Jalur Kereta Garut-Cibatu Kembali Aktif setelah 40 Tahun Tak Operasi

Image title
Oleh Antara
24 Maret 2022, 12:08
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan stasiun kereta api Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (2/2/2021).
ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/agr/hp.
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan stasiun kereta api Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (2/2/2021).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan Stasiun Garut dan reaktivasi jalur kereta api lintas Garut-Cibatu, Kamis (24/3). Reaktivasi jalur tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat Garut dan sekitarnya untuk menikmati layanan kereta api yang terjangkau.

"Masyarakat Garut harus bangga dengan terwujudnya reaktivasi ini. Program ini sejalan dengan visi misi Presiden Joko Widodo, khususnya dalam mewujudkan konektivitas kereta api," kata Budi Karya dalam sambutannya.

Advertisement

Menhub juga meresmikan Kerata Api Cikuray dan Kereta Api Garut Cibatuan. Dia menyampaikan, reaktivasi jalur yang selama 40 tahun tidak beroperasi ini diharapkan dapat mendorong masyarakat agar dapat beralih menggunakan kereta api dari dan menuju Garut.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian turut memberikan dukungan berupa subsidi PSO. Subsidi PSO ini nantinya akan dapat menekan harga tiket kereta api relasi Pasar Senen-Garut sehingga lebih terjangkau dan menarik bagi masyarakat. Selain itu, Ia juga berharap potensi pariwisata di Garut dapat terangkat dengan adanya reaktivasi jalur dan kereta api baru tersebut.

"Tekad kami di Kemenhub untuk terus mewujudkan konektivitas melalui berbagai moda transportasi di seluruh tanah air," ujarnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kolaborasi menjadi kunci kesuksesan dalam rangka menghidupkan jalur kereta api yang selama 40 tahun tidak beroperasi. Ia mengatakan, kesamaan visi dari seluruh pemangku dibutuhkan untuk menghidupkan pariwisata daerah yang selama ini terdampak pandemi.

"Saya yakin dengan adanya reaktivasi ini akan membuka lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Erick.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement