Luhut Cek Persiapan KTT G20 di Bali, Kawasan GWK Direnovasi

Tia Dwitiani Komalasari
7 Mei 2022, 13:56
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kedua kiri) dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kedua kanan) melakukan kunjungan lapangan ke kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Badung, Bali, Rabu (23/3/2022). Kunjun
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kedua kiri) dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kedua kanan) melakukan kunjungan lapangan ke kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Badung, Bali, Rabu (23/3/2022). Kunjungan tersebut dilakukan untuk meninjau dan memastikan kesiapan sejumlah lokasi di Bali yang akan menjadi tempat pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT ) G20.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengecek persiapan pelaksanaan KTT G20 di kawasan Mangrove Tahura dan Garuda Wisnu Kencana, Bali. Luhut meminta agar renovasi dan persiapan KTT G20 di Bali bisa selesai tepat waktu. 

Luhut mengunjungi Mangrove Tahura untuk melihat pengerjaan area drop off dan pick up zone bagi para delegasi KTT G20 pada November mendatang. Selain itu, Luhut juga mengecek pembangunan Wantilan dan area persemaian yang akan dipertunjukkan kepada delegasi.

“Saya minta pengamanan dan kenyamanan para pimpinan negara atau delegasi dapat menjadi perhatian utama, khususnya pada spot utama seperti area wantilan, jalur tracking, titik foto, area persemaian, serta menara pandang dan view deck,” kata Menko Luhut seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (7/5).

Perjalanan dilanjutkan menuju ke Garuda Wisnu Kencana untuk meninjau jalan dan renovasi kawasan sebagai salah satu lokasi kegiatan G20. Luhut juga mengecek pengamanan lokasi serta rekayasa lalu lintas.

“Dari simulasi yang dilaksanakan oleh Kapolda Bali perlu diadakan perbaikan dan pelebaran jalan menuju GWK agar memudahkan mobilisasi para pimpinan negara dan delegasi,” ujar Luhut.

Dia juga mengecek renovasi di kawasan GWK untuk penambahan arsitektural di Gate 3, ramp di Lotus Pond, dan pelandaian ramp di Festival Park. Luhut berharap agar renovasi tersebut bisa selesai tepat waktu.

“Saya juga meminta kepada Panglima TNI untuk bertanggung jawab membuat Tactical Floor Game (TFG) untuk simulasi, dan mengantisipasi berbagai kejadian, katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...