WIR Asia Bakal Perkenalkan Prototipe Metaverse Jelang G20

Metaverse besutan WIR Asia yang akan diluncurkan menjelang G20 nanti akan mengusung tema 'a liveable world of metaverse for everyone'.
Image title
3 Mei 2022, 09:58
WIR Asia
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Ilustrasi, Direktur IT & Operasi BNI Y.B. Hariantono (kiri) berbincang dengan CEO dan Co-Founder WIR Group Michael Budi (kanan) di depan layar yang menampilkan avatar mereka usai penandatanganan Metaverse Indonesia BNI dan WIR Group di Jakarta, Selasa (15/2/2022). BNI menggandeng WIR Group mengembangkan layanan perbankan metaverse untuk memberikan pengalaman baru bagi nasabah dalam pelayanan perbankan yang atraktif.

Perusahaan penyedia teknologi metaverse asal Indonesia, PT WIR Asia Tbk (WIRG), mengumumkan akan mengungkap prototipe metaverse Indonesia pada November 2022, bertepatan dengan momentum Presidensi G20 Indonesia.

Mengutip Newsfile Corp, Senin (2/5), metaverse yang akan diluncurkan oleh WIRG akan mengusung tema 'a liveable world of metaverse for everyone'. Melalui metaverse ini, WIRG menyatakan akan menghadirkan pengalaman hidup bagi individu, perusahaan, dan masyarakat melalui solusi realitas digital yang mencakup augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI).

Perusahaan menyebutkan, platform metaverse yang dikembangkan ini akan menjembatani bisnis dan konsumen. Ini akan menjadi pintu gerbang yang membawa manusia ke berbagai pengalaman digital, sekaligus menjadi platform yang dapat memberikan peluang kerja baru.

Sebelumnya WIRG telah menandatangani sejumlah nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU), terkait kerja sama lintas sektor untuk bergabung dalam metaverse besutannya. Sejumlah mitra yang telah menandatangani MoU dengan WIRG antara lain, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI) dari sektor keuangan.

Kemudian, WIRG juga baru-baru ini menandatangani perjanjian kemitraan dengan berbagai entitas seperti Jakarta Fashion Week (JFW), Alfamart, Kalbe Nutritionals, label musik independen Sun Eater, serta pengembang properti Vasanta dan Triniti Land.

WIRG resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 4 April. Melalui initial public offering (IPO), WIRG melepas 2,33 miliar saham baru atau 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh, dan tambahan 233,7 miliar lembar saham karena adanya kelebihan pesanan.

Saat IPO, Presiden Direktur WIRG Michael Budi Wirjatmo mengatakan, kelebihan pesanan yang masuk merupakan bukti kepercayaan masyarakat dan investor terhadap fundamental, dan prospek perusahaan.

"Kepercayaan ini akan kami pertahankan dengan terus mengembangkan inovasi untuk memberikan solusi teknologi bagi para pelaku bisnis dari berbagai sektor di Indonesia, untuk membantu mereka menghadapi tantangan era digital tanpa batas ini,” kata Michael, dikutip dari Newsfile Corp.

Sejak 2009, WIRG telah menyelesaikan ribuan proyek dan melayani klien di lebih dari 20 negara termasuk Amerika Serikat (AS), Jerman, Spanyol, Nigeria, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Myanmar.

Selain itu, WIRG juga telah menerima beberapa penghargaan, seperti Excellent Communications Design Apps dari German Design Award 2020, AR Best Campaign saat pergelaran Augmented World Expo's 7th Annual Auggie Awards 2015 dan 2016 di Silicon Valley.

Kemudian, Innovation 40 dari The New Economy London di London Stock Exchange, dan Metaverse Tech Companies to Watch in 2022 dari Forbes.

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait