Erick Thohir Beberkan Tiga Tantangan Besar Pemuda Masa Kini

Tia Dwitiani Komalasari
23 April 2022, 21:18
Erick Thohir
Katadata
Erick Thohir

Pemuda Indonesia memiliki peran besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, salah satunya melalui Sumpah Pemuda pada 1928. Saat ini, pemuda masih memiliki peran yang sama untuk memperjuangkan kemerdekaan rakyat Indonesia, namun dengan tantangan yang berbeda.

“Tantangan hari ini lebih besar, yaitu ketahanan kesehatan, disrupsi digital, dan krisis global supply chain (rantai pasok dunia),” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir saat menjadi pembicara kunci dalam Pre Summit 2: Digital Transformation sebagai rangkaian dari Forum Youth 20 (Y20) Indonesia 2022, Sabtu (23/4).

Erick mengatakan, generasi muda harus menjadi agen perubahan dalam menghadapi tantangan ini. Indonesia menargetkan jadi negara maju pada 2045. Untuk mencapai target tersebut, Erick mengatakan, Indonesia harus mengoptimalkan bonus demografi yang membuat usia muda mendominasi penduduk tanah air. Saat ini, 54% penduduk Indonesia adalah Milenial dan Gen Z.

Pemuda memainkan peranan penting  dalam pembangunan bangsa. Oleh sebab itu, Erick sangat mengepresiasi Forum Y20 yang akan merumuskan partisipasi pemuda dalam pembangunan. Perumusan itu terbagi dalam empat tema utama yaitu ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi.

Erick mengatakan, Indonesia akan membutuhkan 17 juta tenaga kerja untuk menggerakkan ekonomi digital pada 2030. “Makanya kita harus siapkan anak muda kita agar memiliki literasi digital yang tinggi,” ujarnya.

Dia menambahkan, tujuan dari pengembangan ekonomi digital adalah human centre society. Artinya, pemuda mampu menyeimbangkan antara kemampuan ekonomi dan penyelesaian masalah sosial melalui sistem di dunia nyata dan dunia maya yang terintegrasi.

“Kalau dulu kita mengenal program listrik masuk desa. Sekarang, kita masuk babak baru dengan wifi masuk desa,” katanya.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerard Plate, berharap agar semua pemuda aktif mengambil peran penting dalam transformasi digital Indonesia. “Presiden Joko Widodo telah menyiapkan lima agenda untuk transformasi digital Indonesia,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...