Luhut tentang Tesla: Ini Investasi Jumbo, Kita Harus Sabar

Tia Dwitiani Komalasari
24 Mei 2022, 10:52
Luhut dan Elon Musk
Katadata
Luhut dan Elon Musk

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa rencana investasi dari Tesla, Inc masih akan membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar. Hal tersebut diungkapkan Luhut mengingat hingga saat ini belum ada kesepakatan resmi yang dicapai antara Indonesia dengan perusahaan milik Elon Musk tersebut.

“Masuknya investasi dari suatu perusahaan itu tidak semudah menjentikkan jari, ini butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Apalagi ini investasi dengan nilai jumbo. Jadi kita harus sabar, supaya nantinya bisa benar-benar membawa manfaat besar bagi masyarakat dan negara seperti yang kita semua harapkan,” ungkap Menko Luhut dalam keterangan resmi, Senin (23/05/2022).

Advertisement

Luhut mengatakan, Kemenko Marves telah menjalin komunikasi yang sangat baik dengan Elon Musk dan juga Tesla sejak dua tahun lalu.  Menurut dia, pendiri SpaceX tersebut sangat tertarik untuk melakukan investasi terhadap industri nikel di Indonesia yang dinilai sangat menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan ekosistem kendaraan listrik.

Dia mengatakan, Kemenko Marves dan Tim Tesla terus melakukan negosiasi secara intensif sejak pertemuan delegasi Indonesia di pabrik perakitan kendaraan listrik Tesla di Austin, Texas, pada 26 April 2022. Negosiasi dilakukan untuk merumuskan berbagai hal terkait detail formula investasi yang akan dipakai.

Namun demikian, keputusan akhir mengenai investasi akan berada di tangan perusahaan. Oleh karena itu, Luhut meminta agar semua pihak bisa bersabar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement