Tol Cibitung-Cilincing Hampir Rampung, Bekasi-Tanjung Priok 30 Menit

Jalan Tol Cibitung - Cilincing merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang terhubung dengan JORR 1, yakni Tol Dalam Kota.
Image title
20 Mei 2022, 17:50
Foto udara sejumlah kendaran melintasi Jalan Tol Cibitung-Cilincing seksi 1 interchange Telaga Asih di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (31/7/2021). Jalan Tol sepanjang 2,65 km tersebut mulai beroperasi secara gratis dari tanggal 31 Juli-7 Ag
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Foto udara sejumlah kendaran melintasi Jalan Tol Cibitung-Cilincing seksi 1 interchange Telaga Asih di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (31/7/2021). Jalan Tol sepanjang 2,65 km tersebut mulai beroperasi secara gratis dari tanggal 31 Juli-7 Agustus 2021. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendata pembangunan Jalan Tol Cibitung - Cilincing tinggal menyisakan Seksi 4 yang pengerjaan konstruksinya mencapai 71,79%. Seksi 4 tersebut adalah Kanal Banjir Timur – Cilincing sepanjang 7,52 kilometer (Km). 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penyelesaian konstruksi Seksi 4 Tol Cibitung - Cilincing akan menghubungkan kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok. “Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar,” kata Basuki dalam keterangan resmi, Jumat (20/5). 

Jalan Tol Cibitung - Cilincing akan mempersingkat waktu tempuh dari Cibitung ke Tanjung Priok menjadi sekitar 30 menit. Saat ini, waktu tempuh dua lokasi tersebut mencapai 60 menit lebih. Jalan Tol Cibitung - Cilincing merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang terhubung dengan JORR 1, yakni Tol Dalam Kota.

 Konstruksi Seksi 4 Tol Cibitung - Cilincing saat ini dilakukan oleh PT. Waskita Karya Tbk. Sementara itu, badan usaha jalan tol (BUJT) yang mengoperasikan Tol Cibitung - Cilincing nantinya adalah PT. Cibitung Tanjung Priok Port Tollways. 

Advertisement

Total investasi yang ditanam dalam jalan bebas hambatan sepanjang 34,77 Km ini mencapai Rp 12,91 triliun. Adapun, tiga seksi yang konstruksinya telah rampung adalah Seksi 1 SS Cibitung – Telaga Asih (2,6 km), Seksi 2 Telaga Asih – Muara Bakti (10,3 km), dan Seksi 3 Muara Bakti – Kanal Banjir Timur (14,35 km). 

Tol Cibitung - Cilincing merupakan bagian dari enam ruas dalam JORR 2 sepanjang 109,57 Km. Enam ruas tersebut adalah Jalan Tol Cinere-Jagorawi (14,18 Km), Tol Kunciran-Serpong (11,4 km), Jalan Tol Serpong-Cinere (10,14 km), Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (14,19 Km), Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (26,18 km), dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (34,02 km) .

JORR 2 memliki bentuk melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok. Sejauh ini, telah ada tiga ruas yang rampung dalam JORR 2, yakni Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran, Kunciran-Serpong, dan Serpong – Cinere Seksi 1.

 

 Menurut data Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sampai Februari 2022 total panjang jalan tol yang beroperasi di Indonesia mencapai 2.499,05 kilometer (km). Jalan tol terpanjang merupakan Trans Jawa dengan panjang 1.056,38 km yang terbagi dalam 20 ruas.

 

 

 

 

Reporter: Andi M. Arief
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait