IKN Nusantara Akan Gunakan Transportasi Umum Tanpa Pengemudi

Andi M. Arief
20 Mei 2022, 13:15
Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation melakukan uji coba autonomous electric vehicle pertama di Indonesia, Jumat (20/5).
Katadata
Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation melakukan uji coba autonomous electric vehicle pertama di Indonesia, Jumat (20/5).

Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menggunakan kendaraan listrik tanpa pengemudi atau autonomous electric vehicle (EV) sebagai transportasi umum di wilayah tersebut. Kebijakan itu paling cepat dilakukan pada 2024 saat pemindahan sebagian aparat sipil negara (ASN) dan aparat berwajib ke IKN Nusantara

Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono mengatakan masih mempelajari berbagai teknologi kendaraan listrik tanpa pengemudi di beberapa tempat. Salah satu yang menjadi bahan pembelajaran Bambang adalah kendaraan listrik tanpa pengemudi buatan industri Perancis, Navya SA.

"Kami belajar tidak hanya dari sini. Kami belajar dari banyak tempat, maka teknologi yang paling  amanyang paling terjangkau, itu yang akan kami ajak (kerja sama)," kata Bambang kepada Katadata.co.id di QBIG BSD City, Jumat (20/5). 

Bambang menyatakan kendaraan listrik yang diterapkan di IKN Nusantara merupakan bagian dari sistem transportasi cerdas (ITS). Visi kendaraan listrik tanpa pengemudi yang diterapkan di IKN akan menggunakan rute dinamis berdasarkan permintaan pengguna jasa. Hal ini berbeda dengan rute tetap seperti yang digunakan di DKI Jakarta. 

Dia menjelaskan, masyarakat di IKN Nusantara dapat memasukkan rute sesuai keinginan. Setelah itu, kendaraan listrik tanpa pengemudi akan menggunakan teknologi optimasi rute agar untuk menghubungkan beberapa tujuan yang berbeda. 

Transportasi umum dengan sistem tersebut bisa berupa bus berukuran sedang, besar, maupun bersambung. Menurut dia, saat ini telah ada beberapa pihak yang menyatakan minat untuk bekerja sama dalam proyek pengadaan bus  tersebut.

"Vendor-vendor atau manufaktur yang bergerak di bidang electric vehicle dan autonomous car menjajaki kemungkinan berpartisipasi di IKN," kata Bambang. 

Di sisi lain, Bambang menyatakan sistem transportasi di IKN Nusantara akan dikembangkan hingga tahap regional. Dengan kata lain, IKN Nusantara akan terhubung dengan Balikpapan dan Samarinda. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...