Presiden Ukraina Zelensky Diundang Jokowi Hadir ke KTT G20 di Bali

Ameidyo Daud Nasution
28 April 2022, 10:59
ukraina, rusia, g20, jokowi
Reuters
Ukrainian President Volodymyr Zelenskiy speaks during the annual Munich Security Conference, in Munich, Germany February 19, 2022. REUTERS/Andreas Gebert

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dirinya diundang Presiden Joko Widodo untuk hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali November mendatang. Ia juga mengaku telah berbicara langsung dengan Jokowi untuk membahas undangan itu.

Keduanya juga membahas isu lain seperti ketahanan pangan. Selain itu Zelenskyy juga berterima kasih kepada Jokowi atas dukungannya terhadap kedaulatan wilayah Ukraina.

"Terutama dalam posisi di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)," kata Zelenskyy dalam akun Twitternya, Rabu (27/4).  

Sebelumnya Amerika Serikat masih berkeras untuk menolak kehadiran Rusia dalam pertemuan G20. AS juga membuka kemungkinan bahwa isu Ukraina akan diangkat dalam forum yang akan digelar November mendatang.

"Presiden Biden menjelaskan, dan saya tentu setuju dengannya, bahwa Rusia tidak terlibat seperti biasanya di lembaga keuangan mana pun," kata Menkeu AS Janet Yellen pada 7 April lalu.

Bahkan, dalam pertemuan Menteri Keuangan negara-negara G20 di Washington DC pada Rabu (20/4), perwakilan Amerika Serikat, Inggris dan Kanada walk out saat delegasi Rusia sedang berbicara. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...