kisaran 500.000 barel per hari hingga 1 juta barel per hari.

Musabab pemangkasan produksi ini lantaran harga minyak mentah telah turun menjadi sekitar $80 per barel dari sebelumnya yang sempat melambung di atas $120 pada awal Juni di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang prospek resesi ekonomi global.

"Langkah ini merupakan pembalikan besar dalam kebijakan produksi untuk aliansi yang memangkas produksi dengan rekor 10 juta barel per hari pada awal 2020 ketika permintaan anjlok karena pandemi Covid-19," tulis laporan CNBC, dikutip Kamis (6/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...