Erick Rombak Pengurus Pertamina, Ego Syahrial Terpental dari Komisaris

Erick Thohir merombak jajaran dua direktur dan satu komisaris PT Pertamina (Persero) berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Senin, 19 September 2022.
Patricia Yashinta Desy Abigail
19 September 2022, 19:07
Erick Rombak Komisaris dan Direksi Pertamina, Ini Daftar Namanya
Katadata | Arief Kamaludin
PT Pertamina (Persero)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, merombak jajaran komisaris dan direksi PT Pertamina (Persero). Pengangkatan para anggota direksi Pertamina berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Senin ini (19/9). 

Rida Mulyana ditetapkan sebagai Komisaris Pertamina, Erry Widiastono sebagai Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina, dan Atep Salyadi Dariah Saputra sebagai Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha (SPPU) PT Pertamina.

"Nama-nama baru tersebut tercatat dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-198/MBU/09/2022 tentang pemberhentian," tulis manajemen Pertamina, dalam siaran pers. 

Sedangkan, pengangkatan anggota-anggota dewan komisaris perusahaan perseroan PT Pertamina dan Nomor : SK-199/MBU/09/2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan.

Advertisement

Sekretaris Perusahaan Pertamina, Brahmantya S. Poerwadi menyampaikan bahwa sebagai salah satu kewenangan pemegang saham, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) telah menetapkan susunan komisaris dan direksi baru Pertamina.

Dalam Surat Keputusan tersebut, pemegang saham juga memberhentikan dengan hormat Ego Syahrial dari jabatan Komisaris PT Pertamina. Ego Syahrial adalah Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM. Lalu, Mulyono juga diberhentikan dari jabatan terakhirnya Direktur Logistik dan Infrastruktur.  Pemegang saham juga memberhentikan Iman Rachman juga dari jabatan Direktur SPPU PT Pertamina. 

Diketahui, Iman Rachman terpilih sebagai Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2022 sampai dengan 2026,  menggantikan Inarno Djajadi yang habis masa jabatan dan terpilih sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK. 

Adapun, Rida Mulyana, sebelumnya bekerja di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Saat ini, dirinya masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Sebelum itu, Rida juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal EBTKE dan Direktur Jenderal Kelistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Selanjutnya Erry Widiastono, pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina International Shipping (PIS) pada 13 Juni 2020. Dirinya juga pernah menduduki posisi sebagai Senior Vice President for Shipping PT Pertamina.

Lalu, Atep Salyadi Dariah Saputra, pernah menjabat di berbagai posisi strategis perusahaan, diantaranya Direktur Utama PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) sebagai lembaga pemeringkat perusahaan dan instrumen pasar modal yang terpercaya di Indonesia.

 

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait