Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Tahap II Dimulai, Kuota 10.000 Orang

Andi M. Arief
18 April 2022, 17:15
Calon penumpang bus berjalan di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, Senin (18/4/2022).
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Calon penumpang bus berjalan di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, Senin (18/4/2022).

Kementerian Perhubungan kembali membuka pendaftaran program mudik gratis tahap II untuk 10.000 orang mulai hari ini, Senin (18/4). Sebelumnya, pendaftaran program mudik gratis tahap I untuk 10.500 orang langsung diserbu masyarakat dan penuh dalam waktu singkat.

Pemerintah saat ini sedang proses validasi pendaftaran tahap I yang masih berlangsung hingga 24 April 2022.

"Mohon dimaklumi jika dalam waktu singkat tempat duduknya habis. Bisa saja ketika masuk ke website-nya agak berat karena banyak yang mau masuk ke situ," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam diskusi virtual "Mudik Aman, Mudik Sehat", Senin (18/4).

Adita mengatakan Kemenhub membuka kembali pendaftaran mudik gratis tahap II untuk kota yang berbeda. Calon peserta dapat mendaftar melalui www.mudikgratis.depbuh.go.id. Pendaftaran akan dibuka pada 18-24 Maret 2022 dan langsung ditutup jika kuota sudah terpenuhi. 

Berdasarkan akun resmi Kemenhub @kemenhub151, seluruh bus dalam program Mudik Gratis 2022 Kemenhub akan diberangkatkan pada 28-29 April 2021. Seluruh bus tersebut akan kembali ke Ibu Kota pada 8 Mei 2022. 

 Pada tahap pertama, ada 14 kota tujuan mudik, yakni Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto. Sementara tahap kedua,  tujuan mudik dikurangi menjadi 11 kota namun dengan wilayah yang lebih luas yaitu Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Pemalang, Blora, Cilacap, Madiun, dan Surabaya. 

Syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar mudik gratis Kemenhub adalah:

  1. Pemudik yang telah mendapatkan booster tidak disyaratkan membawa dokumen tes Covid-19.
  2. Pemudik yang baru mendapatkan vaksinasi hingga dosis kedua wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dalam bentuk rapid test antigen yang diambil maksimal 1x24 jam atau RT-PCR yang diambil maksimal 3x24 jam.
  3. Pemudik yang baru mendapatkan vaksinasi hingga dosis pertama wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dalam bentuk RT-PCR yang diambil maksimal 3x24 jam.
  4. Pemudik tidak dimungkinkan mendapatkan vaksinasi wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dalam bentuk atau RT-PCR yang diambil maksimal 3x24 jam.
  5. Pemudik dengan usia di bawah usia 6 tahun tidak diwajibkan menunjukkan hasil tes negatif Covid-19, namun wajib didampingi pemudik yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19. 

Kementerian Perhubungan telah menyiapkan 700 bus untuk mengangkut 21.000 penumpang dari ibu kota ke 24 kota yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Selain itu, Kemenhub juga akan menyediakan 70 truk untuk mengangkut 2.200 sepeda motor pemudik.

Adita mengatakan salah satu tujuan penyelenggaraan program Mudik Gratis 2022 adalah mengurangi penggunaan kendaraan roda dua untuk mudik. Pasalnya, risiko mudik dengan kendaraan roda dua dinilai cukup tinggi. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...