Volume Angkutan Barang KAI Naik 14,4% Didorong Permintaan Batu Bara

Andi M. Arief
14 April 2022, 16:06
Jalur angkutan barang Kereta Api Indonesia (KAI).
Katadata | Arief Kamaludin
Jalur angkutan barang Kereta Api Indonesia (KAI).

 PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat volume angkutan barang mencapai 12,7 juta ton pada kuartal I-2022, tumbuh 14,4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut didorong oleh kenaikan volume angkutan batu bara.

“Meningkatnya kinerja angkutan barang ini disebabkan oleh berbagai faktor di antaranya bertambahnya frekuensi perjalanan kereta api barang, faktor cuaca, dan lainnya,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi, Kamis (14/4).

Pada Maret 2022, volume angkutan barang KAI mencapai 4,8 juta ton. Tercatat ada tiga jenis barang yang mendominasi volume pengiriman, yaitu batu bara 3,8 juta ton, petikemas sebanyak 408.000 ton, dan semen sejumlah 309.000 ton.  Volume angkutan batu bara Maret 2022 bertambah 642.000 ton atau naik 20,6% dibandingkan bulan sebelumnya. 

 Joni menilai pertumbuhan volume angkutan barang tersebut menjadi capaian penting bagi perseroan. Menurut dia, KAI akan terus melakukan rekayasa pola operasi, mencari potensi angkutan dan mitra baru, serta berkolaborasi untuk mengoptimalkan bisnis angkutan barang. 

Menurut Joni, angkutan barang masih menjadi tumpuan bisnis KAI pada 2022. Perseroan optimistis dapat menumbuhkan kinerja sektor optimalisasi aset untuk menopang bisnis KAI secara keseluruhan.

“Kereta api memiliki keunggulan dapat mengangkut barang dalam jumlah besar pada satu perjalanan  sehingga mengurangi beban jalan raya dan bebas macet," kata Joni. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...