Erick Thohir Buka 2.300 Lowongan Magang di BUMN

Ada 2.300 lowongan magang di berbagai perusahaan BUMN yang akan dibuka tahun ini setelah animo masyarakat cukup tinggi dalam program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.
Image title
19 Mei 2022, 10:28
Erick Thohir Buka 2.300 Lowongan Magang di BUMN
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan sambutan pada Peluncuran Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Kementerian BUMN berencana membuka 2.300 lowongan magang di berbagai perusahaan pelat merah. Langkah ini diambil menyusul tingginya animo masyarakat dalam program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang ditutup pada 25 April lalu.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, melihat besarnya minat para generasi muda untuk bergabung dan berkontribusi di BUMN, ia telah berkoordinasi dengan para direksi BUMN terkait pembukaan lowongan magang tersebut.

“Rekrutmen kali ini akan ada 2.700 yang akan diterima. Tapi karena antusiasme yang luar biasa, akan ada tambahan 2.300 lagi kesempatan magang," kata Erick dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (19/5).

Erick menyebut, pihaknya terus mendorong milenial BUMN untuk menjadi komponen terbesar BUMN, khususnya dalam menghadapi perubahan. Ia menuturkan, bahwa Indonesia diprediksi akan menjadi negara yang mendominasi kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2045.

Hal itu menjadikan peran BUMN sebagai katalisator pertumbuhan perekonomian Indonesia semakin penting dan memerlukan talenta terbaik bangsa untuk menjalankan transformasi.

"Kehadiran generasi muda menjadi inspirasi sekaligus menjadi energi penggerak kemajuan dan transformasi BUMN, dengan tuntutan dunia usaha yang semakin kompetitif," kata dia.

Advertisement



Hal itu juga sejalan dengan berbagai kebijakan di lingkungan Kementerian BUMN yang mendorong lahirnya talenta digital savvy agar mampu bersaing di masa depan. Kementerian BUMN menargetkan talenta melek digital sebanyak 20% dari total talenta BUMN di tahun 2024 dan juga membuka ruang bagi kesetaraan gender dan kesempatan milenial untuk memimpin BUMN.

Per tahun 2021, Direksi BUMN Perempuan tercatat telah mencapai target 15%, sedangkan Direksi BUMN dari milenial mencapai target 5%. "Karena di era disrupsi ini, yang mendisrupsi kita itu digital dan generasi muda. Oleh karena itu, perubahan ini memerlukan generasi muda, dan perlu adanya keberpihakan yang jelas agar tercipta para pemimpin-pemimpin muda," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian BUMN bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) resmi membuka program 'Rekrutmen Bersama BUMN 2022' Selasa (12/4) dan resmi ditutup pada 25 April lalu. Dalam program ini, terdapat sebanyak 2.700 lowongan kerja untuk berbagai posisi di lebih dari 40 perusahaan pelat merah.

Kini pelamar yang lulus seleksi administrasi akan melanjutkan Seleksi Online Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Core Values BUMN.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait