Jadi Lokasi KTT G20, Penataan Tahura Ngurah Rai Habiskan Rp 506 Miliar

Andi M. Arief
27 Mei 2022, 12:08
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, meninjau proyek pengerjaan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai, di Bali, Kamis (26/5).
Humas Kementerian PUPR
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, meninjau proyek pengerjaan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai, di Bali, Kamis (26/5).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendata perkembangan konstruksi penataan kawasan di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai dan sekitarnya telah mencapai 39,6%. Kawasan ini akan menjadi salah satu tempat rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) . 

Beberapa proyek infrastruktur yang sedang dilakukan adalah penataan Kawasan Parkir Kepala Negara, penataan Jalan Simpang Siligita-Kempinski Showcase Mangrove, penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai. 

Seluruh pekerjaan ini ditargetkan rampung pada akhir Juli 2022. Total biaya konstruksi penataan kawasan tersebut mencapai Rp 506,9 miliar.

"Mulai dihijaukan, ditanami dari sekarang kawasan yang ditata ini. Saat ini progresnya semua sekitar 39,6%," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Jumat (27/5). 

 Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai disiapkan untuk lokasi deklarasi komitmen pemerintah terkait ekonomi hijau. Salah satu penataan yang dilakukan adalah memperluas kawasan mangrove di dalam negeri, termasuk di Bali. 

Beberapa infrastruktur yang dibangun di dalam Kawasan Tahura Ngurah Rai adalah gerbang masuk, monumen G20, area plaza, beji, wantilan, jalur tracking mangrove, area persemaian, area penerima (lobby, ticketing, kantor penerima), menara pandang, viewing deck ke arah Teluk Benoa, dan area parkir di sekitar Waduk Muara berkapasitas 240 mobil.

Adapun, total luas Kawasan Parkir Kepala Negara yang kini ditata mencapai 2,6 hektar dengan kapasitas hampir 500 unit kendaraan. Lokasi tempat parkir ini tidak jauh dari Tahura Ngurah Rai. 

Pekerjaan yang dilakukan Adhi Karya dalam Kawasan Parkir Kepala Negara adalah pembangunan Gate Candi Bentar, penataan Pura, Pos Jaga Security, Gazebo Bale Bengong, pakir limousine berkapasitas 256 unit, fasilitas publik, ruang panel, kantin, water tank, dan parkir kendaraan darurat.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...