Kendaraan Listrik Otonom Pertama di Indonesia Mulai Diuji Coba

Andi M. Arief
20 Mei 2022, 14:19
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri pembukaan uji coba kendaraan listrik otonom di BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (20/5).
Humas Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri pembukaan uji coba kendaraan listrik otonom di BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (20/5).

Sinar Mas Land memulai uji coba atau proof of concept (PoC) transportasi umum kendaraan elektrik (EV) otonom pertama di dalam negeri. Kendaraan listrik otonom atau tanpa pengemudi ini merupakan buatan produsen asal Perancis, Navya SA. 

CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja mengatakan kendaraan listrik otonom yang sedang diuji coba sebanyak dua unit di QBIG BSD City, Tangerang Selatan. Uji coba tersebut akan berlangsung hingga 12 bulan ke depan. 

"Belum kami perhitungkan (investasinya), soalnya ini PoC. Kalau kami mau dinaikkan, scale-up, masih dihitung (investasinya)," kata Michael di QBIG BSD City, Jumat (20/5). 

Kendaraan listrik otonom yang kini sedang diuji coba berbentuk shuttle bus dengan kapasitas maksimum 25 orang. Bus tersebut memiliki kecepatan maksimum 25 kilometer (Km) per jam. 

Adapun, masa pakai bus tersebut maksimal mencapai 7-9 jam, tergantung pemakaian pendingin ruangan dan medan yang dilalui. Lama pengisian daya untuk bus tersebut hanya sekitar 3  jam. 

Michael mengatakan halte kendaraan listrik otonom baru berjumlah dua unit, yakni di dalam QBIG BSD City dan di luar QBIG BSD City. Nantinya,  kendaraan listrik otonom ini akan menjadi bagian dari sistem transportasi umum di BSD City yang menghubungkan pusat perbelanjaan di kawasan tersebut. 

Selain itu, kendaraan listrik otonom itu juga akan memiliki teknologi optimasi rute berdasarkan volume penumpang per rute. Kendaraan listrik otonom nantinya akan terintegrasi dengan transportasi umum di BSD City, seperti bus dan kereta commuter. 

"Pas turun dari kereta sudah bisa booking. Jadi, autonomous EV sudah bisa planning (rute optimum), basically mobility solution," kata Michael. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...